DOWNLOAD PERANGKAT PEMBELAJARAN, RPP KURIKULUM 2013 FISIKA SMA/SMK LENGKAP REVISI TERBARU MEMUNCULKAN PPK, Literasi, 4C, dan HOTS - UNDUH DISINI
Sahabat guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Sesuai dengan perubahan terbaru harus lebih kreatif dibentuk oleh pendidik, mengapa? sebab di dalam RPP k13 harus ada 4 macam point yang harus dimasukkan atau diinsert. Apa saja itu? keempat hal pengembangan rpp k13 tersebut ialah Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mendekonstruksi pencitraan media disebut dengan Literasi, Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative (4C), dan Higher Order Thinking Skill) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi Level 3/C4 s/d C6 (HOTS).
Adapun pada postingan kali ini sebelum membahas topik wacana RPP kurikulum 2013 SMA/SMK revisi terbaru, berikut kami bagikan klarifikasi singkat wacana keempat poin penting yang harus ada didalam rpp yakni PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Selamat membaca
Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Mengintegrasikan literasi; keterampilan kurun 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill).Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan banyak sekali acara dan kegiatan pendidikan abjad yang sudah dilaksanakan hingga sekarang. Pengintegrasian sanggup berupa :
- Pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
- Pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
- Pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
- Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan abjad siswa,
- Penambahan dan penajaman kegiatan berguru siswa, dan pengaturan ulang waktu berguru siswa di sekolah atau luar sekolah;
- Penyelerasan sanggup berupa penyesuaian kiprah pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah ialah kemampuan mengakses, memahami, dan memakai sesuatu secara cerdas melalui banyak sekali kegiatan antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk mengakibatkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.
Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun meliputi keterampilan berpikir memakai sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi sanggup dijabarkan menjadi ;
- Literasi Dini (Early Literacy),
- Literasi Dasar (Basic Literacy),
- Literasi Perpustakaan (Library Literacy),
- Literasi Media (Media Literacy),
- Literasi Teknologi (Technology Literacy),
- Literasi Visual (Visual Literacy).
Keterampilan kurun 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation).
Inilah yang bahwasanya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C. Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, kurun di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan kurun 21 sangat penting, 4 C ialah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
Higher Order of Thinking Skill (HOTS) ialah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya hingga metakognitif yang mensyaratkan peserta didik bisa untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; penilaian merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan menurut fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
Maka mustahil lagi memakai model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus untuk PPK merupakan acara yang rencananya akan diadaptasi dengan 5 hari berguru atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.
