RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) K13 SD KELAS 2 2017 semester genap, sejatinya ini yang harus dilakukan oleh guru-guru khusunya SD. RPP dimaksudkan di sini ialah bagaimana seharusnya perencanaan pembelajaran yang ditujukan pada murid-murid SD. Mengenai RPP maka kita pun berafiliasi dengan silabus. Bagaimana relasi Silabus dan RPP? Hubungannya ialah dalam perencanaan RPP, maka kita mengaitkan silabus yang isinya menurut Standar Isi, yang di dalamnya berisikan Identitas Mata Pelajaran, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), Indikator, Materi Pokok, Kegiatan pembelajaran, Alokasi Waktu, Sumber Belajar, dan Penilaian.
Adanya RPP inilah sebagai sarana untuk mengakibatkan bertindakan pribadi dikala proses pembelajaran. kini ini sudah banyak pihak sekolah yang menggunakan Kurikulum 13, yang sebelumnya sekolah menggunakan KTSP (Kurikulum tingkat satuan pendidikan) .
Lalu, apakah akan ada yang terjadi (revisi) K13 kelas 2 2017 ini? Akan selalu terjadi perubahan-perubahan pada masing-masing tahun. Dalam hal revisi kelas 2 semester genap 2017 ini lebih kepada mengimplementasikan terkait Pendidikan Karakter.
Mengapa? Dewasa ini, maraknya dengan kalimat Kids zaman now yang dimaksudkan sikap murid-murid yang sudah tak ada batasannya. Contohnya murid yang tak lagi menghargai orang renta maupun guru. Untuk itu,perlu adanya revisi terkait pembelajaran-pembelajaran ini contohnya dalam hal religus tidak kepada mengedepankan metode ceramah kemudian praktik yang kurang.
Berikut pola rpp k13 revisi 2017 kelas 2 semester genap terbaru yang akan mempunyai kegunaan sebagai rujukan bapak dan ibu guru. Semoga bermanfaat.
| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | ||
3.7 | Mencermati goresan pena tegak bersambung dalam kisah dengan memperhatikan penggunaan abjad kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat gosip dan tanda tanya pada kalimat tanya. | 3.7.1. | Mengidentifikasipenggunaanhurufkapitalpadaawalkalimat. |
4.7 | Menulis dengan goresan pena tegak bersambung menggunakan abjad kapital (awal kalimat, nama bulan, hari, dan nama diri) serta tanda titik pada kalimat gosip dan tanda tanya pada kalimat tanya dengan benar. | 4.7.1. | Menulisteksdenganhuruftegakbersambungsesuaiaturanpenulisan yang tepat. |
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | ||
3.6 | Menjelaskan dan memilih panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. | 3.6.1. | Menyebutkansatuanbakuuntukukuranberat (gram, ons, dan kilogram). |
4.6 | Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. | 4.6.1. | mengukurberatbendadengansatuan gram, ons, dan kilogram. |
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | ||
3.2 | Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak. | 3.2.1 | Membedakanpanjangdanpendekbunyipadalagu. |
4.2 | Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak. | 4.2.1 | Menyuarakanpanjangdanpendekbunyipadalaguanak. |
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1. Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. (PPK: Disiplin) 2. Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. (PPK: Religius) 3. Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru sanggup menunjukkan penguatan wacana sikap syukur. (PPK: Religius) 4. Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru menunjukkan penguatan wacana pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. (PPK: Nasionalis) 5. Siswa diminta menyidik kerapian diri dan kebersihan kelas. 6. Siswa memperhatikan klarifikasi guru wacana tujuan, manfaat, dan acara pembelajaran yang akan dilakukan. 7. Siswa menyimak klarifikasi guru wacana pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran. 8. Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan. 9. Siswa diajak menyanyikan lagu kawasan setempat untuk menyegarkan suasana kembali. (PPK: Nasionalis) | 15 menit |
