DOWNLOAD E RAPOR Dapodikmen Sekolah Menengan Atas kURIKULUM 2013 TAHUN VERSI 2018 DI LINK BERIKUT: http://gerbangkurikulum.psma.kemdikbud.go.id/e-rapor ATAU KLIK DISINI
PANDUAN E APLIKASI E RAPOR Sekolah Menengan Atas versi 2018- UNDUH DISINI
Sahabat guru Sekolah Menengah Atas yang kami kagumi. Beberapa hari yang kemudian saya mencari informasi wacana aplikasi rapor untuk Sekolah Menengan Atas di google dan tidak sengaja masuk ke website yang berjudul Gerbang kurikulum Sekolah Menengan Atas yang beralamat di http://gerbangkurikulum.psma.kemdikbud.go.id/. Tahukah anda? ternyata website tersebut yaitu resmi milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( kemendikbud) yang dikelola oleh TIM e-Rapor Sekolah Menengan Atas Direktorat Pembinaan SMA.
Di Halaman website gerbangkurikulum.psma.kemdikbud.go.id saya membaca postingan yang berjudul "RELEASE E-RAPOR VERSI 2018". pada artikel tersebut dijelaskan wacana Aplikasi e rapor sma yang diperuntukkan bagi Sekolah Menengan Atas bukan Sekolah Menengah kejuruan yang melaksanakan Sistem Kurikulum 2013. Aplikasi ini juga sudah di perbarui sesuai dengan revisi K13 terbaru tahun 2017.
Bagi bapak dan ibu guru yang berminat untuk memakai aplikasi e raport Sekolah Menengan Atas ini wajib membaca panduan penggunaan e-rapor Sekolah Menengan Atas semoga nantinya aplikasi ini sanggup berjalan dengan lancar di perangkat komputer anda. oleh alasannya yaitu itu pada postingan kali ini telah saya rangkum beberapa point penting dalam "panduan e rapor sma" yang sanggup bapak dan ibu baca melalui goresan pena di bawah
Adapun ada baiknya terlebih dahulu anda membaca 29 (dua puluh sembilan) pembaharuan aplikasi e rapor Sekolah Menengan Atas versi 2018 di bawah ini!
- Penambahan fitur Aplikasi untuk sekolah penyelenggara SKS
- Penambahan semester ke pada setiap inputan nilai mata pelajaran
- Penambahan bidang mata pelajaran pada Kompetensi Dasar
- Menghilangkan Aspek Perencanaan Penilaian
- Penambahan fitur pembuatan interval predikat secara otomatis menurut data KKM
- Penambahan Fitur Kelas Ekstrakurikuler menurut inputan data dapodik
- Penambahan fitur validasi sistem pada login pengguna
- Penambahan fitur mapping mata pelajaran untuk tampilan cetak erapor
- Penambahan fitur download pengolahan nilai mata pelajaran
- Penambahan fitur aktivasi input nilai selesai bila login sebelum semester aktif
- Penambahan fitur SKS untuk guru, wali, guru BK dan siswa
- Penambahan fitur migrasi data erapor V.2017.2** ke Aplikasi erapor V.2018
- Penambahan fitur cek nilai ektra dan nilai perilaku yang sudah terkirim ke dapodik.
- Perubahan struktur Database erapor
- Perubahan paket instalasi aplikasi erapor
- Perubahan alur input data nilai ekstrakurikuler
- Perubahan alur dan metode pengambilan data user aplikasi
- Perubahan tampilan login aplikasi erapor
- Perbaikan dan Penambahan validasi sistem security aplikasi
- Perbaikan roole pengambilan data dapodik sesuai perkembangan aplikasi dapodik terbaru
- Perubahan dan penambahan field pada database mengikuti perkembangan database dapodik terbaru
- Perbaikan fitur format import data dan nilai erapor
- Perbaikan fitur pada sistem pengolahan nilai mata pelajaran
- Perbaikan fitur dan validasi kirim nilai dan proses deskripsi oleh guru mapel
- Perbaikan fitur proses deskripsi perilaku oleh wali kelas
- Perbaikan bug aplikasi versi 2017.2.
