Nih Panduan Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi

Share:

Sahabat guru-id khususnya para penerima guru pembelajar yang mengikuti moda daring dan kombinasi. Sebagaimana yang kita ketahui bersama acara guru pembelajar ketika ini sudah atau tengah berlangsung di beberapa daerah. namun masih banyak hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan guru pembelajar ini khususnya bagi pengguna Moda dalam jaringan (daring). Kabarnya terkendala alasannya yaitu server yang sulit untuk tersambung ke Aplikasi LMS guru pembelajar. kita berharap biar saja kegiatan ini lancar terutama besar keinginan kita kepada rekan-rekan guru yang mengikuti training IN guru pembelajar online dan Operator GPO. Perlu diketahui acara GPO ini tidak ada kaitannya dengan operator pendataan Sekolah (OPS). nah kali ini admin ingin membuatkan sebuah klarifikasi mengenai "guru pembelajar moda daring dan kombinasi". Perlu diketahui penerima GPO moda daring dan kombinasi yaitu sesuai dengan ketentuan 10 kompetensi warna merah yakni bagi rapor merahnya 6-7. Sedangkan bagi yang rapor merahnya 3-5 hanya mengikuti moda daring. moda kombinasi ini nantinya diikuti dengan Model pembelajaran yang dilakukan secara daring dan tatap muka dengan didampingi oleh mentor serta difasilitasi oleh pengampu, Mengenai acara Pertemuan tatap muka akan dilaksanakan sesuai acara yang disepakati bersama antara penerima dan mentor (kebijakan Dinas Pendidikan kab/kota esetempat). berikut admin bagikan panduan singkat perihal Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi yang sanggup anda baca melalui goresan pena dibawah

id khususnya para penerima guru pembelajar yang mengikuti moda daring dan kombinasi Nih Panduan Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi

Gambar diatas menjelaskan beberapa interaksi antara Pengampu dan mentor, mentor dan peserta, pengampu dan peserta. atau penjelasannya sebagai berikut

  • Interaksi Pengampu – Mentor: Pengampu mendampingi mentor dan berinteraksi dengan mentor secara daring.
  • Interaksi Mentor – Peserta: Mentor mendampingi, berdiskusi dan berkoordinasi dengan penerima secara daring dan luring.
  • Interaksi Pengampu – Peserta: Pengampu memfasilitasi dan berkomunikasi dengan penerima secara daring.

Panduan Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi

Panduan yang admin tuliskan ini bersumber dari blog guru yang sudah cukup populer di dunia pendidikan dan infonya juga sangat sanggup dipercaya, berikut admin teruskan yang admin kutip dari jetjetsemut.blogspot.co.id

1. Apa itu Peserta Guru Pembelajar Daring Kombinasi

Guru pembelajar moda diatas dilaksanakan bagi guru dengan peta kompetensi hasil UKG nya mempunyai 6 (enam) hingga dengan 7 (tujuh) kelompok kompetensi yang nilainya dibawah KCM pada UKG 2015 lalu. (baca penjelasannya dalam raport UKG 2015)

Pada GP moda daring kombinasi, penerima akan dibimbing oleh mentor secara daring dan luring (LUAR JARINGAN) di Pusat Belajar (PB).

Nah, mengenai tempat kegiatan pendampingan dan tatap muka antara mentor dengan penerima pada GP moda daring kombinasi dilakukan di Pusat Belajar sesuai janji antara mentor dan peserta. Pusat Belajar sanggup menggunakan:

  1. Kelompok Kerja Guru (KKG) / Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) / Gugus Belajar di Kabupaten/Kota, atau
  2. Tempat Uji Kompetensi (TUK) di Kabupaten/Kota, atau
  3. Sekolah tempat penerima bertugas mengajar.
2. Mekanisme Pelaksanaan Kegiatan GP Moda Daring Kombinasi

Moda daring kombinasi yaitu adonan antara daring dan tatap muka dengan komposisi 48 JP untuk interaksi daring dan 12 JP (4 JP/pertemuan: sebanyak 3 pertemuan, yaitu Minggu I, III, dan VI) untuk interaksi tatap muka di PB bersama mentor. Pada setiap pertemuan tatap muka, mentor harus menyiapkan daftar hadir dan gosip acara yang harus dilaporkan ke UPT dan akan menjadi lampiran pada pelaporan pertanggungjawaban kegiatan.

