Mata pelajaran Prakarya merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting bagi siswa di sekolah. Maka dari itu tidak jarang kalau para guru memakai media pembelajaran di dalam mentransformasikan atau memberikan pelajaran ini.
Nah, dalam artikel kali ini kami akan menunjukkan isu perihal media pembelajaran Prakarya , Hal tersebut sebagai penunjang keberhasilan penyampaian bahan yang akan disamapaikan kepada penerima didik, mengingat demikian luasnya kajian perihal fenomena-fenomena permukaan bumi yang harus dipelajari dalam Prakarya ini. Maka untuk menjelaskan bahan pada kompetensi dasar tertentu, diharapkan sebuah media pembelajaran yang tepat.
Adapun penggunaan media yang sempurna dan baik dalam pembelajaran Prakarya ini diharapkan sanggup membangkitkan motivasi berguru siswa dan bisa mendorong siswa untuk memahami pelajaran ini. Selain itu, media pembelajaran yang akan digunakan nanti juga difungsikan sebagai alat komunikasi dalam memberikan pesan (materi pembelajaran) yang lebih konkret. Sehingga bisa dipahami oleh siswa. Nah, maka dari itu media pembelajaran ini harus yang kontekstual, inovatif, dan menarik.
Dewasa ini di kurun perkembangan Iptek yang begitu pesatnya, profesionalisme guru tidak cukup hanya dengan kemampuan menunjukkan pelajaran bagi siswa saja, akan tetapi juga harus bisa mengelola isu dan lingkungan untuk memfasilitasi acara berguru siswa. Konsep lingkungan mencakup daerah belajar, metode, media, sistem penilaian, serta sarana dan prasarana yang diharapkan untuk mengemas pembelajaran dan mengatur bimbingan berguru sehingga memudahkan siswa belajar.
Karena kalau kita lihat, dampak dari perkembangan Iptek terhadap proses pembelajaran, ialah sanggup diperkaya melalui sumber dan media pembelajaran, ibarat buku teks, modul, overhead transparansi, film, video, televisi, slide, hypertext, web, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, guru dituntut untuk bisa menunjukkan hal-hal yang inovatif dalam memberikan mata pelajaran Prakarya ini. Media sebagai alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses berguru mengajar nanti.
Berdasarkan pernyataan tersebut, sanggup disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan bab yang tidak sanggup terpisahkan dari proses berguru mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran di sekolah pada khususnya. Maka dari itu, juga diperlukannya taktik gres yang lebih kreatif, inovatif sehingga sanggup merangsanga penerima didik dalam membuatkan dan mememahami konteks pembelajaranya tersebut. Dalam pemilihan media pembelajarannya pun juga harus selektif khususnya pembelajaran Prakarya.
Media pembelajaran Prakarya harus diubahsuaikan dengan bahan pelajarannya, mengingat pelajaran Prakarya sangat luas yang terdiri dari konsep abnormal dan konsep konkret. Sehingga pemilihan dan pemilahan dalam menentukan media yang akan disajikan menjadi penting untuk diperhatikan oleh semua guru. selanjutnya silahkan ...
Demikian isu perihal media pembelajaran Prakarya yang sanggup kami sampaikan kepada Anda semuanya, biar sanggup memberikanr rujukan yang konkrit.
EmoticonEmoticon