Sahabat guru Penjas atau PJOK SMP. materi pokok k13 revisi 2017 semester genap mata pelajaran PJOK memang banyak dicari, apalagi dikala ini kurikulum 2013 pelaksanaannya belum merata. Hingga dikala ini, masih banyak sekolah yang belum pernah mengikuti training dalam penyusunan perangkat pembelajaran k13 yang benar sesuai hukum berlaku, sehingga dalam menciptakan RPP masih banyak yang bingung.
Khusus untuk guru yang mencari rujukan di google perihal rpp mata pelajaran penjas kelas 8 dan menemukan blog kami ini di google, maka anda bisa melihat teladan rpp kurikulum 2013 penjas kelas 8 revisi 2017 yang sudah di revisi sesuai dengan permendikbud nomor 22 tahun 2016.
Untuk lebih jelasnya eksklusif saja perhatikan dan jadikan rujukan teladan rpp k13 pjok semester genap kelas VIII dibawah ini dengan materi pokok atau kompetensi dasar nya yakni Aktivitas Senam Lantai.
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.6 Memahami kombinasi keterampilan berbentuk rangkaian gerak sederhana dalam kegiatan spesifik senam lantai | 3.6.1. Memahami kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki 3.6.2. Memahami kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan 3.6.3. Memahami kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala 3.6.4. Memahami kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang |
4.6 Mempraktikkan kombinasi keterampilan berbentuk rangkaian gerak sederhana dalam kegiatan spesifik senam lantai | 4.6.1. Mempraktekkan kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki 4.6.2. Mempraktekkan kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan 4.6.3. Mempraktekkan kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala 4.6.4. Mempraktekkan kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang |
1. | Pertemuan Ke-1 (3 x 40 Menit) | ||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |||
Guru : | |||
Orientasi | |||
? | Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran | ||
? | Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin | ||
? | Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. | ||
Aperpepsi | |||
? | Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya | ||
? | Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. | ||
? | Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. | ||
Motivasi | |||
? | Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. | ||
? | Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan perihal materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki | ||
| |||
? | Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung | ||
? | Mengajukan pertanyaan | ||
Pemberian Acuan | |||
? | Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. | ||
? | Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung | ||
? | Pembagian kelompok belajar | ||
? | Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman berguru sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||
Kegiatan Inti ( 90 Menit ) | |||
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | ||
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki dengan cara : | |||
? | Melihat (tanpa atau dengan Alat) | ||
| Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. | ||
? | Mengamati | ||
? | Lembar kerja materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki | ||
? | Pemberian contoh-contoh materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb | ||
? | Membaca. | ||
| Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki | ||
? | Menulis | ||
| Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki | ||
? | Mendengar | ||
| Pemberian materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki oleh guru. | ||
? | Menyimak | ||
| Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki | ||
| | ||
| untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | ||
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, misalnya : | |||
? | Mengajukan pertanyaan perihal materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki | ||
| | ||
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi perhiasan perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. | |||
Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: | |||
? | Mengamati obyek/kejadian | ||
| Mengamati dengan seksama materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. | ||
? | Membaca sumber lain selain buku teks | ||
| Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang sedang dipelajari. | ||
? | Aktivitas | ||
| Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang sedang dipelajari. | ||
? | Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber | ||
| Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. | ||
| | ||
COLLABORATION (KERJASAMA) | |||
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: | |||
? | Mendiskusikan | ||
| Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas teladan dalam buku paket mengenai materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki | ||
? | Mengumpulkan informasi | ||
| Mencatat semua informasi perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. | ||
? | Mempresentasikan ulang | ||
| Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki sesuai dengan pemahamannya. | ||
? | Saling tukar informasi tentang materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki | ||
| | ||
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | |||
Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : | |||
? | Berdiskusi perihal data dari Materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki | ||
| | ||
? | Mengolah informasi dari materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan tunjangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. | ||
? | Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki | ||
Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : | |||
? | Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan perihal materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki | ||
| | ||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas tanggapan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik. | |||
Generalization (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) | ||
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan | |||
? | Menyampaikan hasil diskusi perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. | ||
? | Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki | ||
| | ||
? | Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. | ||
? | Bertanya atas presentasi perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. | ||
| | ||
CREATIVITY (KREATIVITAS) | |||
? | Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang gres dilakukan berupa : | ||
| Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki | ||
