Nih Rpp K13 Fisika Revisi Terbaru Ppk, Literasi, 4C, Dan Hots Kelas X, Xi, Xii

Share:

DOWNLOAD PERANGKAT PEMBELAJARAN, RPP KURIKULUM 2013 FISIKA SMA/SMK LENGKAP REVISI TERBARU MEMUNCULKAN PPK, Literasi, 4C, dan HOTS - UNDUH DISINI

Sahabat guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Sesuai dengan perubahan terbaru harus lebih kreatif dibentuk oleh pendidik, mengapa? sebab di dalam RPP k13 harus ada 4 macam point yang harus dimasukkan atau diinsert. Apa saja itu? keempat hal pengembangan rpp k13 tersebut ialah Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mendekonstruksi pencitraan media disebut dengan Literasi, Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative (4C), dan Higher Order Thinking Skill) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi Level 3/C4 s/d C6 (HOTS).

Adapun pada postingan kali ini sebelum membahas topik wacana RPP kurikulum 2013 SMA/SMK revisi terbaru, berikut kami bagikan klarifikasi singkat wacana keempat poin penting yang harus ada didalam rpp yakni PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Selamat membaca

Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Mengintegrasikan literasi; keterampilan kurun 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);

Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill).

Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan banyak sekali acara dan kegiatan pendidikan abjad yang sudah dilaksanakan hingga sekarang. Pengintegrasian sanggup berupa :

  • Pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
  • Pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
  • Pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
Perdalaman dan ekspansi sanggup berupa:
  • Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan abjad siswa,
  • Penambahan dan penajaman kegiatan berguru siswa, dan pengaturan ulang waktu berguru siswa di sekolah atau luar sekolah;
  • Penyelerasan sanggup berupa penyesuaian kiprah pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Penjelasan Singkat wacana Gerakan Literasi Sekolah

Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah ialah kemampuan mengakses, memahami, dan memakai sesuatu secara cerdas melalui banyak sekali kegiatan antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk mengakibatkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun meliputi keterampilan berpikir memakai sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi sanggup dijabarkan menjadi ;

  1. Literasi Dini (Early Literacy),
  2. Literasi Dasar (Basic Literacy),
  3. Literasi Perpustakaan (Library Literacy),
  4. Literasi Media (Media Literacy),
  5. Literasi Teknologi (Technology Literacy),
  6. Literasi Visual (Visual Literacy).

Keterampilan kurun 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation).

Inilah yang bahwasanya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C. Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, kurun di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan kurun 21 sangat penting, 4 C ialah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

Higher Order of Thinking Skill (HOTS) ialah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya hingga metakognitif yang mensyaratkan peserta didik bisa untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; penilaian merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan menurut fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Maka mustahil lagi memakai model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus untuk PPK merupakan acara yang rencananya akan diadaptasi dengan 5 hari berguru atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.

DOWNLOAD CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA SMA/SMK REVISI TERBARU

berikut admin bagikan referensi RPP FISIKA revisi 2017 yang memunculkan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS yang bisa bapak dan ibu guru download secara gratis melalui tautan yang kami smeatkan dibawah

GAMBAR RPP K13 FISIKA REVISI  PPK, Literasi, 4C, dan HOTS
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan       :
Kelas/semester             : XI/2  
Materi Pokok               : Gelombang Bunyi
Alokasi Waktu             : 3 x 45 menit

A.     Kegiatan Inti
KI 1:
Menghayati dan mengamalkan pemikiran agama yang dianutnya
KI 2:
Mengembangkan prilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif, dan proaktif) dan membuktikan perilaku sebagai serpihan dari solusi atas banyak sekali permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaualan dunia.
KI 3:
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan insiden serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4:
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah kongkrit dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya dari sekolah secara berdikari dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
NO
KD
Indikator
1
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang membuat dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomenal alam fisis dan pengukurannya
1.1  Mengenali dan mengagumi kebesaran Tuhan melalui pengamatan gejala-gejala alami gelombang suara dan aplikasi gelombang suara dalam teknologi.
2
2.1Menunjukan prilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku dalam melaksanakan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi.
Melakukan kegiatan pengamatan peserta didik dapatterbuka, jujur,hati-hati,aktif,disiplin, kerjasama dan bertanggung jawab.
3
3.1Menerapakan konsep dan prinsip gelombang suara dan cahaya dalam teknologi