- Perbaikan alur entri nilai perilaku oleh guru BK
- Perubahan alur input data dan nilai mata pelajaran pelengkap
- Perbaikan alur proses sinkronisasi nilai ke dapodik
1. PANDUAN APLIKASI E RAPOR Sekolah Menengan Atas VERSI 2018
Panduan aplikasi erapor sma ini kami bagikan semoga para penggunanya tahu syarat-syarat semoga komputer anda sanggup menjalankan aplikasi e -raport sma versi 2018 ini.Untuk lebih jelasnya download file lengkap pdf nya DI LINK BERIKUT. Atau Baca panduan dibawah
SYARAT BERJALANNYA SISTEMA. Instalasi Aplikasi
1. Syarat Teknis Server
Untuk mendukung instalasi e-Rapor Sekolah Menengan Atas versi 2018 dibutuhkan server atau komputer yang difungsikan sebagai server dengan spesifikasi minimal:
a. Prosesor setara dual core.
b. OS windows XP/7/ 8/ 10, (32/64 bit) disarankan windows 7 ke atas atau win server 2012.
c. RAM minimal 2 GB, disarankan 4 GB.
d. Ruang kosong pada drive C minimal 500 MB.
1. Langkah Persiapan
Agar instalasi sanggup berjalan dengan baik, beberapa hal yang harus dipersiapkan antara lain:
a. Server atau computer yang difungsikan sebagai server harus terinstal aplikasi Dapodik versi 2018
b. Non aktifkan windows firewall. c. Nonaktifkan anti virus yang terpasang pada server atau komputer.
ALUR PROSES DATA E-RAPORPerlu diketahui bahwa aplikasi e rapor versi 2018 ini Data Masternya diambil dari Aplikasi dapodik, selanjutnya Nilai Akhir dikirim ke Aplikasi dapodik. adapun nilai yang dimaksud yaitu Data Nilai Dapodik Nilai Mapel, Nilai Sikap, Nilai Ekstra, Nilai US/USBN. Jelasnya lihat penampakkan alur berikut ini
KONFIGURASI JARINGAN E-RAPOR,
Untuk mempermudah mengerjakan e rapr apabila jumlah siswanya banyak maka sanggup dikerjakan oleh banyak komputer dengan syarat ada 1 komputer server, sanggup memakai jaringan LAN, Adhoc, atau sanggup memakai dukungan modem android (IP adress). Untuk panduan lengkapnya silahkan pelajari lebih lanjut wacana Cara Mengerjakan Aplikasi E-rapor Sekolah Menengan Atas Dengan Banyak Komputer
Bagaimana cara instalasi aplikasi e rapor sma versi 2018? jawabannya Sangat mudah, anda hanya perlu mendownload aplikasi ini di link resmi yang sudah admi bagikan pada awal postingan atau pribadi menuju ke link berikut: http://gerbangkurikulum.psma.kemdikbud.go.id/e-rapor/. berikutnya anda klik kanan aplikasi e rapor kemudian pilih "run as administrator", Jelasnya lihat petunjuk gambar dibawah
Berikut kami bagikan cara mengerjakan Aplikasi e-rapor Sekolah Menengan Atas Versi 2018 oleh operator Dapodik.
Pertama silahakn Login sebagai Admin kemudian lakukan hal hal berikut:
1. Ambil data-data dari Dapodik.
2. Ambil Data eRapor V.2017.2 (Khusus bagi yang sudah memakai erapor V.2017 pada tahun sebelumnya)
3. Generate data user melalui sajian Data User.
4. Ubah Password Admin.
5. Ringkas Nama Mata Pelajaran
6. Mapping Mapel Rapor.
7. Input KKM Mata Pelajaran
8. Input dan Cetak KRS (Khusus Penyelenggara SKS)
9. Input Tanggal Rapor
10. Mencetak Leger, Rapor dan KHS sehabis semua nilai lengkap dikirim oleh guru mapel dan wali kelas.
11. Sinkron Nilai ke Dapodik.
12. Backup Data e-Rapor
selanjutnya melaksanakan persiapan data oleh admin, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan.
