Hai, para pejuang bahasa inggris! Alhamdulillah, hingga hingga dikala ini kami masih bisa memperlihatkan informasi mengenai RPP Bahasa Inggris Kelas 7 K13 revisi 2017 semester 2. Kita semua niscaya sudah mengetahui bahwa komponen dalam RPP sangatlah mendukung untuk kesuksesan dan kelancaran ngajar-mengajar untuk seorang guru. Oleh sebab itu, kami akan menyebarkan sesuai tema yaitu pembuatan RPP kurikulum 2013 harus benar-benr kreatif dan inovatif.
Sebagai materi referensi untuk Anda, kami akan membagikan RPP Bahasa Inggris kelas 7 K13 revisi 2017 semester 2 yang telah disusun menurut permendikbud nomor 22 tahun 2016.
1. Kegiatan Pendahuluan
· Orientasi
· Motivasi
· Aperpepsi
· Pemberi Acuan
· Motivasi
2. Kegiatan Pembelajaran
· Kegiatan Literasi
· Berpikir Kritik
· Kreativitas
· Berkomunikasi
Dan materi yang terdapat pada buku Bahasa Inggris kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017 semester 2 yang dijadikan sumber atau pembuatan RPP sebagai berikut :
- Good morning. How are you?
- This is me
- What time is it?
- This is My World
- It’s a beautiful day!
- We love what we do.
- I’m Proud of Indonesia
- That’s what friends are supposed to do
| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Sekolah : SMPN 9 Tanjng Enim
Mata Pelajaran : BahasaInggris
Kelas/Semester : VII / Genap
Judul Bab : I’m Proud of Indonesia
Materi Pokok : Memberi dan meminta informasi terkait deskripsi orang, binatang, dan benda
Alokasi Waktu : 5Minggu x 4 Jam Pelajaran @40 Menit
A. Kompetensi Inti
· KI1 dan KI2:Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan tempat regional.
· KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan tragedi tampak mata.
· KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abnormal sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.7 membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif verbal dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya | · Mengidentifikasifungsi social dan unsur kebahasaan dari ungkapan menyatakan dan menanyakan tentangdeskripsi orang, binatang, dan benda, pendek dan sederhana, sesuai konteks · Menyebutkan menyatakan dan menanyakan tentangdeskripsi orang, binatang, dan benda, pendek dan sederhana, sesuai konteks · Meresponungkapan menyatakan dan menanyakan tentangdeskripsi orang, binatang, dan benda, pendek dan sederhana, sesuai konteks · Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda |
4.7 teks deskriptif 4.7.1 menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda 4.7.2 menyusun teks deskriptif verbal dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks | · Menyusun teks deskriptif verbal dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks · Menulis teks tulis sederhana tentangdeskripsi orang, binatang, dan benda,pendek dan sederhana sesuai konteks · Menulis teks tulis sederhana tentangorang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. |
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, akseptor didik diperlukan dapat:
• Mengidentifikasifungsi social dan unsur kebahasaan dari ungkapan menyatakan dan menanyakan tentangdeskripsi orang, binatang, dan benda, pendek dan sederhana, sesuai konteks
• Menyebutkan menyatakan dan menanyakan tentangdeskripsi orang, binatang, dan benda, pendek dan sederhana, sesuai konteks
• Meresponungkapan menyatakan dan menanyakan tentangdeskripsi orang, binatang, dan benda, pendek dan sederhana, sesuai konteks
• Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda
• Menyusun teks deskriptif verbal dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
• Menulis teks tulis sederhana tentangdeskripsi orang, binatang, dan benda,pendek dan sederhana sesuai konteks
• Menulis teks tulis sederhana tentangorang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
D. Materi Pembelajaran
Ø Fungsi Sosial
Mendeskripsikan, mengenalkan, memuji, mengidentifikasi, mengkritik.
Ø Struktur Teks
· Identifikasi (nama keseluruhan dan bagian)
· Sifat yang menjadi pencirinya.