Pert I
1.      menjelaskan  karakteristik gelombang bunyi
2.      menggunakan persamaan cepat rambat gelombang pada zat gas, zat padat, dan zat cair untuk penyelesaian masalah.
3.      Menggunakan imbas doppler untuk penyelesaian masalah
4.      Menjelaskan indera pendengaran sebagai akseptor bunyi
Pert 2
5.      Menjelaskan fenomena dawai
6.      Menjelaskan fenomena pipa organa
7.      Menjelaskan intensitas gelombang
8.      Menjelaskan taraf intensitas bunyi

4
4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan interferensi cahaya

Pert 1
1.      Melakukan percobaan untuk menghitung cepat rambat suara di udara
2.      Melakukan percobaan untuk memilih asas doppler
Pert 2
3.      Melakukan percobaan untuk memilih hubungan antara panjang dawai (L), Gaya tegangan tali (F), massa dawai (m), dan cepat rambat gelombang transfersal pada dawai (v)


C.     TujuanPertemuan
Setelah proses mencari informasi, menanya, berdiskusi, dan melaksanakan percobaan, peserta didik dapat memahami pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural wacana gelombang bunyi.
1.2  Melalui mengamati  gejala-gejala alami gelombang suara dan aplikasi gelombang suara dalam teknologi  peserta didik sanggup menyadari kebesaran Tuhan.
1.2  Sesuda melaksanakan Kegiatan Mengamati dan mencoba Peserta Didik sanggup terbuka, jujur,hati-hati,aktif,disiplin, kerjasama dan bertanggung jawab.
3.7  Melaluikegiatan  mengasosiasi  data peserta didik sanggup :
Pert 1
1.    Menjelaskan karakteristik gelombang bunyi
2.    Menentukan cepat rambat gelombang suara pada zat gas.
3.    Menentukan cepat rambat gelombang suara pada zat padat,
4.    Mentukan cepat rambat suara pada zat cair
5.    Menjelaskan imbas doppler
6.    Menjelaskan indera pendengaran sebagai akseptor bunyi
Pert 2
7.      Mendefinisikan cepat rambat gelombang transversal pada dawai
8.    Menggunakan persamaan melde dalam penyelesaian masalah
9.    Menentukan hubungan antara frekuensi nada dasar dan nada atas lainya pada pipa organa terbuka
10.     Menentukan hubungan antara frekuensi nada dasar dan nada atas lainya pada pipa organa tertutup
11.     Mendefinisikan intesitas gelombang
12.     Menggunakan persamaan intensitas gelombang untuk penyelesaian masalah.
13.     Mengunakan persamaan taraf intensitas suara untuk penyelesaiaan masalah.
14.     Menerapkan konsep gelombang suara pada pembuatan seruling dan gitar.

4.7 peserta didik sanggup merancang dan melakukan  percobaan :
Pert 1
1.    Tabung resonansi
2.    Efek Doppler
Pert 2
1.      Melde.

D.     Materi Pembelajaran
Pert
Fakta
Konsep
Prinsip/Hukum
prosedur
I
·    Saat berteriak sambil memegang tenggorokan, maka kita akan rasakan tenggorokan kita bergetar.
·    Ketika senar gitar dipetik makakita akan mendengar bunyi.
·    Kilat dan guntur bergetar secara tolong-menolong tetapi kita selalu melihat kilat lebih dahulu gres kemudian mendengar suara gunturnya.
·    Ketika kendaraan beroda empat ambulans bergerak mendekati kita maka suara sirenenya makin tinggi dan semakin rendah ketika bergerak menjauhi kita.
·    Dengan indera pendengaran kita bisa mendengan bunyi
·    Sifat-sifat dasar bunyi
·    Cepat rambat suara di udara, zat padat, dan zat gas.
·    Kasus imbas doppler
·    Bagian-bagian telinga.

·    Perambatan suara pada zat gas,zat padatdan zat cair
·    efek doppler

percobaantabung resonansi danefek Doppler
II
·    ada perbedaan suara pada senar gitar yang sama ketika dipetik dalam keadaan kendor dan dipetik dalam keadaan tegang.
·    Ada perbedaan nada pada pipa organa yang tertutup dan yang terbuka
·    Ada perbedaan kekuata gempa bumi di Armenia(6,9 skala Ricter) dengan gempa yang tejadi di Aceh (8,9 skal Richter)
·    Formulasi frekuensi dan resonansi pada senar
·    Cepat rambat gelombang trasversal dalam dawai
·    Frekuensi atau resonansi
·    Frekuensi alami pipa organa terbuka
·    Frekuensi alami pipa organa tertutup.
·         Hukum mersene
·         Hukum Melde

percobaan Melde


E.     Pendekatan ,Model ,Metode Pembelajaran
Pert
Pendekatan
Model
Metode Pembelajaran
I
scientific
Inkuiri
1.      Eksperimen
2.      Diskusi
3.      Tanya jawab
II
Inkuiri

