RPP ialah kependekan dari rencana pelaksanaan pembelajaran yang dijadikan pola oleh guru sebelum proses mencar ilmu mengajar berlangsung. Kehadiran RPP sangatlah penting, sebab tanpa adanya RPP seorang guru tidak mempunyai pola untuk mengelola keadaan kelas dan materi yang akan disampaikan pada akseptor didik. RPP Pendidikan Agama Islam bagi kelas 4 SD dengan kurikulum 2013 revisi tahun 2017 semester 2 membahas dua surat pendek dalam Al-Quran (Al-Maun dan Al-Fiil).
Pembahasan mengenai surat Al-Maun dan Al-Fiil yaitu siswa diminta untuk membaca, menghafal, dan menulis kedua surat tersebut. Pembahasan mengenai malaikat Allah yaitu siswa diminta untuk mengetahui makna beriman pada malaikat Allah, mengenal malaikat Allah beserta tugasnya, mendapatkan keberadaan malaikat Allah, dan mencerminkan sikap iktikad pada malaikat Allah. Pembahasan mengenai berperilaku terpuji yaitu siswa diminta untuk berperilaku terpuji dengan cara gemar membaca, pantang menyerah, rendah hati, dan hemat. Pembahasan mengenai shalat yaitu siswa diminta untuk mengetahui keutamaan shalat, mengetahui sikap yang mencerminkan pemahaman ibadah shakat, serta menceritakan pengalaman shalat di rumah dan di masjid.
Untuk lebih jelasnya pribadi saja admin bagikan contoh rpp pai BP kelas 4 revisi 2017 terbaru yang telah disusun menurut permendikbud nomor 22 tahun 2016.
| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
1.8 Meyakini bahwa sikap hemat sebagai cerminan dari iman. 2.8 Menunjukkan sikap hemat. 3.1 Memahami perilaku hemat. 4.1 Mencontohkan perilaku hemat. | · Menyimak klarifikasi ihwal perilaku hemat. · Mengamati gambar ihwal perilaku hemat. · Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan ihwal perilaku hemat. · Mengajukan pertanyaan ihwal perilaku hemat. · Secara kelompok kecil mendiskusikan ihwal perilaku hemat. · Membuat catatan hasil diskusi kelompok ihwal perilaku hemat. · Menguhubungkan pelajaran ihwal perilaku hemat dengan sikap dan sikap warga sekolah sehari-hari. · Menyampaikan hasil diskusi ihwal perilaku hemat. · Menyampaikan hasil pengamatan ihwal perilaku hemat. · Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru. |
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | | |
| Guru Orientasi · Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa. · Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca doa ialah siswa yang hari itu tiba paling awal ( Menghargai kedisiplinan siswa ) · Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap ketika dan keuntungannya bagi tercapainya cita – cita. · Menyanyikan salah satu Lagu Wajib/Lagu Nasional. Guru memperlihatkan penguatan ihwal pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme. · Siswa diminta untuk mengusut kerapian diri dan kebersihan kelas · Siswa memperhatikan klarifikasi guru ihwal tujuan, manfaat dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. · Siswa menyimak klarifikasi guru ihwal pentingnya sikap disiplin, kerjasama, danmandiri yang akan dikembangkan dalam pembelajaran. Aperpepsi · Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya. · Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. · Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan Motivasi · Memberikan citra ihwal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari · Apabila materi tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan ihwal materi sesuai tema · Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung · Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan · Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. · Memberitahukan ihwal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung · Pembagian kelompok belajar · Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran | 30 menit |
Kegiatan Inti | Materi : Perilaku hemat | |
Sintak Model Pembelajaran Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI · Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan ihwal kisah masa kecil salah satu tokoh dunia / agama ( Misal : Ibnu Sina, Isaac Newton , nabi dan rasul, orang orang soleh dll). · Sebelum membacakan buku, guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut: - apa yang tergambar pada sampul buku? - apa judulbuku? - kira-kira buku ini menceritakan apa? - pernahkah kau membaca judul menyerupai itu? - apa saja yang kau ingin ketahui dari buku ini? · Guru membacakan dongeng pada buku dan memperlihatkan ekspresi dan intonasi yang sesuai. Siswa menyimak dengan seksama. · Setelah guru membacakan buku, siswa diminta menuliskan kesimpulan / ringkasan dongeng pada selembar kertas berwarna. · Menyegarkan suasana kembali dengan menyanyikan salah satu lagu anak-anak. · Berikan penguatan bahwa cita – cita, apapun itu harus di capai dengan kerja keras. · Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi :Perilaku hematdengan cara : Ø Melihat (tanpa atau dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/video yang relevan Ø