DOWNLOAD CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA SMA/SMK REVISI TERBARU
berikut admin bagikan referensi RPP FISIKA revisi 2017 yang memunculkan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS yang bisa bapak dan ibu guru download secara gratis melalui tautan yang kami smeatkan dibawah
NO | KD | Indikator |
1 | 1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang membuat dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomenal alam fisis dan pengukurannya | 1.1 Mengenali dan mengagumi kebesaran Tuhan melalui pengamatan gejala-gejala alami gelombang suara dan aplikasi gelombang suara dalam teknologi. |
2 | 2.1Menunjukan prilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam kegiatan sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku dalam melaksanakan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi. | Melakukan kegiatan pengamatan peserta didik dapatterbuka, jujur,hati-hati,aktif,disiplin, kerjasama dan bertanggung jawab. |
3 | 3.1Menerapakan konsep dan prinsip gelombang suara dan cahaya dalam teknologi | Pert I 1. menjelaskan karakteristik gelombang bunyi 2. menggunakan persamaan cepat rambat gelombang pada zat gas, zat padat, dan zat cair untuk penyelesaian masalah. 3. Menggunakan imbas doppler untuk penyelesaian masalah 4. Menjelaskan indera pendengaran sebagai akseptor bunyi Pert 2 5. Menjelaskan fenomena dawai 6. Menjelaskan fenomena pipa organa 7. Menjelaskan intensitas gelombang 8. Menjelaskan taraf intensitas bunyi |
4 | 4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan interferensi cahaya | Pert 1 1. Melakukan percobaan untuk menghitung cepat rambat suara di udara 2. Melakukan percobaan untuk memilih asas doppler Pert 2 3. Melakukan percobaan untuk memilih hubungan antara panjang dawai (L), Gaya tegangan tali (F), massa dawai (m), dan cepat rambat gelombang transfersal pada dawai (v) |
Pert | Fakta | Konsep | Prinsip/Hukum | prosedur |
I | · Saat berteriak sambil memegang tenggorokan, maka kita akan rasakan tenggorokan kita bergetar. · Ketika senar gitar dipetik makakita akan mendengar bunyi. · Kilat dan guntur bergetar secara tolong-menolong tetapi kita selalu melihat kilat lebih dahulu gres kemudian mendengar suara gunturnya. · Ketika kendaraan beroda empat ambulans bergerak mendekati kita maka suara sirenenya makin tinggi dan semakin rendah ketika bergerak menjauhi kita. · Dengan indera pendengaran kita bisa mendengan bunyi | · Sifat-sifat dasar bunyi · Cepat rambat suara di udara, zat padat, dan zat gas. · Kasus imbas doppler · Bagian-bagian telinga. | · Perambatan suara pada zat gas,zat padatdan zat cair · efek doppler | percobaantabung resonansi danefek Doppler |
II | · ada perbedaan suara pada senar gitar yang sama ketika dipetik dalam keadaan kendor dan dipetik dalam keadaan tegang. · Ada perbedaan nada pada pipa organa yang tertutup dan yang terbuka · Ada perbedaan kekuata gempa bumi di Armenia(6,9 skala Ricter) dengan gempa yang tejadi di Aceh (8,9 skal Richter) | · Formulasi frekuensi dan resonansi pada senar · Cepat rambat gelombang trasversal dalam dawai · Frekuensi atau resonansi · Frekuensi alami pipa organa terbuka · Frekuensi alami pipa organa tertutup. | · Hukum mersene · Hukum Melde | percobaan Melde |
Pert | Pendekatan | Model | Metode Pembelajaran |
I | scientific | Inkuiri | 1. Eksperimen 2. Diskusi 3. Tanya jawab |
II | Inkuiri |
Pert | Media | ALAT /BAHAN | Sumber Belajar |
