Rpp K13 Pjok Kelas 8 Semester 2 & 1 Revisi 2017 Semua Bahan Pokok

Share:

Sahabat guru Penjas atau PJOK SMP. materi pokok k13 revisi 2017 semester genap mata pelajaran PJOK memang banyak dicari, apalagi dikala ini kurikulum 2013 pelaksanaannya belum merata. Hingga dikala ini, masih banyak sekolah yang belum pernah mengikuti training dalam penyusunan perangkat pembelajaran k13 yang benar sesuai hukum berlaku, sehingga dalam menciptakan RPP masih banyak yang bingung.

Khusus untuk guru yang mencari rujukan di google perihal rpp mata pelajaran penjas kelas 8 dan menemukan blog kami ini di google, maka anda bisa melihat teladan rpp kurikulum 2013 penjas kelas 8 revisi 2017 yang sudah di revisi sesuai dengan permendikbud nomor 22 tahun 2016.

Untuk lebih jelasnya eksklusif saja perhatikan dan jadikan rujukan teladan rpp k13 pjok semester genap kelas VIII dibawah ini dengan materi pokok atau kompetensi dasar nya yakni Aktivitas Senam Lantai.

 semester genap mata pelajaran PJOK memang banyak dicari RPP k13 PJOK kelas 8 Semester 2 & 1 Revisi 2017 Semua materi Pokok
A.      Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.6   Memahami kombinasi keterampilan berbentuk rangkaian gerak sederhana dalam kegiatan spesifik senam lantai
3.6.1. Memahami kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki
3.6.2. Memahami kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan
3.6.3. Memahami kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala
3.6.4. Memahami kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang
4.6   Mempraktikkan kombinasi  keterampilan berbentuk rangkaian gerak sederhana dalam kegiatan spesifik senam lantai
4.6.1. Mempraktekkan kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki
4.6.2. Mempraktekkan kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan
4.6.3. Mempraktekkan kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala
4.6.4. Mempraktekkan kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang

B.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, akseptor didik diperlukan dapat:
·         Memahami kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki
·         Memahami kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan
·         Memahami kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala
·         Memahami kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang
·         Mempraktekkan kombinasi keseimbangan memakai kaki
·         Mempraktekkan kombinasi keseimbangan memakai lengan
·         Mempraktekkan kombinasi keseimbangan memakai kepala
·         Mempraktekkan kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang

C.      Materi Pembelajaran
·         Kombinasi keseimbangan memakai kaki
·         Kombinasi keseimbangan memakai lengan
·         Kombinasi keseimbangan memakai kepala
·         Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang

D.      Metode Pembelajaran
Metode yang dipakai dalam pembelajaran kegiatan senam lantai antara lain.
·         Cakupan (Inclusive).
·         Demonstrasi.
·         Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
·         Timbal-balik (Resiprocal)
·         Pendekatan Pembelajaran Contekstual
·         Pendekatan Scientific.

E.      Media Pembelajaran
1.       Media:
a.       Gambar  rangkaian  gerakan  (guling  depan,  guling  belakang  dan  guling  lenting) senam lantai.
b.       Video pembelajaran rangkaian gerakan (guling depan, guling belakang dan guling lenting) senam lantai.
c.        Model  siswa    atau  guru  yang  memperagakan  rangkaian  gerakan  (guling  depan, guling belakang dan guling lenting) senam lantai

2.       Alat dan Bahan:
a.       Lapangan olahraga atau halaman sekolah.
b.       Matras
c.        Peluit dan Stopwatch
d.       Panduan Pembelajaran Siswa  (Judul: Panduan Pembelajaran Siswa  oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).

F.       Sumber Belajar
Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan kelas VIII, Buku PJOK lain yang relevan, internet, narasumber, lingkungan sekitar, dan sumber lain yang relevan

G.      Langkah-Langkah Pembelajaran

1.
Pertemuan Ke-1 (3 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
?
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
?
Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
?
Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
?
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
?
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
?
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
?
Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
?
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan perihal materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki

?
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
?
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
?
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
?
Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
?
Pembagian kelompok belajar
?
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman berguru  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki dengan cara :
?
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
?
Mengamati
?
Lembar kerja materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki
?
Pemberian contoh-contoh materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb
?
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki
?
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki
?
Mendengar

Pemberian materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki oleh guru.
?
Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki



untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, misalnya :
?
Mengajukan pertanyaan perihal materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki


yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi perhiasan perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
?
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
?
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang sedang dipelajari.
?
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang sedang dipelajari.
?
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
?
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas teladan dalam buku paket mengenai materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki
?
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
?
Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki sesuai dengan pemahamannya.
?
Saling tukar informasi tentang materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki


dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
?
Berdiskusi perihal data dari Materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki


?
Mengolah informasi dari materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan tunjangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
?
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
?
Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan perihal materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki


antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas tanggapan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
?
Menyampaikan hasil diskusi  perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
?
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki


?
Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
?
Bertanya atas presentasi perihal materi  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
?
Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang gres dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki


?
Menjawab pertanyaan perihal materi  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
?
Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang akan selesai dipelajari
?
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
?
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran perihal materi  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang gres dilakukan.
?
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang gres diselesaikan.
?
Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
?
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki
?
Peserta didik yang  selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi kiprah
?
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.
2.
Pertemuan Ke-2 (3 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
?
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
?
Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
?
Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
?
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
?
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
?
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
?
Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
?
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan perihal materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan

?
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
?
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
?
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
?
Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
?
Pembagian kelompok belajar
?
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman berguru  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan dengan cara :
?
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
?
Mengamati
?
Lembar kerja materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan
?
Pemberian contoh-contoh materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb
?
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan
?
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan
?
Mendengar

Pemberian materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan oleh guru.
?
Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan



untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, misalnya :
?
Mengajukan pertanyaan perihal materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan


yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi perhiasan perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
?
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
?
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang sedang dipelajari.
?
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang sedang dipelajari.
?
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
?
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas teladan dalam buku paket mengenai materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan
?
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
?
Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan sesuai dengan pemahamannya.
?
Saling tukar informasi tentang materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan


dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
?
Berdiskusi perihal data dari Materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan


?
Mengolah informasi dari materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan tunjangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
?
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
?
Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan perihal materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan


antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas tanggapan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
?
Menyampaikan hasil diskusi  perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
?
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan


?
Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
?
Bertanya atas presentasi perihal materi  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
?
Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang gres dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan


?
Menjawab pertanyaan perihal materi  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
?
Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang akan selesai dipelajari
?
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
?
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran perihal materi  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang gres dilakukan.
?
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang gres diselesaikan.
?
Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
?
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan
?
Peserta didik yang  selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi kiprah
?
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.
3.
Pertemuan Ke-3 (3 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
?
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
?
Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
?
Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
?
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
?
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
?
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
?
Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
?
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan perihal materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala

?
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
?
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
?
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
?
Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
?
Pembagian kelompok belajar
?
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman berguru  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala dengan cara :
?
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
?
Mengamati
?
Lembar kerja materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala
?
Pemberian contoh-contoh materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb
?
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala
?
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala
?
Mendengar

Pemberian materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala oleh guru.
?
Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala



untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, misalnya :
?
Mengajukan pertanyaan perihal materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala


yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi perhiasan perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
?
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
?
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang sedang dipelajari.
?
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang sedang dipelajari.
?
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
?
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas teladan dalam buku paket mengenai materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala
?
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
?
Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala sesuai dengan pemahamannya.
?
Saling tukar informasi tentang materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala


dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
?
Berdiskusi perihal data dari Materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala


?
Mengolah informasi dari materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan tunjangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
?
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
?
Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan perihal materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala


antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas tanggapan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
?
Menyampaikan hasil diskusi  perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
?
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala


?
Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
?
Bertanya atas presentasi perihal materi  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
?
Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang gres dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi :

Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala


?
Menjawab pertanyaan perihal materi  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
?
Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang akan selesai dipelajari
?
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
?
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran perihal materi  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang gres dilakukan.
?
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang gres diselesaikan.
?
Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
?
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala
?
Peserta didik yang  selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi kiprah
?
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.
4.
Pertemuan Ke-4 (3 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
?
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
?
Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
?
Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
?
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
?
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
?
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
?
Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
?
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan perihal materi :

Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang

?
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
?
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
?
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
?
Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
?
Pembagian kelompok belajar
?
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang dengan cara :
?
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
?
Mengamati
?
Lembar kerja materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang
?
Pemberian contoh-contoh materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb
?
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang
?
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang
?
Mendengar

Pemberian materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang oleh guru.
?
Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi :

Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang



untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, misalnya :
?
Mengajukan pertanyaan perihal materi :

Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang


yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi perhiasan perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
?
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
?
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang sedang dipelajari.
?
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang sedang dipelajari.
?
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
?
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas teladan dalam buku paket mengenai materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang
?
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi perihal materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
?
Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang sesuai dengan pemahamannya.
?
Saling tukar informasi tentang materi :

Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang


dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
?
Berdiskusi perihal data dari Materi :

Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang


?
Mengolah informasi dari materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan tunjangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
?
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
?
Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan perihal materi :

Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang


antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas tanggapan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
?
Menyampaikan hasil diskusi  perihal materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
?
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi :

Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang


?
Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
?
Bertanya atas presentasi perihal materi  Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
?
Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang gres dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi :

Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang


?
Menjawab pertanyaan perihal materi  Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
?
Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang akan selesai dipelajari
?
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
?
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran perihal materi  Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang gres dilakukan.
?
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang gres diselesaikan.
?
Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
?
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran  Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang
?
Peserta didik yang  selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi kiprah
?
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.

Untuk password RAR file rpp pjok kelas 8 semester 2 silahkan hubungi saya melalui sajian facebook di alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru".

  • Download rpp PJOK kelas 8 semester genap kegiatan senam lantai - COMOT RPP

  • Download rpp PJOK kelas 8 semester genap kegiatan senam lantai - COMOT RPP

  • Download rpp PJOK kelas 8 semester genap kegiatan gerak berirama - COMOT RPP

  • Download rpp PJOK kelas 8 semester genap kegiatan renang - COMOT RPP

  • Download rpp PJOK kelas 8 semester genap ancaman pergaulan bebas - COMOT RPP

  • Download rpp PJOK kelas 8 semester genap Keselamatan Diri dan Orang Lain di Jalan Raya - COMOT RPP

Advertisement
 
Advertisement
 


EmoticonEmoticon