Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tidak pernah luput dari penyampaian sejarah Indoensia kepada siswa. Tentunya pesan dari banyak sekali sejarah tak mungkin bisa tercapai dengan baik jikalau sang guru tidak merancang RPP. Jika pada artikel sebelumnya penulis telah membahas RPP PKN edisi revisi 2017, maka hal yang sama pun berlaku pada mata pelajaran IPS ini, khususnya untuk kelas 8 SMP.
RPP ini menjadi hal yang sangat menantang para guru di masa ‘Kurtilas’ ini. Sebab, siswa harus dituntut untuk lebih berdikari dan kreatif di dalam pembelajaran. Jika Anda bertanya, apa hubungannya dengan RPP? Tentu, keberhasilan pengajaran sangat bergantung pada RPP ini. Sama halnya jikalau diibaratkan dengan mind mapping atau outline, maka RPP ini akan memudahkan guru menyusun seni administrasi keberhasilan mengajar. Dengan RPP sistem mencar ilmu mengajar akan lebih terarah dan efektif.
Untuk mata pelajaran IPS di semester dua, siswa akan mempelajari beberapa belahan diantaranya, budaya di Indonesia, sosial ekonomi dan ASEAN. Dengan mengacu pada Permendikbud, guru diharuskan menciptakan RPP yang memicu siswa memahami dan menghargai bermacam-macam kebudayaan Indonesia untuk turut serta dalam melestarikannya. Kemudian cukup memahami mengenai perekonomian di Indonesia dan mengeal negara-negara ASEAN beserta tujuan terbentuknya organisasi ASEAN.
Hal penting yang tak boleh terlupa bahwa metode diskusi, tanya jawab dan praktik memainkan kiprah menjadi media pembelajaran utama pada mata pelajaran IPS
Berikut admin bagikan pola rpp IPS lengkap semester genap kelas 8 sebagai rujukan bapak dan ibu guru.
| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.3 Menganalisis keunggulan dan keterbatasan ruang dalam undangan dan penawaran serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi acara ekonomi, sosial, dan budaya di Indonesia dan negara-negara ASEAN. | · Memahami keunggulan dan keterbatasan dalam undangan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi. · Memahami undangan dan penawaran dengan penggunaan teknologi untuk pelaku ekonomi · Menjelaskan efek interaksi antaruang terhadap acara ekonomi, social, budaya di indonesia dan asean · Memaparkan pola acara perdagangan antar daerah, antarpulau, dan antarnegara (ekspor-impor). · Menjelaskan banyak sekali upaya pengembangan ekonomi laut dan agrikultur. · Mendeskripsikan alternatif pendistribusian pendapatan negara untuk kesejahteraan masyarakat. |
4.3 Menyajikan hasil analisis perihal keunggulan dan keterbatasan ruang dalam undangan dan penawaran serta teknologi, dan pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi acara ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN | · Menyajikan hasil analisis keunggulan dan kelemahan ruang serta pengaruhnya terhadap interaksi antar daerah, antarpulau, dan antarnegara |
1. | Pertemuan Ke-1 (4 x 40 Menit) |
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |
Guru : | |
Orientasi | |
● | Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran |
● | Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin |
● | Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali acara pembelajaran. |
Aperpepsi | |
● | Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya |
● | Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. |
● | Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. |
Motivasi | |
● | Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. |
● | Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik dibutuhkan sanggup menjelaskan perihal materi : |
| Keunggulan dalam undangan dan penawaran sebagai pelaku ekonomi |
| |
● | Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung |
● | Mengajukan pertanyaan |
Pemberian Acuan | |
● | Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. |
● | Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung |
● | Pembagian kelompok belajar |
● | Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
Catatan : Selama pembelajaran Mengembangkan alternatif pendistribusian pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | |
Kegiatan Penutup (15 Menit) | |
Peserta didik : | |
● | Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran perihal materi Mengembangkan alternatif pendistribusian pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat yang gres dilakukan. |
● | Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Mengembangkan alternatif pendistribusian pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat yang gres diselesaikan. |
● | Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. |
Guru : | |
● | Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai pribadi diperiksa untuk materi pelajaran Mengembangkan alternatif pendistribusian pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat |
● | Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah |
● | Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Mengembangkan alternatif pendistribusian pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. |
No | Nama Siswa | Aspek Perilaku yang Dinilai | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | |||
BS | JJ | TJ | DS | |||||
1 | … | 75 | 75 | 50 | 75 | 275 | 68,75 | C |
2 | … | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. | 50 | | 250 | 62,50 | C |
2 | Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara. | | 50 | |||
3 | Saya ikut serta dalam menciptakan kesimpulan hasil diskusi kelompok. | 50 | | |||
4 | ... | 100 | |
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Mau mendapatkan pendapat teman. | 100 | | 450 | 90,00 | SB |
2 | Memberikan solusi terhadap permasalahan. | 100 | | |||
3 | Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. | | 100 | |||
4 | Marah ketika diberi kritik. | 100 | | |||
5 | ... | | 50 |
No | Aspek yang Dinilai | Skala | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | |||
25 | 50 | 75 | 100 | |||||
1 | Intonasi | | | | | | | |
2 | Pelafalan | | | | | |||
3 | Kelancaran | | | | | |||
4 | Ekspresi | | | | | |||
5 | Penampilan | | | | | |||
6 | Gestur | | | | |
No | Aspek yang Dinilai | Sangat Baik (100) | Baik (75) | Kurang Baik (50) | Tidak Baik (25) |
1 | Kesesuaian respon dengan pertanyaan | | | | |
2 | Keserasian pemilihan kata | | | | |
3 | Kesesuaian penggunaan tata bahasa | | | | |
4 | Pelafalan | | | | |
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 | Penguasaan materi diskusi | | | | |
2 | Kemampuan menjawab pertanyaan | | | | |
3 | Kemampuan mengolah kata | | | | |
4 | Kemampuan menuntaskan masalah | | | | |
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 | | | | | |
2 | | | | | |
3 | | | | | |
4 | | | | | |
No | Nama Peserta Didik | Nilai Ulangan | Indikator yang Belum Dikuasai | Bentuk Tindakan Remedial | Nilai Setelah Remedial | Keterangan |
1 | | | | | | |
2 | | | | | | |
3 | | | | | | |
4 | | | | | | |
5 | | | | | | |
6 | | | | | | |
dst | | | | | | |
Untuk mendapatkan password rar file format lengkap rpp ips kelas 8 dibawah ini silahkan kunjungi fb saya di alamat berikut: https://web.facebook.com/perangkatguru
EmoticonEmoticon