· Fungsi, perilaku, manfaat, tindakan, kebiasaan yang menjadi penciri orang, binatang, atau benda yang dibicarakan.
Ø Unsur Kebahasaan
· Kalimat deklaratif (positif dan negatif), dan interogative (Yes/No question; Whquestion), dalam simple present tense.
· Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
· Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan goresan pena tangan.
Ø Topik
Tingkah laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda, yang terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar akseptor didik yang sanggup menumbuhkan sikap yang termuat di KI.
E. Metode Pembelajaran
1) Pendekatan : Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F. Media Pembelajaran
1. Media
v Worksheet atau lembar kerja (siswa)
v Lembar penilaian
2. Alat/Bahan
v Penggaris, spidol, papan tulis
v Laptop & infocus
G. Sumber Belajar
v Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Inggris When English Rings The Bell, Kelas VII, Kemendikbud, Revisi Tahun 2017
v Kamus Bahasa Inggris
v Pengalaman akseptor didik dan guru
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. | Pertemuan Ke-1 (4 x 40 Menit) | ||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |||
Guru : | |||
Orientasi | |||
● | Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran | ||
● | Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin | ||
● | Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. | ||
Aperpepsi | |||
● | Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya | ||
● | Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. | ||
● | Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. | ||
Motivasi | |||
● | Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. | ||
● | Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan wacana materi : | ||
| Fungsi Sosial | ||
| Ø Mendeskripsikan, mengenalkan, memuji, mengidentifikasi, mengkritik. | ||
● | Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung | ||
● | Mengajukan pertanyaan | ||
Pemberian Acuan | |||
● | Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. | ||
● | Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung | ||
● | Pembagian kelompok belajar | ||
● | Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman mencar ilmu sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||
Kegiatan Inti ( 130 Menit ) | |||
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | ||
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Fungsi Sosial dengan cara : | |||
→ | Melihat (tanpa atau dengan Alat) | ||
| Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. | ||
→ | Mengamati | ||
● | Lembar kerja materi Fungsi Sosial | ||
● | Pemberian contoh-contoh materi Fungsi Sosial untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb | ||
→ | Membaca. | ||
| Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan Fungsi Sosial | ||
→ | Menulis | ||
| Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Fungsi Sosial | ||
→ | Mendengar | ||
| Pemberian materi Fungsi Sosial oleh guru. | ||
→ | Menyimak | ||
| Penjelasan pengantar aktivitas secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi : | ||
| Fungsi Sosial | ||
| Ø Mendeskripsikan, mengenalkan, memuji, mengidentifikasi, mengkritik. | ||
| untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | ||
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, misalnya : | |||
→ | Mengajukan pertanyaan wacana materi : | ||
| Fungsi Sosial | ||
| Ø Mendeskripsikan, mengenalkan, memuji, mengidentifikasi, mengkritik. | ||
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi komplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. | |||
Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: | |||
→ | Mengamati obyek/kejadian | ||
| Mengamati dengan seksama materi Fungsi Sosial yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. | ||
→ | Membaca sumber lain selain buku teks | ||
| Secara disiplin melaksanakan aktivitas literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali referensi dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi Fungsi Sosial yang sedang dipelajari. | ||
→ | Aktivitas | ||
| Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari aktivitas mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Fungsi Sosial yang sedang dipelajari. | ||
→ | Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber | ||
| Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Fungsi Sosial yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. | ||
| | ||
COLLABORATION (KERJASAMA) | |||
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: | |||
→ | Mendiskusikan | ||
| Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas rujukan dalam buku paket mengenai materi Fungsi Sosial | ||
→ | Mengumpulkan informasi | ||
| Mencatat semua informasi wacana materi Fungsi Sosial yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. | ||
→ | Mempresentasikan ulang | ||
| Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Fungsi Sosial sesuai dengan pemahamannya. | ||
→ | Saling tukar informasi tentang materi : | ||
| Fungsi Sosial | ||