1. Akses localhost:5789 atau buka aplikasi melalui shortcut aplikasi di deskstop
2. Buka aplikasi dengan user: admin , password: admin123456 , level : admin , semester: 2017/2018 ganjil
3. Bagi sekolah yang sudah memakai erapor usang (V.2017.2) dan telah diisi data lengkap, maka akan muncul sajian “Ambil Data eRapor V.2017.2”
4. Silahkan lakukan migrasi data erapor V.2017.2 ke erapor V.2018 melalui sajian “mbil Data eRapor V.2017.2”
a) Proses migrasi data eRapor V.2017.2 ke V.2018 memerlukan waktu yang cukup lama, bergantung pada jumlah data yang telah diisi pada erapor V.2017.2
b) Jika selama proses migrasi data terjadi error atau macet, silahkan lakukan refresh browser.
c) Jangan pernah melaksanakan restore data erapor 2017 ke erapor v.2018, alasannya yaitu sanggup menjadikan aplikasi error dan tidak sanggup dibuka kembali.
Adapun Untuk Melakukan migrasi eRapor V.2017 ke eRapor V.2018 dilakukan dengan cara klik sajian “Ambil Data eRapor V.2017.2” (menu ini muncul ketika system mendeteksi ada data erapor V.2017.2 di komputer)
Ambil data dari Dapodik dengan cara pilih sajian “Ambil Data Dapodik” Pastikan bahwa semua data dapodik sudah benar, serta lakukan sinkron/pengambilan data dapodik pada halaman ini setiap kali melaksanakan perbaikan data dapodik. Hal ini dibutuhkan semoga data rujukan di e-Rapor selalu sama dengan data yang dikirim ke Dapodik.
Generalisasi data user perlu dilakukan untuk menunjukkan saluran kepada guru mapel, wali kelas, guru BK dan penerima didik ke aplikasi e-Rapor V.2018. Klik Menu Data User kemudian Klik Generate Data User . Maka akan di generate user dengan password default 123456
Untuk Guru Mapel yang ber NIP.
Username : NIP Guru
Password : 123456
Untuk guru yang belum ber NIP.
Username : Nama Guru (nama guru tanpa spasi dan karakter khusus abjad kecil semua, maksimal 18 karakter)
Password : 123456
Untuk Wali Kelas.
Username : Nama Rombel – Kode Semester (huruf kecil semua, tanpa spasi) (Contoh : xmipa120161)
Password : 123456
Untuk Guru BK yang telah ber NIP.
Username : BKNIPGuru (Misal: bk196807171991031008)
Password : 123456
Untuk Guru BK yang belum ber NIP.
Username : BKNAMA (missal : bkrahmadnisupanji)
Password : 123456
Untuk Peserta Didik.
Username : NISN (missal :00234676)
Password : 123456
Setelah berhasil mengambil data dari dapodik, selanjutnya yang rekan-rekan harus lakukan adalah..meringkas nama mata pelajaran. ibarat berikut
Untuk keperluan tertentu (Header Leger dan Grafik Nilai) maka perlu dibentuk Ringkasan nama Mata Pelajaran dengan langkah sebagai berikut :
1. Klik Referensi Dapodik > Data Mata Pelajaran
2. Klik Edit pada maple yang akan diedit
3. Isi Ringkasan Mapel (Maksimal 10 karakter) 4. Klik Simpan
Berikutnya data kkm dan predikat kurikulum 2013.
Mapping Mata Pelajaran Pilih sajian “ Data Referensi Lokal >>Mapping Mapel K2013 atau Mapping Mapel K2006”,
Pada jendela Mapping Mapel, Pilih Kurikulum,
Isikan Nama mapel pada Rapor, kelompok Mapel dan nomor Urut Mapel tersebut pada Rapor, selanjutnya klik tombol simpan
Untuk Menambah KKM Mata Pelajaran Pilih sajian “ Data Referensi Lokal >>Data KKM Mata Pelajaran”,
KKM ditentukan untuk setiap Mata Pelajaran Per Tingkat Kelas Per Jurusan/ Program
Untuk Interval Predikat, otomatis akan dibentuk dengan batas-batas interval mengikuti juknis evaluasi yaitu : (100-KKM) /3
Selain itu KKM juga sanggup di import dengan mengisi format import yang sanggup di download di sajian impot KKM mata pelajaran.
