Dalam RPP Matematika Kelas 7 K13 2017 Semester 2harus diakui salah satu pelajaran Matematika ini, ialah pelajaran yang paling susah dan menyebalkan bagi murid-murid. terlebih juga gurupun yang kadang sulit menciptakan RPP matematika ini. Makara tak jarang jikalau revisi selalu dilakukan oleh guru-guru yang tujuannya menciptakan siswa-siswi lebih paham mengenai pembelajaran matematika.
Tak pernah lelah mungkin merupakan semboyan bagi para guru-guru yang terus menciptakan RPP matematika kelas 7 K 13.Selain bagaimana menargetkan SKL (standar kompetensi lulusan), maka kitapun harus memahami bagaimana kondisi siswa yang belum mengerti atau paham dengan pelajaran tersebut. Jadi, mengulang terus materi pelajaran tersebut.
Perihal ini, bagaimana revisi yang kiranya Anda lakukan terkait biar bisa memahami pelajaran pada siswa-siswa maka perlu perhatikan beberapa hal.
Strategi Pembelajaran Dalam taktik ini, kiranya terdahulu kita memahami karakteristik tiap siswa. Memang terlihat sulit, namun niscaya ada beberapa sebagian tiap siswa akan sama. Misalnya akan terbagi menyukai pelajaran diluar atau tidak menyukai pelajaran diluar. Untuk itu, ubahlah starategi pembelajaran Anda.
Metode Sebenarnya sangat banyak metode yang bisa Anda pakai dikala proses pembelajaran berlangsung. namun entah mengapa yang cukup populer ialah Metode Ceramah. Lalu apakah ini cukup efektif bagi pelajaran matematika? Tentunya tidak. Baiknya kita lebih menggunakan metode yang cenderung memperlihatkan pemahaman pada siswa-siswi. Misalnya metode tanya jawab.
Berikut yaitu pola rpp matematika kelas 7 semester genap kurtilas terbaru edisi revisi 2017. Semoga bermanfaat sebagai referensi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMPN 4 Prabumulih
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII / Genap
Materi Pokok : Garis dan Sudut
Alokasi Waktu : 4 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit
A. Kompetensi Inti
· KI1 dan KI2:Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional.
· KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
· KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abnormal sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.10 Menganalisis kekerabatan antar sudut sebagai akhir dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal | 3.10.1 Memahami dan menjelaskan kekerabatan antar garis 3.10.2 Menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berhimpit, berpotongan) melalui benda kongkrit 3.10.3 Membagi garis menjadi beberapa bab sama panjang 3.10.4 Mengukur besar sudut dengan busur derajat 3.10.5 Menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul) 3.10.6 Melukis sudut yang besarnya sama dengan yang diketahui 3.10.7 Membagi sudut menjadi dua sama besar 3.10.8 Menentukan sudut berpelurus dan berpenyiku 3.10.9 Menemukan sifat sudut jikalau dua garis sejajar dipotong garis transversal |
4.10 Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan kekerabatan antar sudut sebagai akhir dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal | 4.10.1 Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menuntaskan soal 4.10.2 Menyelesaikan soal sehari-hari dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jikalau dua garis sejajar dipotong oleh garis lain |
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mendapatkan materi, penerima didik dapat:
· Memahami dan menjelaskan kekerabatan antar garis
· Menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berhimpit, berpotongan) melalui benda kongkrit
· Membagi garis menjadi beberapa bab sama panjang
· Mengukur besar sudut dengan busur derajat
· Menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul)
· Melukis sudut yang besarnya sama dengan yang diketahui
· Membagi sudut menjadi dua sama besar
· Menentukan sudut berpelurus dan berpenyiku
· Menemukan sifat sudut jikalau dua garis sejajar dipotong garis transversal
· Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menuntaskan soal
· Menyelesaikan soal sehari-hari dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jikalau dua garis sejajar dipotong oleh garis lain
D. Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran yang akan diajarkan sesuai materi pokok yaitu sebagai berikut:
· Hubungan Antar Garis
· Kedudukan Dua Garis
· Membagi Ruas Garis MenjadiBeberapa Bagian Sama Panjang
· Mengenal Sudut
· Hubungan Antar Sudut
· Melukis Sudut Istimewa
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Discovery Based Learning
3. Metode : Demonstrasi
F. Media Pembelajaran
a. Laptop dan LCD
b. Power Point
c. Internet
G. Sumber Belajar
1. As’ari, Abdur Rahman, dkk.. (2016). Matematika Jilid II untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Internet
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (4 x 40 Menit) |
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan citra ihwal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menjelaskan ihwal materi : Ø Garis dan Kedudukan garis v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. v Memberitahukan ihwal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
Kegiatan Inti ( 130 Menit ) |
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Garis dan Kedudukan garisdengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. v Mengamati Ø Lembar kerja materi Garis dan Kedudukan garis. Ø Pemberian contoh-contoh materi Garis dan Kedudukan garisuntuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb v Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Garis dan Kedudukan garis. v Menulis Menulis rangkuman dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Garis dan Kedudukan garis. v Mendengar Pemberian materi Garis dan Kedudukan garisoleh guru. v Menyimak Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global ihwal materi pelajaran mengenai materi : Ø Garis dan Kedudukan garis untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Guru memperlihatkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan ihwal materi : Ø Garis dan Kedudukan garis yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi pemanis ihwal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. | Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian Mengamati dengan seksama materi Garis dan Kedudukan