| Ø Mendeskripsikan, mengenalkan, memuji, mengidentifikasi, mengkritik. | ||
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat. | |||
Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : | |||
→ | Berdiskusi wacana data dari Materi : | ||
| Fungsi Sosial | ||
| Ø Mendeskripsikan, mengenalkan, memuji, mengidentifikasi, mengkritik. | ||
→ | Mengolah informasi dari materi Fungsi Sosial yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan pemberian pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. | ||
→ | Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Fungsi Sosial | ||
Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui aktivitas : | |||
→ | Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan wacana materi : | ||
| Fungsi Sosial | ||
| Ø Mendeskripsikan, mengenalkan, memuji, mengidentifikasi, mengkritik. | ||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara tolong-menolong membahas tanggapan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik. | |||
Generalization (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) | ||
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan | |||
→ | Menyampaikan hasil diskusi wacana materi Fungsi Sosial berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. | ||
→ | Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana materi : | ||
| Fungsi Sosial | ||
| Ø Mendeskripsikan, mengenalkan, memuji, mengidentifikasi, mengkritik. | ||
→ | Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Fungsi Sosial dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. | ||
→ | Bertanya atas presentasi wacana materi Fungsi Sosial yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. | ||
| | ||
CREATIVITY (KREATIVITAS) | |||
→ | Menyimpulkan wacana point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : | ||
| Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana materi : | ||
| Fungsi Sosial | ||
| Ø Mendeskripsikan, mengenalkan, memuji, mengidentifikasi, mengkritik. | ||
→ | Menjawab pertanyaan wacana materi Fungsi Sosial yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. | ||
→ | Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Fungsi Sosial yang akan selesai dipelajari | ||
→ | Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Fungsi Sosial yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | ||
Catatan : Selama pembelajaran Fungsi Sosial berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi dilema tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | |||
Kegiatan Penutup (15 Menit) | |||
Peserta didik : | |||
● | Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran wacana materi Fungsi Sosial yang gres dilakukan. | ||
● | Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Fungsi Sosial yang gres diselesaikan. | ||
● | Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. | ||
Guru : | |||
● | Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai pribadi diperiksa untuk materi pelajaran Fungsi Sosial | ||
● | Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah | ||
● | Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Fungsi Sosial kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. |
Untuk password RAR file rpp bahasa inggris kelas 7 semester 1 silahkan hubungi saya melalui sajian facebook di alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru".
- Download rpp bahasa inggris k13 revisi 2017 semester 1 kelas 7 judul pecahan Good morning. How are you? materi pokok : Menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya - COMOT RPP
- Download rpp bahasa inggris k13 revisi 2017 semester 1 kelas 7 judul pecahan This is me. materi pokok : Memberi dan meminta informasi terkait jati diri - COMOT RPP
- Download rpp bahasa inggris k13 revisi 2017 semester 1 kelas 7 judul pecahan What time is it? materi pokok : Memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun - COMOT RPP
- Download rpp bahasa inggris k13 revisi 2017 semester 1 kelas 7 judul pecahan This is My World. materi pokok : Memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda,dan bangunan publik - COMOT RPP
- Download rpp bahasa inggris k13 revisi 2017 semester 2 kelas 7 judul pecahan It’s a beautiful day! materi pokok : Memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda - COMOT RPP
- Download rpp bahasa inggris k13 revisi 2017 semester 2 kelas 7 judul pecahan We love what we do! materi pokok : Memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda - COMOT RPP
- Download rpp bahasa inggris k13 revisi 2017 semester 2 kelas 7 judul pecahan I’m Proud of Indonesia materi pokok : Memberi dan meminta informasi terkait deskripsi orang, binatang, dan benda - COMOT RPP
- Download rpp bahasa inggris k13 revisi 2017 semester 2 kelas 7 judul pecahan That’s what friends are supposed to do materi pokok : Memberi dan meminta informasi terkait makna lirik lagu - COMOT RPP
Ini yakni serangkaian RPP Bahasa Inggris kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017 semester 2 yang menjadi buku pegangan guru dan siswa. Semoga bermanfaat!
Advertisement
Baca juga:
Advertisement
EmoticonEmoticon