Aktivitas pembelajaran penerima pada GP moda daring kombinasi dijelaskan pada Tabel 1 berikut.

id khususnya para penerima guru pembelajar yang mengikuti moda daring dan kombinasi Nih Panduan Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi

Pada ketika tatap muka di PB, penerima bersama mentor akan melaksanakan kegiatan pembelajaran selama total 12 JP, dengan struktur acara pada setiap tatap muka menyerupai pada Tabel 2

id khususnya para penerima guru pembelajar yang mengikuti moda daring dan kombinasi Nih Panduan Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi
a. Kegiatan Awal

Kegiatan pada moda ini diawali dengan pengenalan konsep dan sistem GP moda daring yang dipandu oleh mentor di sentra berguru yang telah ditentukan. Peserta akan masuk (login) ke dalam LMS sesuai dengan nama pengguna (username) dan kata kunci (password) yang sudah ditentukan. Selanjutnya, penerima akan melaksanakan kegiatan pembelajaran bersama mentor di PB sesuai dengan struktur acara TM-1 yang tertuang pada Tabel 2 diatas. Pada selesai pertemuan, mentor membimbing penerima menciptakan rencana berguru selama 6 minggu.

b. Kegiatan pada Sesi Pembelajaran

Kegiatan pada sesi pembelajaran yaitu kegiatan inti dimana penerima melaksanakan pembelajaran daring dan luring, baik secara berdikari maupun terbimbing oleh mentor. Pada kegiatan ini, penerima melaksanakan aktivitas-aktivitas untuk mencapai sasaran kompetensi dan hasil berguru yang telah ditentukan sebelumnya dan dibuktikan dengan kiprah dan tagihan. Untuk GP moda daring kombinasi ini, penerima dan mentor bertemu secara tatap muka di Pusat Belajar (PB) untuk berdiskusi dan membahas hal-hal yang terkait dengan pembelajaran. Tatap Muka ke-2 (TM-2) pada sesi pembelajaran dilaksanakan di pertengahan sesi antara sesi 2 dan 3, dengan struktur bahan menyerupai tertuang pada Tabel 2. Pada setiap selesai sesi, penerima akan mengerjakan tes sumatif sesi.

c. Kegiatan Akhir

Kegiatan selesai dilaksanakan secara daring dan tatap muka di sentra berguru pada ahad ke 6 (sesi penutup), untuk meyakinkan bahwa semua kiprah maupun tagihan yang dipersyaratkan pada pembelajaran GP moda daring telah terunggah seluruhnya dan sanggup dipertanggungjawabkan. Pada kegiatan tatap muka ke-3 (TM-3), penerima akan melaporkan hasil pembelajaran GP moda daring mulai dari awal hingga selesai dengan membawa seluruh bukti yang sanggup dipertanggungjawabkan untuk di reviu dan divalidasi oleh mentor.

catatan;

Jika terdapat satu dan lain hal yang menjadi pertimbangan sehingga penerima harus beralih moda ke tatap muka, maka wewenang dan tanggungjawab untuk mengalihkan penerima tersebut diberikan kepada Dinas. Peserta yang ditetapkan mengikuti GP moda daring kombinasi, namun mempunyai kriteria sesuai dengan GP moda daring – model 2 dan akan dialihkan, maka wewenang dan tanggungjawab pengalihannya diserahkan kepada UPT.

Demikian info terkait panduan guru pembelajar moda daring kombinasi dengan tatap muka yang sanggup admin bagikan. Berikutnya silahkan download kumpulan modul guru pembelajar untuk TK, SD, SMP, Sekolah Menengan Atas dan SMK

sumber: http://guruprofe.blogspot.com//search?q=guru-pembelajar-moda-daring-kombinasi
Advertisement
 
Advertisement
 


EmoticonEmoticon