Kegiatan inti | PENGANTAR TEMA 1. Guru mengenalkanjudulsubtema, yaituHewan di Sekitarku 2. Siswadimintauntukmengamatidanmencermatigambar yang disajikan diBukuSiswa 3. Siswadimintamembacateksbersamadenganbimbingan guru. 4. Siswamenyebutkanjenis-jenishewanyang ditemukandalamgambar. 5. Guru bertanyajawabdengansiswamengenaihewan-hewan yang ada disekitarlingkungansiswa. 6. Guru mengaitkankegiataninidengantopik yang akandibicarakanpadasubtema 1. AYO MEMBACA (LITERASI) 1. Siswamendengarkanteks yang dibacakanoleh guru. 2. Tekstersebutditulisdalamhuruftegakbersambung. 3. Siswamenirukan guru membacateks yang ditulisdenganhuruftegakbersambung. AYO BERDISKUSI (4C: COLLABORATION) 1. Siswamelingkarihurufkapital yang terdapatdalamteks. 2. Siswamendiskusikanpenggunaanhurufkapitalbersamatemansebelahnya. 3. Siswamenyimpulkanbersamatemansebelahnyamengenaipenggunaanhurufkapital. 4. Guru memfasilitasisiswadengantanyajawabsehinggasiswadapatmenyimpulkanbahwahurufkapitaldigunakanpadaawalkalimat. AYO BERLATIH 1. Siswamenjawabpertanyaan-pertanyaansesuaiteksbacaanpadaBukuSiswa. 2. Jawabanditulisdenganmenggunakanhuruftegakbersambung,memperhatikanpenggunaanhurufkapitalpadaawalkalimat. 3. Guru berkelilingkelasmemberikanumpanbalikatasjawabansiswadancaramenuliskanhuruftegakbersambung. AYO BERNYANYI 1. Guru memperkenalkanlaguAyamku. 2. Guru membericontohcaramenyanyikanlagutersebut. 3. Guru memberikanpenjelasanbahwadalammenyanyi, adateknikmenyuarakanbunyipanjangdanpendek. 4. Bunyi yang panjangditandaidengan ____. 5. Bunyipendekditandaidengan •. 6. Siswamengikuti guru menyanyikanlaguAyamkudanmengidentifikasibunyipanjangdanpendekdalamlagu. 7. Siswamenandaibagianlagudengan ____ jikabunyinyapanjang. 8. Siswamenandaibagianlagudengan • jikabunyinyapendek. AYO MENGAMATI 1. Siswamengamatigambaralat-alattimbangan. 2. Guru dapatjugamembawaalatperagaberupaalattimbangan yangsebenarnya. Misalnya, timbanganpasardantimbangankue. 3. Siswamengamatisatuan yang terterapadaalattimbangan. 4. Siswamenyebutkanberatbenda yang ditimbang, baikpadagambarbukusiswamaupunbenda yang ditimbang. AYO BERLATIH 1. Siswaberlatihmenimbangberatbenda. 2. Alat yang dibutuhkanadalahtimbangan, kantongplastik, talipengikatataukaret. 3. Bahan yang dibutuhkanadalahbutirjagung, beras, atautelur. 4. Siswamenimbangbenda-bendatersebutdalamberbagaiukuran.Minimal 5 ukuranberat, contohnya 1 kg, 500 gram, 3 ons, 100 gram, dan 2ons. | 180 menit |
Penutup | 1. Siswa bersama guru melaksanakan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung(HOTS: Reflectif): · Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini? · Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar? 2. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini. 3. Siswa menyimak klarifikasi guru wacana acara pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk memberikan kegiatan bersama orang renta yaitu: meminta orang renta untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah kemudian menceritakan alhasil kepada guru. 4. Siswa menyimak kisah motivasi wacana pentingnya sikap disiplin. 5. Siswa melaksanakan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas. 6. Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. (PPK: Religius) | 15 menit |
Untuk mendapat password rar file format lengkap rpp kelas 2 tema 5, 6, 7, dan 8 dibawah ini silahkan kunjungi fb saya di alamat berikut: https://web.facebook.com/perangkatguru
EmoticonEmoticon