| | ||
? | Menjawab pertanyaan perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. | ||
? | Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang akan selesai dipelajari | ||
? | Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | ||
Catatan : Selama pembelajaran Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | |||
Kegiatan Penutup (15 Menit) | |||
Peserta didik : | |||
? | Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang gres dilakukan. | ||
? | Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki yang gres diselesaikan. | ||
? | Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. | ||
Guru : | |||
? | Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki | ||
? | Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah | ||
? | Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kaki kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. | ||
2. | Pertemuan Ke-2 (3 x 40 Menit) | ||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |||
Guru : | |||
Orientasi | |||
? | Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran | ||
? | Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin | ||
? | Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. | ||
Aperpepsi | |||
? | Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya | ||
? | Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. | ||
? | Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. | ||
Motivasi | |||
? | Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. | ||
? | Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan perihal materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan | ||
| |||
? | Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung | ||
? | Mengajukan pertanyaan | ||
Pemberian Acuan | |||
? | Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. | ||
? | Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung | ||
? | Pembagian kelompok belajar | ||
? | Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman berguru sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||
Kegiatan Inti ( 90 Menit ) | |||
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | ||
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan dengan cara : | |||
? | Melihat (tanpa atau dengan Alat) | ||
| Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. | ||
? | Mengamati | ||
? | Lembar kerja materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan | ||
? | Pemberian contoh-contoh materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb | ||
? | Membaca. | ||
| Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan | ||
? | Menulis | ||
| Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan | ||
? | Mendengar | ||
| Pemberian materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan oleh guru. | ||
? | Menyimak | ||
| Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan | ||
| | ||
| untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | ||
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, misalnya : | |||
? | Mengajukan pertanyaan perihal materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan | ||
| | ||
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi perhiasan perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. | |||
Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: | |||
? | Mengamati obyek/kejadian | ||
| Mengamati dengan seksama materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. | ||
? | Membaca sumber lain selain buku teks | ||
| Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang sedang dipelajari. | ||
? | Aktivitas | ||
| Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang sedang dipelajari. | ||
? | Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber | ||
| Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. | ||
| | ||
COLLABORATION (KERJASAMA) | |||
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: | |||
? | Mendiskusikan | ||
| Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas teladan dalam buku paket mengenai materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan | ||
? | Mengumpulkan informasi | ||
| Mencatat semua informasi perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. | ||
? | Mempresentasikan ulang | ||
| Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan sesuai dengan pemahamannya. | ||
? | Saling tukar informasi tentang materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan | ||
| | ||
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | |||
Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : | |||
? | Berdiskusi perihal data dari Materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan | ||
| | ||
? | Mengolah informasi dari materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan tunjangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. | ||
? | Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan | ||
Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : | |||
? | Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan perihal materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan | ||
| | ||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas tanggapan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik. | |||
Generalization (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) | ||
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan | |||
? | Menyampaikan hasil diskusi perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. | ||
? | Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan | ||
| | ||
? | Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. | ||
? | Bertanya atas presentasi perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. | ||
| | ||
CREATIVITY (KREATIVITAS) | |||
? | Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang gres dilakukan berupa : | ||
| Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan | ||
| | ||
? | Menjawab pertanyaan perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. | ||
? | Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang akan selesai dipelajari | ||
? | Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | ||
Catatan : Selama pembelajaran Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | |||
Kegiatan Penutup (15 Menit) | |||
Peserta didik : | |||
? | Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang gres dilakukan. | ||
? | Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan yang gres diselesaikan. | ||
? | Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. | ||
Guru : | |||
? | Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan | ||
? | Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah | ||
? | Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Kombinasi keseimbangan meng-gunakan lengan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. | ||