Langkahnya : 1. Download format import KKM.
2. Isikan data KKM per mapel per Tingkat per Peminatan, kemudian simpan dlm format xls 97-2003
3. Import KKM dengan mengupload KKM melalui sajian import KKM, kemudian simpan
Input KRS. (Khusus SKS) Input KRS dilakukan oleh pembimbing akademik dari hasil konsultasi siswa dengan pembimbing akademik serta rekomendasi dari guru mata pelajaran.
Kegiatan ini dilakukan pada awal semester dan ketika siswa telah merampungkan beban berguru pada semester yang bersangkutan, untuk mengambil beban berguru pada semester berikutnya.
Cetak KRS dilakukan untuk setiap siswa. Cetak KRS sanggup dilakukan oleh Admin, maupun Wali/PA
KHS yaitu Kartu Hasil Studi yang merupakan hasil pengolahan nilai pengetahuan dan Keterampilan untuk beberapa KD yang diambil pada semester berikutnya, namun belum tuntas untuk seluruh KD dan Seluruh Mapel sehingga belum sanggup dicetak sebagai nilai rapor
Untuk mengetahui jumlah KD yang menjadi beban berguru Siswa serta jumlah KD yang telah berhasil dituntaskan, sanggup dilihat melalui sajian Ketuntasan KD
berikutnya Cek Nilai Semester per Mata Pelajaran, Cek Rekap Kehadiran Peserta Didik dan Lihat Grafik Nilai Siswa ibarat beriktu
Sinkron Nilai Ke Dapodik Proses ini dilakukan bila semua nilai rapor sudah tercetak dan tidak lagi terdapat perubahan nilai
Cek Nilai Dapodik Untuk mengecek nilai yang sudah terkirim ke Dapodik (baik Nilai Pengetahuan, Keterampilan, Sikap maupun Nilai Ekstra) sanggup dilakukan melalui sajian Cek Data Nilai Dapodik
Backup data dimaksudkan untuk menyimpan data cadangan dalam rangka mengantisipasi kehilangan data jawaban satu dan lain hal.
File backup erapor akan tersimpan secara otomatis di dalam folder : C:\backup_restore_erapor\ba ckup dengan nama “backup_erapor2018.bcps”. Selanjutnya kopikan file tersebut di daerah lain misal drive D atau daerah penyimpanan eksternal lainnya
Wewenang dan Tugas GuruGuru dalam hubungannya dengan e-Rapor, mempunyai wewenang dan kiprah sebagai berikut: Mengubah password sendiri.
Mapping KD dan menciptakan ringkasan Deskripsi Kompetensi Dasar.
Menginput nilai pengetahuan, ketrampilan, perilaku spiritual, dan perilaku sosial.
Menginput deskripsi nilai.
Mengirim nilai akhir.
Mapping KD, Verifikasi data Kompetensi Dasar dan meringkas KD,
Pilih sajian “Data Kompetensi Dasar” >> Pilih Mata Pelajaran, cek Kompetensi Dasar.
Untuk mapping KD dan mempermudah proses deskripsi dalam pencetakan rapot maka Kompetensi dasar perlu disingkat dan KD perlu dipetakan per semester.
Pada KD pilih sajian edit, Isikan Semester KD tersebut, isi Ringkasan KD, kemudian SIMPAN
input Nilai Pengetahuan Input nilai pengetahuan dilakukan pada setiap KD sesuai dengan urutan evaluasi yang dilakukan
Input nilai Sikap Spiritual dilakukan pada selesai semester untuk setiap butir perilaku spiritual sesuai jurnal pengamatan yang dilakukan selama 1 semester.
Input nilai Sikap Sosial dilakukan pada selesai semester untuk setiap butir perilaku sosial sesuai jurnal pengamatan yang dilakukan selama 1 semester.