F.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Pert
Media
ALAT /BAHAN
Sumber Belajar
I
LKS 01 , LKS 02 Power Point & Makromedia
LKS 01 (satu zet tabung resonansi, garputala, pemukul garputala, air,mistar.)
LKS 02 (rel presisi, kereta sumber bunyi,sinyal generator, kereta akseptor bunyi, danosiloskop)

a.       Kanginan, Marthen. 2013. Fisika Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga
b.      Haryadi, Bambang. 2009. Fisika untuk Sekolah Menengan Atas kelas X. Jakarta : sentra perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
c.       Bahan asuh peserta didik
II
LKS 03 ,  Power Point & Makromedia
Penggetar/vibrator, Katrol, Beban gantung /massa benda yangberbeda,Mistar , dan Senar dawai dengan empat jenis yang berbeda.




G.    Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan 1
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.      Meberi salam
2.      Mengecek kehadiran siswa.
3.      Mempersilahkan siswa mengawali pembelajran dengan doa.
4.      Guru memberi apersepsi dan motifasi wacana materi yang berkaitan dengan karakteristik bunyi,cepat rambat bunyi,efek doppler, dan indera pendengaran sebagai akseptor bunyi.
5.      Guru memberitahukantujuan pembelajaran
20 menit
Kegiatan Inti
100 menit
Sintak
Langkah/Kegiatan Pembelajaran
Tahap 1
Stimulation
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati tayangan  video  seorang anak yang sedang melihat kereta api yang sedang melintasi stasiun sambil membunyikan klakson.
2.      Guru menilai keaktifan dan keterbukaan peserta didik dalam mengamati.  **)
Tahap 2
Problem steimen
Menanya
1.      Peserta didik bertanyatentang berapakah cepat rambat buyi diudara, berapakah frekuensi suber suara (klakson kereta api) dan berapakah frekuensi yang diterima pendengar yang berada di stasiun kereta api.  (merumuskan masalah).
2.      Dengan akomodasi guru peserta didik menemukan tanggapan sementara  atas pertanyaan-pertanyaan yang mereka olok-olokan (membuat hipotesis)
3.      Guru menilai keaktifan peserta didik dalam merumuskan duduk masalah dan membuat hipotesis**)
Tahap 3
Mengumpulkan data(Data processing)
Mencoba
1.      Peserta didik dibagi dalam kelompok (1 kelompok terdiri dari 4-5 orang)
2.      Guru membagikan Lomba Kompetensi Siswa 01 dan Lomba Kompetensi Siswa 02 wacana percobaan tabung resonansi dan imbas Doppler.
3.      Guru bersama dengan peserta didik menyiapkan alat dan materi yang terdapat dalam Lomba Kompetensi Siswa 01 dan 02
4.      Peserta didik melaksanakan percobaan sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat pada Lomba Kompetensi Siswa 01 dan Lomba Kompetensi Siswa 02
5.      Guru menilai keaktifan, kerjasama, tanggung jawab, kejujuran, disiplin dan hati-hati pada ketika perserta didik melaksanakan percobaan
Tahap 4
Memferifikasi data
Mengasosiasi

6.      Peserta didik berdiskusi dan menjawb pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam Lomba Kompetensi Siswa 01 dan Lomba Kompetensi Siswa 02 dan permasalahan wacana karakteristik gelombang, cepat rambat gelombang pada zat padat dan zat cair dan indera pendengaran sebagai akseptor bunyi.
7.      Dengan akomodasi guru, peserta didik menganalisis dan merumuskan hubungan antara panjang gelombang dan cepat rambat suara di udara.
8.      Dengan akomodasi guru, peserta didik menganalisis dan merumuskan hubungan antara frekuensi sumber suara dan frekuensi pendengar.
9.      Guru memberi  permasalahan wacana karakteristik gelombang, cepat rambat gelombang pada zat padat dan zat cair dan indera pendengaran sebagai akseptor bunyi.
10.  Guru mengarahkan siswa untuk  memverifikasi dan mengkonfirmasi hasil diskusi dengan mencari informasi pada materi ajar.
11.  Guru menilai ketrampilan mengolah dan menalar*)

Mengkomunikasikan

Tahap5
Generalization
12.  Perwakilan kelompok memaparkan hasil analisis dan kesempulan dari hasil percobaan yang dilakukan dan permasalahan yang diberikan.
13.  Guru menilai perilaku peserta didik dalam bekrja sama, terbuka, disiplin dan bertanggung jawab..**)
14.  Guru mengkofirmasikan hasil deiskusi peserta didik.

