Nih Prediksi Soal Ukg 2017 Kelas Tinggi Sd

Share:

Pada postingan kali ini akan kami bagikan latihan soal-soal UKG atau UTN Untuk SD kelas tinggi terbaru tahun 2017. Adapun soal dan latihan ini telah diadaptasi dengan kisi kisi UTN tahun 2017. Kami berharap bapak dan ibu guru yang akan mengikuti acara PLPG 2017 bisa sedikit terbantu dengan adanya soal-soal latihan UKG ini. Tentunya khusus untuk guru SD saja, sedangkan untuk SMP, Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan silahkan download eksklusif soalnya melalui blog ini alasannya sudah kami upload.

Berikut yakni prediksi soal latihan UKG PLPG 2017 yang bisa kami bagikan file nya melalui tautan yang disematkan dibawah dan juga kami tuliskan langsung.

prediksi soal ukg 2017 kelas tinggi sd - DOWNLOAD DISINI
GAMBAR prediksi soal ukg 2017 kelas tinggi sd

PILIHLAH DENGAN JAWABAN YANG BENAR DENGAN MEMBERI TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C, ATAU D!

1) Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum sanggup berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap ...

A. Tahap sensorimotorik
B. Tahap praoperasional
C. Tahap operasional konkrit
D. Tahap operasional konkrit

2) Seorang anak dengan kemampuan memakai kata secara efektif baik verbal (pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi atau suara bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan mudah bahasa) berdasarkan Howard Gardner anak tersebut mempunyai kecerdasan ...

A. Kecerdasan Bahasa (linguistic)
B. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
C. Kecerdasan Ruang (spatial)
D. Kecerdasan Gerak Tubuh

3) Untuk mengetahui kemampuan awal penerima didik, seorang pendidik sanggup melaksanakan ...

A. pengayaan materi pelajaran
B. refleksi
C. latar belakang penerima didik
D. tes awal (pre-test)

4) Dalam mengidentifikasi masalah kesulitan berguru sanggup dilakukan dengan metode criterion referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced yakni ...

A. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang sanggup diterima, contohnya 5,0 atau 6,0.
B. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut. Secara teoritis, mereka yang angka nilai prestasinya berada di bawah lulus sudah sanggup diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar.
C. Menganalisis kemampuan penerima didik
D. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan berguru serta mencari siswa yang mengalami tanda-tanda terparah ( yang nilainya jauh dibawah siswa penderita kesulitan berguru lainnya )

5) Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori berguru dan prinsip prinsip pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus ...

A. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal
B. Menerapkan banyak sekali pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
C. Menggunakan taktik pembelajaran
D. Hanya memakai teknik pembelajaran

6) Salah satu unsur taktik pembelajaran yakni Mengidentifikasi dan memutuskan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003) Penerapan dari unsur taktik di atas dalam konteks pembelajaran yakni ...

A. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil sikap dan pribadi penerima didik.
B. Mempertimbangkan dan menentukan sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif.
C. Mempertimbangkan dan memutuskan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran.
D. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan

7) Yang ditekankan di dalam taktik pembelajaran interaktif adalah...

A. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri
B. diskusi dan sharing diantara penerima didik
C. pembelajaran didominasi instruksi dari guru
D. proses penyampaian materi secara verbal

8) Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan memutuskan SKL berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan antara lain ……

A. Tantangan internal dan Eksternal
B. Responsibility
C. Reinforced
D. Enriched

9) Kurikulum 2013, proses pembelajaran memakai pendekatan saintifik, Artinya yaitu ……..

A. kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga sanggup membantu siswa untuk , sanggup membuatkan setiap potensi yang dimilikinya
B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus dimiliki oleh siswa
C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih bisa dalam mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan
D. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran

10) Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilakukan dengan melibatkan pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :

A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu

11) Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa penerima didik mempunyai posisi sentral untuk membuatkan kompetensinya semoga menjadi insan yang beriman dan berakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif, berdikari dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum ……….

A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu

12) Upaya guru dalam memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman berguru yang telah dialami yang paling optimal yakni dengan cara ……..

A. Guru memperlihatkan tes atau pekerjaan rumah setiap selesai pelajaran
B. Guru memakai pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuransaat pembelajaran berlangsung
C. Guru mewawancarai tiap siswa wacana capaian atau duduk kasus berguru yang dihadapi siswa dalam belajar
D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam berguru

13) Upaya merancang pengayaan bagi penerima didik yang mencapai ketuntasan berguru optimal tampak dalam acara guru sebagai berikut ……………

A. Memberikan perhiasan materi berupa sumber didik dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan tes perhiasan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. Memberikan perhiasan sumber baaan perhiasan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai
D. Memberikan perhiasan materi berupa sumber didik dari penerbit yang berbeda

14) Yang di maksud dengan penilaian adalah

A. Pengumpulan dan pengolahan warta untuk mengukur pencapaian hasil berguru penerima didik.
B. Proses yang di lakukan untuk mengambil keputusan berdasaarkan evaluasi.
C. Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.
D. Proses interaksi antara penerima didik dan pendidik

15) Bentuk penilaian yang menghendaki penerima didik menampilkan sikap memakai pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan kiprah di sebut penilaian

A. Pre test
B. post test
C. Autentik
D. Non Autentik

16) Pendidik melaksanakan penilaian kompetensi sikap melalui observasi penilaian diri, penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh penerima didik. Adapun instrumen yang di gunakan dalam penilaian tersebut yakni :

A. Skala penilaian (rating scole)
B. rubrik
C. jurnal
D. Soal tes

17) Lingkup penilaian hasil berguru meliputi kompetensi beberapa kompetensi yaitu;

A. kompetensi spiritual, kompetensi sikap.
B. kompetensi inti, kompetensi dasar
C. kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi keterampilan, kompetensi pengetahuan.
D. kompetensi sikap sosial

18) Aspek yang di nilai dalam pembelajaran matetamatika sebagai berikut kecuali ;

A. Pemahaman konsep
B. Menggunakan grafik
C. melaksanakan prosedur
D. pemecahan duduk kasus dan sikap

19) Konsep menyodorkan banyak sekali situasi kepada siswa dan mendorong siswa untuk menyelidiki, mencari jawabannya yakni konsep dan strategi.....

A. Juscovery learning
B. Induktif learning
C. Inquiry learning
D. Cooperatif learning

20) Guru memebentuk kelompok kelompok berguru dan memeberikan kiprah kepada tiap kelompok . Setiap anggota dari suatu kelompok memperlihatkan kiprah dan fungsi tertentu sehingga jikalau salah satu tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersbut tidak sanggup di selesaikan . karakteristik dari taktik pembelajaran tersebu yakni ;

A. Tugas kelompok
B. Diskusi kelompok kecil
C. Pengajaran eksklusif (direct teaching)
D. berguru kooperatf (cooperatf learning)

21) Teknologi warta dan komunikasi dalam pembelajaran mempunyai tiga fungsi utama yang di gunakan dalam acara pembelajaran kecuali

A. Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
B. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
C. Teknologi sebagai materi dann alat bantu pembelajaran (literacy)
D. Teknologi sebagai alat pengembangan produk LAtihan Soal ukg 2017 kelas tinggi sd - DOWNLOAD DISINI

Demikian share prediksi soal ukg 2017 kelas tinggi sd. Untuk kelas rendah akan kami bagikan pada postingan berikutnya. Semoga bermanfaat

Advertisement
 
Advertisement
 


EmoticonEmoticon