Sahabat guru, ki dan kd kurikulum 2013 smp revisi 2017 PKN ini yang paling gres untuk Semester 1 & 2 tahun pelajaran 2018/2019. Selain itu Sudah kami sesuaikan dengan lampiran 34 Permendikbud nomor 24 tahun 2016 (Download Disini).
Pada evaluasi kurikulum 2013 revisi 2017, terlebih dahulu guru mata pelajaran PKN harus menciptakan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). jelasnya dapat anda download dibawah ini
- Kompetensi Inti 1 (Sikap Spiritual) Pkn Doc - COMOT DISINI
- Kompetensi Inti 2 (Sikap Sosial) Pkn Doc - COMOT DISINI
- Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) Pkn Doc - COMOT DISINI
- Kompetensi Inti 4 (Keterampilan) Pkn Doc - COMOT DISINI
1. Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya.
KOMPETENSI DASAR1.1. bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semangat dan akad para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Dasar Negara Pancasila
1.2. menghargai norma-norma keadilan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
1.3. menghargai nilai kesejarahan perumusan dan pengukuhan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman
1.4. menghormati keberagaman norma-norma, suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai sesama ciptaan Tuhan
1.5. mensyukuri makna kolaborasi dalam banyak sekali bidang kehidupan di masyarakat
1.6. Menghargai karakteristik kawasan tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KOMPETENSI DASAR2.1. membuatkan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen sebagai warga negara indonesia sepeti yang diteladankan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
2.2. mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
2.3. membuatkan sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengukuhan UUD Republik Indonesia Tahun 1945
2.4. menghargai keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.5. mendukung bentuk-bentuk kolaborasi dalam banyak sekali bidang kehidupan di masyarakat
2.6. bersikap antusias terhadap persatuan dan kesatuan dengan mempertimbangkan karakteristik kawasan tempat tinggalnya
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, Teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata.
KOMPETENSI DASAR3.1. menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
3.2. memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
3.3. menganalisis kesejarahan perumusan dan pengukuhan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.4. mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras dan antargolognan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.5. menganalisis bentuk-bentuk kolaborasi dalam banyak sekali bidang kehidupan di masyarakat
3.6. mengasosiasikan karakteristik kawasan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI DASAR4.1. menyaji hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
4.2. mengampanyekan sikap sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan
4.3. menjelaskan proses kesejarahan perumusan dan pengukuhan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.4. mendemonstrasikan hasil identifikasi suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.5. menunjukkan bentuk-bentuk kolaborasi di pelbagai bidang kehidupan masyarakat
4.6. melakukan penelitian sederhana untuk mengilustrasikan karakteristik kawasan tempat tinggalnya sebagai bab utuh dari Negara Kesatuan Republik Indonesia menurut rancangan yang telah dibuat
Semoga ki dan kd pkn smp kurikulum 2013 pdf diatas bermanfaat.
EmoticonEmoticon