I | LKS 01 , LKS 02 Power Point & Makromedia | LKS 01 (satu zet tabung resonansi, garputala, pemukul garputala, air,mistar.) LKS 02 (rel presisi, kereta sumber bunyi,sinyal generator, kereta akseptor bunyi, danosiloskop) | a. Kanginan, Marthen. 2013. Fisika Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga b. Haryadi, Bambang. 2009. Fisika untuk Sekolah Menengan Atas kelas X. Jakarta : sentra perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. c. Bahan asuh peserta didik |
II | LKS 03 , Power Point & Makromedia | Penggetar/vibrator, Katrol, Beban gantung /massa benda yangberbeda,Mistar , dan Senar dawai dengan empat jenis yang berbeda. |
Rincian Kegiatan | Waktu | |
Pendahuluan 1. Meberi salam 2. Mengecek kehadiran siswa. 3. Mempersilahkan siswa mengawali pembelajran dengan doa. 4. Guru memberi apersepsi dan motifasi wacana materi yang berkaitan dengan karakteristik bunyi,cepat rambat bunyi,efek doppler, dan indera pendengaran sebagai akseptor bunyi. 5. Guru memberitahukantujuan pembelajaran | 20 menit | |
Kegiatan Inti | 100 menit | |
Sintak | Langkah/Kegiatan Pembelajaran | |
Tahap 1 Stimulation | Mengamati | |
1. Peserta didik mengamati tayangan video seorang anak yang sedang melihat kereta api yang sedang melintasi stasiun sambil membunyikan klakson. 2. Guru menilai keaktifan dan keterbukaan peserta didik dalam mengamati. **) | ||
Tahap 2 Problem steimen | Menanya | |
1. Peserta didik bertanyatentang berapakah cepat rambat buyi diudara, berapakah frekuensi suber suara (klakson kereta api) dan berapakah frekuensi yang diterima pendengar yang berada di stasiun kereta api. (merumuskan masalah). 2. Dengan akomodasi guru peserta didik menemukan tanggapan sementara atas pertanyaan-pertanyaan yang mereka olok-olokan (membuat hipotesis) 3. Guru menilai keaktifan peserta didik dalam merumuskan duduk masalah dan membuat hipotesis**) | ||
Tahap 3 Mengumpulkan data(Data processing) | Mencoba | |
1. Peserta didik dibagi dalam kelompok (1 kelompok terdiri dari 4-5 orang) 2. Guru membagikan Lomba Kompetensi Siswa 01 dan Lomba Kompetensi Siswa 02 wacana percobaan tabung resonansi dan imbas Doppler. 3. Guru bersama dengan peserta didik menyiapkan alat dan materi yang terdapat dalam Lomba Kompetensi Siswa 01 dan 02 4. Peserta didik melaksanakan percobaan sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat pada Lomba Kompetensi Siswa 01 dan Lomba Kompetensi Siswa 02 5. Guru menilai keaktifan, kerjasama, tanggung jawab, kejujuran, disiplin dan hati-hati pada ketika perserta didik melaksanakan percobaan | ||
Tahap 4 Memferifikasi data | Mengasosiasi | |
6. Peserta didik berdiskusi dan menjawb pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam Lomba Kompetensi Siswa 01 dan Lomba Kompetensi Siswa 02 dan permasalahan wacana karakteristik gelombang, cepat rambat gelombang pada zat padat dan zat cair dan indera pendengaran sebagai akseptor bunyi. 7. Dengan akomodasi guru, peserta didik menganalisis dan merumuskan hubungan antara panjang gelombang dan cepat rambat suara di udara. 8. Dengan akomodasi guru, peserta didik menganalisis dan merumuskan hubungan antara frekuensi sumber suara dan frekuensi pendengar. 9. Guru memberi permasalahan wacana karakteristik gelombang, cepat rambat gelombang pada zat padat dan zat cair dan indera pendengaran sebagai akseptor bunyi. 10. Guru mengarahkan siswa untuk memverifikasi dan mengkonfirmasi hasil diskusi dengan mencari informasi pada materi ajar. 11. Guru menilai ketrampilan mengolah dan menalar*) | ||