Penutup
1.      Peserta didik kembali ke daerah duduk masing-masing
2.      Guru dan peserta didik merangkum kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
3.      Guru menawarkan post test kepada peserta didik
4.      Guru menawarkan kiprah baca wacana fenomena pada dawai dan pipa organa,
5.      Doa penutup.
15



Pertemuan 2
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.      Memberi salam
2.      Mengecek kehadiran siswa
3.      Mempersilahkan siswa mengawali pembelajran dengan doa
4.      Guru memberi apersepsi dan motifasi wacana materi yang berkaitan dengan fenomena pada dawai,fenomena pada pipa organa, intensitas gelombang dan taraf intensitas.
5.      Guru memberitahukantujuan pembelajaran

Kegiatan Inti

Sintak
Langkah/Kegiatan Pembelajaran
Tahap 1
Stimulation
Mengamati
3.      Peserta didik mengamati tayangan  video  seorang yang menyetel gitar dan biola.
4.      Guru menilai keaktifan  peserta didik dalam mengamati**)
Tahap 2
Problem steimen
Menanya
4.      Peserta didik bertanyamengapa terjadi perbedaan nada  ketika menyetel gitar dengan menegangkan dawai dan mengkendorkan dawai, perbedaan jenis dawai dan panjang dawai.(merumuskan masalah).
5.      Dengan akomodasi guru peserta didik menemukan tanggapan sementara  atas pertanyaan-pertanyaan yang mereka olok-olokan (membuat hipotesis)
6.      Guru menilai keaktifan  peserta didik dalam merumuskan masala, dan membuat hipotesis..**)

Tahap 3
Mengumpulkan data(Data processing)
Mencoba
6.      Peserta didik dibagi dalam kelompok (1 kelompok terdiri dari 4-5 orang)
7.      Guru membagikan Lomba Kompetensi Siswa 03 tentang percobaan aturan Melde.
8.      Guru bersama dengan peserta didik menyiapkan alat dan materi yang terdapat dalam Lomba Kompetensi Siswa 03
9.      Peserta didik melaksanakan percobaan sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat pada Lomba Kompetensi Siswa 03
10.  Guru menilai keaktifan, kerjasama, tanggung jawab, kejujuran, disiplin dan hati-hati pada ketika perserta didik melaksanakan percobaan **)
Tahap 4
Memferifikasi data
Mengasosiasi

11.  Peserta didik berdiskusi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam Lomba Kompetensi Siswa 01 dan Lomba Kompetensi Siswa 02 dan permasalahan wacana karakteristik gelombang, cepat rambat gelombang pada zat padat dan zat cair dan indera pendengaran sebagai akseptor bunyi.
12.  Dengan akomodasi guru, peserta didik menganalisis dan merumuskan hubungan antara panjang senar dawai , frekuensi senar dawai, rapat massa linear senar dawai.
13.  Guru memberi  permasalahan wacana venomena pada pipa organa tertutup dan terbuka, intensitas gelombang, dan taraf intensitas gelomabang.
14.  Guru mengarahkan siswa untuk  memverifikasi dan mengkonfirmasi hasil diskusi dengan mencari informasi pada materi ajar.
15.  Guru menilai ketrampilan mengolah dan menalar*)

Mengkomunikasikan

Tahap5
Generalisation
15.  Perwakilan kelompok memaparkan hasil analisis dan kesempulan dari hasil percobaan yang dilakukan dan permasalahan yang diberikan.
16.  Guru menilai perilaku peserta didik dalam bekrja sama, terbuka, disiplin dan bertanggung jawab.  .**)
16.  Guru mengkofirmasikan hasil deiskusi peserta didik.

Penutup
17.  Peserta didik kembali ke daerah duduk masing-masing
18.  Guru memberika kiprah membuat resume wacana gelombang cahaya.
19.  Guru menawarkan post test kepada peserta didik
20.  Doa penutup.

Ket : **) : penilaian afektif dan psikomotor.

