Sahabat guru, Tuntutan Ideal pada Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013 ini bersama-sama tema aslinya yaitu penyegaran wacana penilaian hasil berguru oleh pendidik ( Kerangka Programatik, Teoretik, dan Teknis) oleh Narasumber Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Dosen FKIP dan PPs Universitas Terbuka bapak Prof. Dr. Udin S. Winataputra, M.A. kementerian pendidikan dan kebudayaan tahun 2015. apa saja yang dibahas melalui file dalam bentuk ppt ini?
Belajar merupakan proses membangun pengetahuan melalui transformasi/pengolahan sistimatis-sistemik pengalaman. Sebagaiaman yang kita ketahui fungsi pendidikan nasional yaitu Mengembangkan kemampuan dan membentuk tabiat serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. sedangkan tujuannya yaitu Untuk berkembangnya potensi penerima didik supaya menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
standar kompetensi lulusan SD, SMP, Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013Sikap: Memiliki [melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] sikap yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia [jujur, santun, peduli, disiplin, demokratis], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam , di sekitar rumah, sekolah, dan kawasan bermain
Pengetahuan: Memiliki [melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi] pengetahuan faktual dan konseptual menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan bencana di lingkungan rumah, sekolah, dan kawasan bermain
Keterampilan: Memiliki [melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta] kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif dalam ranah aneh dan konkret sesuai dengan yang ditugaskan kepadanya.
Konsep Belajar, Pembelajaran, Dan Penilaian OtentikKI 1: Menerima, menghargai, dan menjalankan anutan agama yang dianutnya
KI 2:Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
KI 3.Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya menurut rasa ingin tahu secara kritis wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan kawasan bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
TUNTUTAN IDEAL PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013
Selamat tiba di Guruprofe.blogspot.com Untuk lebih jelasnya silahkan download file power point lengkap melalui tautan dibawah
EmoticonEmoticon