garisyang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. v Membaca sumber lain selain buku teks Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca aneka macam rujukan dari aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman ihwal materi Garis dan Kedudukan garisyang sedang dipelajari. v Aktivitas Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Garis dan Kedudukan garisyang sedang dipelajari. v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Garis dan Kedudukan garisyang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: v Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara bahu-membahu membahas pola dalam buku paket mengenai materi Garis dan Kedudukan garis. v Mengumpulkan informasi Mencatat semua informasi ihwal materi Garis dan Kedudukan garisyang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. v Mempresentasikan ulang Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diriGaris dan Kedudukan garissesuai dengan pemahamannya. v Saling tukar informasi tentang materi : Ø Garis dan Kedudukan garis dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : v Berdiskusi ihwal data dari Materi : Ø Garis dan Kedudukan garis v Mengolahinformasi dari materi Garis dan Kedudukan garisyang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan proteksi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Garis dan Kedudukan garis. | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : v Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan ihwal materi : Ø Garis dan Kedudukan garis antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bahu-membahu membahas tanggapan soal-soal yang telah dikerjakan oleh penerima didik. | Generalization (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi ihwal materi Garis dan Kedudukan garisberupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal ihwal materi : Ø Garis dan Kedudukan garis v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Garis dan Kedudukan garisdan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. v Bertanya atas presentasi ihwal materi Garis dan Kedudukan garisyang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS) v Menyimpulkan ihwal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis ihwal materi : Ø Garis dan Kedudukan garis v Menjawab pertanyaan ihwal materi Garis dan Kedudukan garisyang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya ihwal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Garis dan Kedudukan garisyang akan selesai dipelajari v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Garis dan Kedudukan garisyang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | |
Catatan : Selama pembelajaran Garis dan Kedudukan garisberlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi problem tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
Peserta didik : v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru ihwal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran ihwal materi Garis dan Kedudukan garisyang gres dilakukan. v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Garis dan Kedudukan garisyang gres diselesaikan. v Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai pribadi diperiksa untuk materi pelajaran Garis dan Kedudukan garis. v Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Garis dan Kedudukan garis. v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Garis dan Kedudukan gariskepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. |
2 . Pertemuan Kedua (4 x 40 Menit) |
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan citra ihwal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menjelaskan ihwal materi : Ø Membagi garis v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. v Memberitahukan ihwal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
Kegiatan Inti ( 130 Menit ) |
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Membagi garisdengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. v Mengamati Ø Lembar kerja materi Membagi garis. Ø Pemberian contoh-contoh materi Membagi garisuntuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb v Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Membagi garis. v Menulis Menulis rangkuman dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Membagi garis. v Mendengar Pemberian materi Membagi garisoleh guru. v Menyimak Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global ihwal materi pelajaran mengenai materi : Ø Membagi garis untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Guru memperlihatkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan ihwal materi : Ø Membagi garis yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi pemanis ihwal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. | Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian Mengamati dengan seksama materi Membagi garisyang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. v Membaca sumber lain selain buku teks Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca aneka macam rujukan dari aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman ihwal materi Membagi garisyang sedang dipelajari. v Aktivitas Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Membagi garisyang sedang dipelajari. v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Membagi garisyang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: v Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara bahu-membahu membahas pola dalam buku paket mengenai materi Membagi garis. v Mengumpulkan informasi Mencatat semua informasi ihwal materi Membagi garisyang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. v Mempresentasikan ulang Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diriMembagi garissesuai dengan pemahamannya. v Saling tukar informasi tentang materi : Ø Membagi garis dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : v Berdiskusi ihwal data dari Materi : Ø Membagi garis v Mengolahinformasi dari materi Membagi garisyang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan proteksi pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Membagi garis. | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : v Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan ihwal materi : Ø Membagi garis antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bahu-membahu membahas tanggapan soal-soal yang telah dikerjakan oleh penerima didik. | Generalization (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi ihwal materi Membagi garisberupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal ihwal materi : Ø Membagi garis v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Membagi garisdan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. v Bertanya atas presentasi ihwal materi Membagi garisyang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS) v Menyimpulkan ihwal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis ihwal materi : Ø Membagi garis v Menjawab pertanyaan ihwal materi Membagi garisyang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya ihwal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Membagi garisyang akan selesai dipelajari v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Membagi garisyang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | |
Catatan : Selama pembelajaran Membagi garisberlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi problem tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
Peserta didik : v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru ihwal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran ihwal materi Membagi garisyang gres dilakukan. v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Membagi garisyang gres diselesaikan. v Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai pribadi diperiksa untuk materi pelajaran Membagi garis. v Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Membagi garis. v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Membagi gariskepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. |
A. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian (terlampir)
1) Sikap
- Penilaian Observasi
Penilaian observasi menurut pengamatan sikap dan sikap penerima didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan pribadi dilakukan oleh guru. Berikut pola instrumen evaluasi sikap
No | Nama Siswa | Aspek Perilaku yang Dinilai | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
BS | JJ | TJ | DS |
1 | … | 75 | 75 | 50 | 75 | 275 | 68,75 | C |
2 | … | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek sikap dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas sanggup diubah sesuai dengan aspek sikap yang ingin dinilai
- Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya sentra pembelajaran dari guru kepada penerima didik, maka penerima didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun biar evaluasi tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari evaluasi diri ini, memilih kompetensi yang akan dinilai, kemudian memilih kriteria evaluasi yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format evaluasi :
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. | 50 |
| 250 | 62,50 | C |
2 | Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara. |
| 50 |
3 | Saya ikut serta dalam menciptakan kesimpulan hasil diskusi kelompok. | 50 |
|
4 | ... | 100 |
|
Catatan :
1. Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas sanggup juga dipakai untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
- Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta penerima didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan evaluasi hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, menciptakan kriteria penilaian, dan juga memilih format penilaiannya. Berikut Contoh format evaluasi sobat sebaya:
Nama yang diamati : ...
Pengamat : ...
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Mau mendapatkan pendapat teman. | 100 |
| 450 | 90,00 | SB |
2 | Memberikan solusi terhadap permasalahan. | 100 |
|
3 | Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. |
| 100 |
4 | Marah dikala diberi kritik. | 100 |
|
5 | ... |
| 50 |
Catatan :
1. Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
- Penilaian Jurnal(Lihat lampiran)
2) Pengetahuan
- Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda(Lihat lampiran)
- Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No | Aspek yang Dinilai | Skala | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
25 | 50 | 75 | 100 |
1 | Intonasi |
|
|
|
|
|
|
|
2 | Pelafalan |
|
|
|
|
3 | Kelancaran |
|
|
|
|
4 | Ekspresi |
|
|
|
|
5 | Penampilan |
|
|
|
|
6 | Gestur |
|
|
|
|
- Penugasan(Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku penerima didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan kiprah rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan tanggapan dari kiprah rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
3) Keterampilan
- Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen evaluasi unjuk kerja sanggup dilihat pada instrumen evaluasi ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No | Aspek yang Dinilai | Sangat Baik (100) | Baik (75) | Kurang Baik (50) | Tidak Baik (25) |
1 | Kesesuaian respon dengan pertanyaan |
|
|
|
|
2 | Keserasian pemilihan kata |
|
|
|
|
3 | Kesesuaian penggunaan tata bahasa |
|
|
|
|
4 | Pelafalan |
|
|
|
|
Kriteria evaluasi (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 | Penguasaan materi diskusi |
|
|
|
|
2 | Kemampuan menjawab pertanyaan |
|
|
|
|
3 | Kemampuan mengolah kata |
|
|
|
|
4 | Kemampuan menuntaskan masalah |
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
- Penilaian Proyek(Lihat Lampiran)
- Penilaian Produk(Lihat Lampiran)
- Penilaian Portofolio
Kumpulan semua kiprah yang sudah dikerjakan penerima didik, ibarat catatan, PR, dll
Untuk mendapatkan password rar file format lengkap rpp matematika kelas 7 dibawah ini silahkan kunjungi fb saya di alamat berikut: https://web.facebook.com/perangkatguru - download rpp Himpunan ( COMOT RPP)
- download rpp Bilangan Bulat dan Pecahan ( COMOT RPP)
- download rpp Bentuk Aljabar ( COMOT RPP)
- download rpp Bilangan Bulat dan Pecahan ( COMOT RPP)
- download rpp Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variable ( COMOT RPP)
- download rpp Perbandingan ( COMOT RPP)
- download rpp Aritmatika Sosial ( COMOT RPP)
- download rpp Garis dan Sudut ( COMOT RPP)
- download rpp Segi empat dan Segitiga ( COMOT RPP)
- download rpp Penyajian Data ( COMOT RPP)
EmoticonEmoticon