Mengamati Lembar kerja materi :Perilaku hemat pemberian contoh-contoh materi :Perilaku hematuntuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb Ø Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan :Perilaku hemat Ø Menulis Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait :Perilaku hemat Ø Mendengar Pemberian materi :Perilaku hematoleh guru Ø Menyimak Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global ihwal materi pelajaran mengenai materi : :Perilaku hemat · Siswa diajak untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi · Siswa mempertunjukkan hasil kerja kelompoknya untuk menarikan tari hasil kreasi kelompok yang merupakan kreasi dari tempat di Indonesia. Siswa berlatih kembali beberapa gerakan hasil kreasinya dengan mengikuti irama dan ketukan dari musik pengiring tarian tersebut. Siswa bekerja sama dengan kelompoknya biar menghasilkan harmoni yang indah · Siswa dan guru merayakan kegiatan pembelajaran dengan bernyanyi dan bermain peran | 165 menit |
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, misalnya : Mengajukan pertanyaan ihwal materi : :Perilaku hemat yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi perhiasan ihwal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat | |
Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: Mengamati obyek/kejadian · Mengamati dengan seksama materi sub :Perilaku hematyang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya Membaca sumber lain selain buku teks · Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali tumpuan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman ihwal materi :Perilaku hematyang sedang dipelajari Aktivitas · menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi :Perilaku hematyang sedang dipelajari Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber · mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi :Perilaku hematyang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Mendiskusikan · Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas contoh dalam buku paket mengenai materi :Perilaku hemat Mengumpulkan informasi · Mencatat semua informasi ihwal materi :Perilaku hematyang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Mempresentasikan ulang · Peserta didik mengkomunikasikan secara ekspresi atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri sub tema :Perilaku hematsesuai dengan pemahamannya Saling tukar informasi tentang materi: · :Perilaku hemat dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat | |
Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi ihwal data dari Materi : :Perilaku hemat mengolah informasi dari materi :Perilaku hematyang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan pemberian pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi :Perilaku hemat | |
Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan ihwal materi : :Perilaku hemat antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik. | |
Generalization (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan Menyampaikan hasil diskusi tentangmateri :Perilaku hematberupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal ihwal materi : :Perilaku hemat Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi :Perilaku hematdan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan Bertanya atas presentasi ihwal materi :Perilaku hematyang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. CREATIVITY (KREATIVITAS) Menyimpulkan ihwal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis ihwal materi : :Perilaku hemat Menjawab pertanyaan ihwal materi :Perilaku hematyang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan Bertanya ihwal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi :Perilaku hematyang akan selesai dipelajari Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi :Perilaku hematyang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran | |
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi persoalan tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | ||
Penutup | · Siswa bersama guru melaksanakan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung ; Ø Apa saja yang telah dipahami siswa? Ø Apa yang belum dipahami siswa? Ø Bagaimana perasaan selama pembelajaran? Materi ihwal sub tema: yang gres dilakukan · Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran. · Siswa menyimak klarifikasi guru ihwal kegiatan pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk memberikan kegiatan bersama orangtua · Siswa menyimak dongeng motivasi ihwal pentingnya sikap Disiplin, kerjasama, dan syukur · Siswa menyanyikan lagu gembira · Siswa melaksanakan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas. · Mengingatkan siswa untuk menghapus papan tulis dan memastikan ruang mencar ilmu tetap higienis dan mencuci tangan dengan sabun · Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. | 15 Menit |
EmoticonEmoticon