A. RPP dan LK Fisika Kurikulum-2013

B. RPP dan Perangkat Fisika Kelas 10

  1. Fisika_BESARAN DAN SATUAN.zip
  2. Fisika_GERAK HARMONIK.zip
  3. Fisika_GERAK MELINGKAR.zip
  4. Fisika_GERAK PARABOLA.zip
  5. Fisika_MOMENTUM.zip
  6. Fisika_PENGUKURAN.zip
  7. Fisika_USAHA DAN ENERGI.zip
  8. Fisika_VEKTOR.zip
  9. RPP_FISIKA_GERAK PARABOLA.docx
  10. RPP_FISIKA_GLB DAN GLBB.docx
  11. RPP_USAHA DAN ENERGI.docx

C.RPP dan Perangkat Fisika Kelas 11

  1. Program Semester.xls
  2. Program Tahunan.docx
  3. RPP ALAT-ALAT OPTIK.docx
  4. RPP DIFRAKSI DAN INTERFERENSI.docx
  5. RPP GELOMBANG BUNYI.docx
  6. RPP GELOMBANG CAHAYA.docx
  7. RPP GELOMBANG MEKANIK.doc
  8. RPP GELOMBANG STASIONER.doc
  9. RPP PEMANASAN GLOBAL.doc
  10. RPP PERSAMAAN GELOMBANG.docx
  11. RPP SUHU DAN KALOR.docx
  12. RPP TEORI KINETIK GAS_2.docx
  13. RPP_Teori Kinetik Gas.docx
  14. RPP radiasi gelombang EM.docx
  15. RPP _KD 3.5.zip
  16. RPP KD 3.10_1.docx
  17. RPP KD 3.10_2.docx
  18. RPP_3.11.docx
  19. RPP_3.9.docx
  20. RPP_KD 3. 8.zip
  21. RPP_KD 3.1_1.docx
  22. RPP_KD 3.1_2.docx
  23. RPP_KD 3.1_5.docx
  24. RPP_KD 3.2.docx
  25. RPP_kd 3.3.docx
  26. RPP_KD 3.4.docx
  27. RPP_KD 3.6.docx
  28. RPP_KD 3.7 .docx

D.RPP dan Perangkat Fisika Kelas 12

  1. LISTRIK ARUS SEARAH.docx
  2. LISTRIK STATIS.docx
  3. MEDAN MAGNET.docx
  4. INDUKSI ELEKTROMAGNETIK.docx
  5. RANGKAIAN ARUS BOLAK BALIK.docx

E. Materi BIMTEK 2017

  1. 1. 0 Dinamika Perkembangan Kur-2013.pptx
  2. 1.1. Dinamika Perkembangan Kur-2013_2017.pptx
  3. 1.2. Penguatan Pendidikan Karakter Kur-13 Dr. Arie Budhiman, M.SI_2017.pptx
  4. 1.3. Penerapan Literasi Dalam Pembelajaran.pdf
  5. 1.4. Panduan Bimtek pendampingan implementasi k-13 SMA.pdf
  6. 2017- PPK Dalam Pembelajaran.pptx
  7. 2017- PPK Dr. Arie Budhiman, M.SI.pptx
  8. 3. PENGOLAHAN NILAI_2017 oke.pptx
  9. 4 Bimtek K-13 2017.pptx
  10. BIMTEK KUR 13_(rangkuman)_Sunaryo.pptx
  11. Materi Pelatihan/E-rapor (1).pptx
  12. HOTS_Penyegaran (rangkuman)_iwan.pptx
  13. JURNAL MEMBACA TAHAP PENGEMBANGAN.docx
  14. Literasi-Pembelajaran-SMA-draftawal-7Februari.pptx
  15. Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013 untuk Peserta-1.pptx
  16. MP-16-SMA_Fisika_RPP_2017.docx
  17. Pemantapan Materi Dan Strategi Penyampaian.Pptx
  18. Pengembangan MODEL PEMBEL INOVATIF KUR-2013 (Prof Udin)_Rev_2017.pptx
  19. Pengembangan Soal HOTS_2017.pptx
  20. Penilaian Terbaru 2017 (reg-7 ciputra).pptx
  21. Strategi Penyampaian Materi Pelatihan Kur-13_Prof. Said Hasan_2017.pptx

Demikian referensi rpp k13 fisika revisi terbaru 2017 untuk Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan semester 1 dan 2 tahun pelajaran 2017/2018 yang memunculkan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Semoga bermanfaat

sumber rpp
Advertisement
 
Advertisement
 


EmoticonEmoticon