Setelah seluruh KD dalam 1 semester selesai dilakukan evaluasi baik untuk Aspek Pengetahuan maupun Keterampilan, maka guru wajib menciptakan deskripsi ketercapaian kompetensi pada tiap selesai semester yang nantinya akan ditampilkan pada Rapor.
Langkah proses deskripsi yaitu sebagai berikut :
1. Klik sajian Proses Deskripsi Siswa
2. Pilih kelas, maple, sub bidang dan semester ke
3. Pastikan bahwa Deskripsi yang dihasilkan kurang dari 200 karakter. Jika melebihi 200 karakter maka akan berwarna merah dan ini tidak sanggup disimpan. Bila Deskripsi melebihi 200 karakter, silahkan diedit satu per satu atau dengan memperbaiki ringkasan Kompetensi Pada Kompetensi Dasar.
4. Jika semua deskripsi sudah sesuai dan kurang dari 200 karakter, Klik Simpan
Jika proses input nilai pengetahuan, keterampilan, perilaku spiritual maupun perilaku sosial sudah selesai dilakukan, maka guru mata pelajaran melaksanakan pengiriman nilai selesai dengan langkah sebagai berikut:
1. Pilih sajian “Kirim Nilai Akhir>>Kirim Nilai Akhir”
2. Pilih kelas, mata pelajaran, sub bidang maple dan semester ke.
3. Klik tombol “Kirim Nilai Akhir”
Wewenang dan Tugas Wali Kelas / PA
Wali kelas / Pembimbing Akademik (PA) dalam hubungannya dengan e-Rapor, mempunyai wewenang dan kiprah sebagai berikut:
1. Mengubah password sendiri.
2. Edit Data Siswa (khususnya data yang tidak tersedia di dapodik)
3. Input dan Cetak KRS (Khusus Penyelenggara SKS)
4. Input Kehadiran, Nilai Ekstra, Prestasi Siswa, Catatan Wali dan Proses Deskripsi Sikap Siswa
5. Cetak Rapor
Untuk login sebagai wali kelas, guru harus mengkases e-Rapor melalui web browser, dengan alamat url yang diberikan oleh admin
1. Input kehadiran penerima didik
Untuk input kehadiran siswa langkahnya :
1. Klik sajian input kehadiran
2. Pilih kelas dan semester
3. Isikan jumlah absensi siswa selama 1 semester
4. Klik Simpan
Untuk input nilai ekstra kurikuler, langkahnya :
1. Klik sajian input nilai ekstra kurikuler
2. Pilih kelas dan semester
3. Klik tambah Nilai Ektrakurikuler (Pastikan bahwa data penerima ekstra sudah diisi lengkap di aplikasi dapodik)
4. Isikan Nilai dan Deskripsi ekstra kurikuler yang dimiliki siswa.
Jika siswa mempunyai prestasi, silahkan input prestasi yang dimiliki dengan langkah sebagai berikut :
1. Klik sajian input prestasi
2. Pilih kelas dan semester
3. Klik tambah Prestassi Siswa
4. Pilih Nama siswa, Jenis Prestasi dan Isikan Deskripsi Prestasi pada kolom keterangan
Catatan wali kelas yang dimaksud yaitu catatan wali kelas yang berisi catatan wacana perkembangan sikap, minat dan talenta siswa serta saran-saran bagi penerima didik untuk diperhatikan. Dalam hal ini, wali kelas sanggup mempertimbangkan masukan dari guru Bimbingan dan Konseling (BK)
Proses deskripsi perilaku merupakan rangkuman deskripsi dari nilai perilaku spiritual dan perilaku sosial yang telah diinput oleh guru mata pelajaran dan bimbingan konseling (BK). Aplikasi secara otomatis akan melaksanakan deskripsi tersebut. Namun demikian wali kelas sanggup mengedit bila dirasakan perlu untuk melakukannya
Jika klarifikasi diatas kurang lengkap, silahkan DOWNLOAD PANDUAN E-RAPOR Sekolah Menengan Atas 2018 MELALUI LINK BERIKUT. sEMOGA BERMANFAAT
EmoticonEmoticon