| Mengkomunikasikan | |
Tahap5 Generalization | 12. Perwakilan kelompok memaparkan hasil analisis dan kesempulan dari hasil percobaan yang dilakukan dan permasalahan yang diberikan. 13. Guru menilai perilaku peserta didik dalam bekrja sama, terbuka, disiplin dan bertanggung jawab..**) 14. Guru mengkofirmasikan hasil deiskusi peserta didik. | |
Penutup 1. Peserta didik kembali ke daerah duduk masing-masing 2. Guru dan peserta didik merangkum kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. 3. Guru menawarkan post test kepada peserta didik 4. Guru menawarkan kiprah baca wacana fenomena pada dawai dan pipa organa, 5. Doa penutup. | 15 |
Rincian Kegiatan | Waktu | |
Pendahuluan 1. Memberi salam 2. Mengecek kehadiran siswa 3. Mempersilahkan siswa mengawali pembelajran dengan doa 4. Guru memberi apersepsi dan motifasi wacana materi yang berkaitan dengan fenomena pada dawai,fenomena pada pipa organa, intensitas gelombang dan taraf intensitas. 5. Guru memberitahukantujuan pembelajaran | | |
Kegiatan Inti | | |
Sintak | Langkah/Kegiatan Pembelajaran | |
Tahap 1 Stimulation | Mengamati | |
3. Peserta didik mengamati tayangan video seorang yang menyetel gitar dan biola. 4. Guru menilai keaktifan peserta didik dalam mengamati**) | ||
Tahap 2 Problem steimen | Menanya | |
4. Peserta didik bertanyamengapa terjadi perbedaan nada ketika menyetel gitar dengan menegangkan dawai dan mengkendorkan dawai, perbedaan jenis dawai dan panjang dawai.(merumuskan masalah). 5. Dengan akomodasi guru peserta didik menemukan tanggapan sementara atas pertanyaan-pertanyaan yang mereka olok-olokan (membuat hipotesis) 6. Guru menilai keaktifan peserta didik dalam merumuskan masala, dan membuat hipotesis..**) | ||
Tahap 3 Mengumpulkan data(Data processing) | Mencoba | |
6. Peserta didik dibagi dalam kelompok (1 kelompok terdiri dari 4-5 orang) 7. Guru membagikan Lomba Kompetensi Siswa 03 tentang percobaan aturan Melde. 8. Guru bersama dengan peserta didik menyiapkan alat dan materi yang terdapat dalam Lomba Kompetensi Siswa 03 9. Peserta didik melaksanakan percobaan sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat pada Lomba Kompetensi Siswa 03 10. Guru menilai keaktifan, kerjasama, tanggung jawab, kejujuran, disiplin dan hati-hati pada ketika perserta didik melaksanakan percobaan **) | ||
Tahap 4 Memferifikasi data | Mengasosiasi | |
11. Peserta didik berdiskusi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam Lomba Kompetensi Siswa 01 dan Lomba Kompetensi Siswa 02 dan permasalahan wacana karakteristik gelombang, cepat rambat gelombang pada zat padat dan zat cair dan indera pendengaran sebagai akseptor bunyi. 12. Dengan akomodasi guru, peserta didik menganalisis dan merumuskan hubungan antara panjang senar dawai , frekuensi senar dawai, rapat massa linear senar dawai. 13. Guru memberi permasalahan wacana venomena pada pipa organa tertutup dan terbuka, intensitas gelombang, dan taraf intensitas gelomabang. 14. Guru mengarahkan siswa untuk memverifikasi dan mengkonfirmasi hasil diskusi dengan mencari informasi pada materi ajar. 15. Guru menilai ketrampilan mengolah dan menalar*) | ||
| Mengkomunikasikan | |
Tahap5 Generalisation | 15. Perwakilan kelompok memaparkan hasil analisis dan kesempulan dari hasil percobaan yang dilakukan dan permasalahan yang diberikan. 16. Guru menilai perilaku peserta didik dalam bekrja sama, terbuka, disiplin dan bertanggung jawab. .**) 16. Guru mengkofirmasikan hasil deiskusi peserta didik. | |
