Sahabat guru, Sebagaimana yang kita ketahui bahwa dalam penyusunan Rencana Perangkat Pembelajaran bagi sekolah pelaksana Kurikulum 2013 hasil revisi tahun 2016 ketika ini harus mengikuti permendikbud no 53 tahun 2015 yang tertuang dalam hukum terbaru yang sudah final. nah Pembelajaran yang dibutuhkan dalam kurikulum 13, merupakan pembelajaran Intredispliner, Intradisipliner, Multidisipliner dan Transdispliner
Sebelum kita lebih jauh mempelajari bagaimana cara penyusunan RPP Kurikulum 2013 terbaru, sebaiknya kita pahami kembali dasar-dasarnya menyerupai Pengertian RPP, Perinsip-Prinsip Penyusunan RPP, Komponen RPP, dan Lain sebagainya
Cara menyusun rpp kurikulum 2013
1. Pengertian RPP- rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu bahan pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus (Kemdikbud, 2013: 37)
- rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih
- dikembangkan secara rinci dari suatu bahan pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). (Kemdikbud, 2013: 9)
- RPP disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan menurut silabus ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran
- RPP dikembangkan guru dengan menyesuaikan silabus dengan kondisi di satuan pendidikan
- RPP mendorong partisipasi aktif siswa.
- RPP sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan siswa sebagai insan yang berdikari dan tak berhenti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang dengan berpusat pada akseptor didik untuk menyebarkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, semangat belajar, keterampilan belajar, dan kebiasaan belajar.
- RPP menyebarkan budaya membaca, menulis, dan berhitung.
- Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk menyebarkan kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk tulisan.
- RPP memuat rancangan aktivitas derma umpan balik positif, penguatan, pengayaan, remidi, dan umpan balik. Disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, bahan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber berguru dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- RPP disusun dengan mengakomodasi pembelajaran tematik, keterpaduan lintas matapelajaran untuk perilaku dan keterampilan, dan keragaman budaya. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasikan secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
- Identitas sekolah adalah nama satuan pendidikan;
- Identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
- Kelas/semester;
- Materi pokok;
- Alokasi waktu
- Kompetensi Inti (KI)
- Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
- Tujuan pembelajaran
- Materi pembelajaran
- Metode pembelajaran
- Media, alat, dan sumber pembelajaran
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Penilaian
Untuk lebih terperinci dan lengkap silahkan download Panduan Penyusunan RPP Kurikulum 2013 DISINI. Terima kasih
EmoticonEmoticon