Nih Pola Format Evaluasi Perilaku Sosial Kritis Kurikulum 2013

Share:

Sahabat guru indonesia - Sikap Kritis Siswa pada Kurikulum 2013 menjadi bab penting dalam penilaian, kalau pada sebelumnya sikap analitik pada sikap sosial siswa maka melanjutkan wacana format evaluasi sikap kritis siswa, sikap kritis siswa yang menjadi bab evaluasi Kurikulum 2013 dari guru ialah sebagai berikut:

1. Suka Bertanya
2. Suka Mengamati
3. Tidak Puas Dengan Jawaban yang meragukan
4. Berani menanggapi balasan teman.

Secara konvensional kita ketahu sikap kritis Siswa ini adakala kita tanggap jadi rasa ketersinggungan bagi seorang guru alasannya ialah daya pikirnya tajam, namun kalau batasan ke kritisan siswa tersebut pada ranah positif, patutlah kita berbangga sebagai gurunya.

Berikut pola format Penilaian Sikap Sosial Kritis Kurikulum 2013 yang kami maksud



PENILAIAN  SIKAP  SOSIAL
K R I T I S
-----------------------------------------------------------------------------

A.      Teknik Penilaian          : Observasi dan Penilaian Diri
B.      Bentuk Instrumen       : Lembar Observasi dan Lembar Penilaian Diri
C.      Kisi-kisi                        :

Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir

SIKAP KRITIS
Suka bertanya
1
Suka mengamati
1
Tidak puas dengan balasan yang meragukan
1
Berani menanggapi balasan teman
1

Jumlah
4

LAMPIRAN  :

            INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL ( LEMBAR OBSERVASI )

A.      Petunjuk Umum
1.      Instrumen evaluasi sikap sosial ini berupa Lembar Observasi
2.      Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar.
3.      Yang dinilai akseptor didik

B.      Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan anda selama dua ahad terakhir, nilailah sikap setiap akseptor didik dengan memberi skor 4, 3, 2 atau 1 pada lembar observasi, dengan ketentuan sebagai berikut :

4 = apabila SELALU melaksanakan sikap yang diamati
3 = apabila SERING melaksanakan sikap yang diamati
2 = apabila KADANG-KADANG melaksanakan sikap yang diamati
1        = apabila TIDAK PERNAH melaksanakan sikap yang diamati


A.      Lembar Observasi

Kelas                                              : VIII –
Semester                                       : Ganjil
Tahun Pelajaran                            : 2014/2015
Periode pengamatan                    : Tanggal ...... s/d ......
Butir Nilai                                      : Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
                                                        konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
                                                        responsif dan tidak gampang menyerah
                                                        dalam memecahkan masalah.
Indikator Sikap                              :
1.      Mengajukan pertanyaan pada waktu pembelajaran berlangsung
2.      Mengamati bahan yang diajarkan
3.      Tidak puas dengan balasan yang meragukan
4.      Berani menanggapi balasan teman

Download formatnya disini

Advertisement
 
Advertisement
 


EmoticonEmoticon