Penutup 17. Peserta didik kembali ke daerah duduk masing-masing 18. Guru memberika kiprah membuat resume wacana gelombang cahaya. 19. Guru menawarkan post test kepada peserta didik 20. Doa penutup. |
A. RPP dan LK Fisika Kurikulum-2013
- Fisika LK 1.1
- 10 LK 1.1 – KD 3.1 – Nokadela Basyari.docx
- 10 LK 1.1 – KD 3.1 – Sifa Alfiyah.docx
- 10 LK 1.1 – KD 3.2 – Selfina.docx
- 10 LK 1.1 – KD 3.3 – Ardilla Ayu Febrina_Vektor.docx
- 10 LK 1.1 – KD 3.4 – Daniel.docx
- 10 LK 1.1 – KD 3.5 – Dede Supriadi.docx
- 10 LK 1.1 – KD 3.8 – Ema Sujanti.docx
- 10 LK 1.1 – KD 3.9 – Sofianto.docx
- 10 LK 1.1 – KD3.10 – Salamat Panjaitan.docx
- 11 LK 1.1 – KD 3.1 – Budi Hartono.docx
- 11 LK 1.1 – KD 3.10 – Syaiful Nurhidayat.docx
- 11 LK 1.1 – KD 3.11 – Sugiarto.docx
- 11 LK 1.1 – KD 3.2 – Novita.docx
- 11 LK 1.1 – KD 3.3 – Ibrahim.docx
- 11 LK 1.1 – KD 3.4 – Jaka sumiyanta .docx
- 11 LK 1.1 – KD 3.5 – Muchamad Agung Nugroho.docx
- 11 LK 1.1 – KD 3.6 – Teti P Sinaga.docx
- 11 LK 1.1 – KD 3.7 – Dasuki.docx
- 11 LK 1.1 – KD 3.7 – Prasetiya Kencana.docx
- 11 LK 1.1 – KD 3.8 – Dodi Rizal.docx
- 11 LK 1.1 – KD 3.9 – Wirna Suryani.docx
- Fisika LK 1.2
- 10 LK 1.2 – KD 3.10 – Salamat Panjaitan.docx
- 10 LK 1.2 – KD 3.11 – Sugiarto.docx
- 10 LK 1.2 – KD 3.2 – Selfina.docx
- 10 LK 1.2 – KD 3.3 – Ardilla Ayu Febrina_Vektor.docx
- 10 LK 1.2 – KD 3.4 – Daniel.docx
- 10 LK 1.2 – KD 3.5 – Dede Supriadi.docx
- 10 LK 1.2 – KD 3.6 – Nokadela Basyari.docx
- 10 LK 1.2 – KD 3.7 – PrasetiyaKencana.docx
- 10 LK 1.2 – KD 3.8 – Ema Sujanti.docx
- 10 LK 1.2 – KD 3.9 – Sofianto.docx
- 10 LK.1.2 – KD 3.1 – Sifa Alfiyah.docx
- 11 LK 1.2 – KD 3.1 – Budi Hartono.docx
- 11 LK 1.2 – KD 3.10 – Syaiful Nurhidayat .docx
- 11 LK 1.2 – KD 3.2 – Novita Kelas XI.docx
- 11 LK 1.2 – KD 3.3 – Ibrahim.docx
- 11 LK 1.2 – KD 3.4 – Jaka Sumiyanta.docx
- 11 LK 1.2 – KD 3.5 – Muchamad Agung Nugroho.docx
- 11 LK 1.2 – KD 3.6 – Teti P Sinaga.docx
- 11 LK 1.2 – KD 3.7 – Dasuki .docx
- 11 LK 1.2 – KD 3.8 – Dodi Rizal.docx
- 11 LK 1.2 – KD 3.9 – Wirna Suryani.docx
- Fisika LK 1.3
- LK 1.3 Dede Supriadi.docx
- LK 1.3 Ardilla Ayu Febrina_KD 3.3 Vektor.docx
- LK 1.3 DASUKI 3.7.docx
- LK 1.3 Dodi Rizal KD 3.8.docx
- LK 1.3 jaka Sumiyanta KD 3.4.docx
- LK 1.3 Sugiarto KD 3.11.docx
- LK 1.3 Syaiful Nurhidayat KD 3.10.docx
- LK 1.3. Novita KD 3.2. Kelas XI.docx
- LK 1.3.Budi Hartono_ KD 3.1 _IX.docx
- LK 1.3 wirna_KD 3.9 kelas XI.docx
- LK 1.3 EMA SUJANTI_KD 3.8.docx
- LK 1.3_selfina_KD 3,2, kelas X.docx
- LK 1.3_sofianto_KD 3.9 Kelas X.docx
- LK. 1.3_MUCHAMAD AGUNG NUGROHO_KD 3.5_KELAS XI.docx
- LK.1.3_PrasetiyaKencana_KD 3.7.docx
- LK.1.3_salamat_panjaitan_KD3.10.docx
- LK.1.3_SIFA ALFIYAH_KD 3.1 Kelas X.docx
- LK.1.3_TETI P.SINAGA_3.6.docx
- LK1.3. Daniel-KD 3.4 dan $.4.docx
- lk_1.3 ibrahim.docx
- Fisika LK 1.4
- LK 1.4 & RPP _ Muchamad Agung Nugroho.docx
- LK 1.4 Ardilla Ayu Febrina_Vektor.docx
- LK 1.4 DASUKI 3.7.docx
- LK 1.4 Dodi Rizal KD 3.8.docx
- LK 1.4 jaka sumiyanta KD 3.4 kelas 11.docx
- LK 1.4 Syaiful Nurhidayat KD 3.10.docx
- LK 1.4. Novita KD 3.2 Kelas XI.docx
- LK 1.4.Budi Hartono_ KD 3.1 _IX.docx
- LK 1.4_ wirna_KD 3.9 kelas XI.docx
- LK 1.4_Dede Supriadi.docx
- LK 1.4_SOFIYANTO_kd 3.9.docx
- LK 1.4_Sugiarto KD 3.11.docx
- LK. 1.4_selfina_KD. 3.2 kelas X.docx
- LK.1.4_EMA SUJANTI_KD 3.8.docx
- LK.1.4_PrasetiyaKencana_KD 3.7 kelas x.docx
- LK.1.4_salamat_panjaitan_KD3.10.docx
- LK.1.4_SIFA ALFIYAH_KD 3.1 Kelas X.docx
- LK.1.4_TETI P.SINAGA_3.6.docx
- LK1.4. Daniel-KD 3.4 dan KD 4.4.docx
- LK 1.4 – Ibrahim.docx
- RPP Fisika
- RPP Fisika pada Topik Gerak Melingkar (Basyari, N., Mei, 2017).docx
- RPP jaka sumiyanta KD 3.4 kelas 11.docx
- RPP LK 1.4 (RPP) DASUKI 3.7.docx
- RPP_Ardilla Ayu Febrina_KD 3.3_Kelas X.docxRPP_Dede Supriadi_KD 3.5.docx
- RPP_Ema Sujanti_3.8_Fisika.docx
- RPP_IBRAHIM.docx
- RPP_Novita KD 3.2 Kelas XI.docx
- RPP_PrasetiyaKencana_KD 3.7_X.docx
- RPP_Salamat.panjaitan_KD3.10.docx
- RPP_selfina_KD 3.2 kelas X.docx
- RPP_SIFA ALFIYAH_KD 3.1_KELAS X.docx
- RPP_SOFIANTO_KD 3.9.docx
- RPP_Sugiarto KD 3.11.docx
- RPP_TETI P.SINAGA_3.6_XI.docx
- RPP_Wirna Suryani _KD 3.9_ kelas XI.docx
- RPPLK.2. Daniel – KD 3.4 dan KD 4.4.docx
- RPP Syaiful Nurhidayat KD 3.10.docx
- Telaah Rpp
- Telaah Peer Real Teaching
B. RPP dan Perangkat Fisika Kelas 10
- Fisika_BESARAN DAN SATUAN.zip
- Fisika_GERAK HARMONIK.zip
- Fisika_GERAK MELINGKAR.zip
- Fisika_GERAK PARABOLA.zip
- Fisika_MOMENTUM.zip
- Fisika_PENGUKURAN.zip
- Fisika_USAHA DAN ENERGI.zip
- Fisika_VEKTOR.zip
- RPP_FISIKA_GERAK PARABOLA.docx
- RPP_FISIKA_GLB DAN GLBB.docx
- RPP_USAHA DAN ENERGI.docx
C.RPP dan Perangkat Fisika Kelas 11
- Program Semester.xls
- Program Tahunan.docx
- RPP ALAT-ALAT OPTIK.docx
- RPP DIFRAKSI DAN INTERFERENSI.docx
- RPP GELOMBANG BUNYI.docx
- RPP GELOMBANG CAHAYA.docx
- RPP GELOMBANG MEKANIK.doc
- RPP GELOMBANG STASIONER.doc
- RPP PEMANASAN GLOBAL.doc
- RPP PERSAMAAN GELOMBANG.docx
- RPP SUHU DAN KALOR.docx
- RPP TEORI KINETIK GAS_2.docx
- RPP_Teori Kinetik Gas.docx
- RPP radiasi gelombang EM.docx
- RPP _KD 3.5.zip
- RPP KD 3.10_1.docx
- RPP KD 3.10_2.docx
- RPP_3.11.docx
- RPP_3.9.docx
- RPP_KD 3. 8.zip
- RPP_KD 3.1_1.docx
- RPP_KD 3.1_2.docx
- RPP_KD 3.1_5.docx
- RPP_KD 3.2.docx
- RPP_kd 3.3.docx
- RPP_KD 3.4.docx
- RPP_KD 3.6.docx
- RPP_KD 3.7 .docx
D.RPP dan Perangkat Fisika Kelas 12
- LISTRIK ARUS SEARAH.docx
- LISTRIK STATIS.docx
- MEDAN MAGNET.docx
- INDUKSI ELEKTROMAGNETIK.docx
- RANGKAIAN ARUS BOLAK BALIK.docx
E. Materi BIMTEK 2017
- 1. 0 Dinamika Perkembangan Kur-2013.pptx
- 1.1. Dinamika Perkembangan Kur-2013_2017.pptx
- 1.2. Penguatan Pendidikan Karakter Kur-13 Dr. Arie Budhiman, M.SI_2017.pptx
- 1.3. Penerapan Literasi Dalam Pembelajaran.pdf
- 1.4. Panduan Bimtek pendampingan implementasi k-13 SMA.pdf
- 2017- PPK Dalam Pembelajaran.pptx
- 2017- PPK Dr. Arie Budhiman, M.SI.pptx
- 3. PENGOLAHAN NILAI_2017 oke.pptx
- 4 Bimtek K-13 2017.pptx
- BIMTEK KUR 13_(rangkuman)_Sunaryo.pptx
- Materi Pelatihan/E-rapor (1).pptx
- HOTS_Penyegaran (rangkuman)_iwan.pptx
- JURNAL MEMBACA TAHAP PENGEMBANGAN.docx
- Literasi-Pembelajaran-SMA-draftawal-7Februari.pptx
- Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013 untuk Peserta-1.pptx
- MP-16-SMA_Fisika_RPP_2017.docx
- Pemantapan Materi Dan Strategi Penyampaian.Pptx
- Pengembangan MODEL PEMBEL INOVATIF KUR-2013 (Prof Udin)_Rev_2017.pptx
- Pengembangan Soal HOTS_2017.pptx
- Penilaian Terbaru 2017 (reg-7 ciputra).pptx
- Strategi Penyampaian Materi Pelatihan Kur-13_Prof. Said Hasan_2017.pptx
Demikian referensi rpp k13 fisika revisi terbaru 2017 untuk Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan semester 1 dan 2 tahun pelajaran 2017/2018 yang memunculkan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Semoga bermanfaat
sumber rpp
EmoticonEmoticon