3. | Pertemuan Ke-3 (3 x 40 Menit) | ||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |||
Guru : | |||
Orientasi | |||
? | Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran | ||
? | Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin | ||
? | Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. | ||
Aperpepsi | |||
? | Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya | ||
? | Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. | ||
? | Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. | ||
Motivasi | |||
? | Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. | ||
? | Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan perihal materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala | ||
| |||
? | Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung | ||
? | Mengajukan pertanyaan | ||
Pemberian Acuan | |||
? | Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. | ||
? | Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung | ||
? | Pembagian kelompok belajar | ||
? | Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman berguru sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||
Kegiatan Inti ( 90 Menit ) | |||
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | ||
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala dengan cara : | |||
? | Melihat (tanpa atau dengan Alat) | ||
| Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. | ||
? | Mengamati | ||
? | Lembar kerja materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala | ||
? | Pemberian contoh-contoh materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb | ||
? | Membaca. | ||
| Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala | ||
? | Menulis | ||
| Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala | ||
? | Mendengar | ||
| Pemberian materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala oleh guru. | ||
? | Menyimak | ||
| Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala | ||
| | ||
| untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | ||
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, misalnya : | |||
? | Mengajukan pertanyaan perihal materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala | ||
| | ||
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi perhiasan perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. | |||
Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: | |||
? | Mengamati obyek/kejadian | ||
| Mengamati dengan seksama materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. | ||
? | Membaca sumber lain selain buku teks | ||
| Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang sedang dipelajari. | ||
? | Aktivitas | ||
| Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang sedang dipelajari. | ||
? | Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber | ||
| Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. | ||
| | ||
COLLABORATION (KERJASAMA) | |||
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: | |||
? | Mendiskusikan | ||
| Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas teladan dalam buku paket mengenai materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala | ||
? | Mengumpulkan informasi | ||
| Mencatat semua informasi perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. | ||
? | Mempresentasikan ulang | ||
| Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala sesuai dengan pemahamannya. | ||
? | Saling tukar informasi tentang materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala | ||
| | ||
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | |||
Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : | |||
? | Berdiskusi perihal data dari Materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala | ||
| | ||
? | Mengolah informasi dari materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan tunjangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. | ||
? | Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala | ||
Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : | |||
? | Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan perihal materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala | ||
| | ||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas tanggapan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik. | |||
Generalization (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) | ||
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan | |||
? | Menyampaikan hasil diskusi perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. | ||
? | Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala | ||
| | ||
? | Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. | ||
? | Bertanya atas presentasi perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. | ||
| | ||
CREATIVITY (KREATIVITAS) | |||
? | Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang gres dilakukan berupa : | ||
| Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi : | ||
| Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala | ||
| | ||
? | Menjawab pertanyaan perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. | ||
? | Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang akan selesai dipelajari | ||
? | Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | ||
Catatan : Selama pembelajaran Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | |||
Kegiatan Penutup (15 Menit) | |||
Peserta didik : | |||
? | Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran perihal materi Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang gres dilakukan. | ||
? | Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala yang gres diselesaikan. | ||
? | Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. | ||
Guru : | |||
? | Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala | ||
? | Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah | ||
? | Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Kombinasi keseimbangan meng-gunakan kepala kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. | ||
4. | Pertemuan Ke-4 (3 x 40 Menit) | ||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |||
Guru : | |||
Orientasi | |||
? | Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran | ||
? | Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin | ||
? | Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. | ||
Aperpepsi | |||
? | Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya | ||
? | Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. | ||
? | Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. | ||
Motivasi | |||
? | Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. | ||
? | Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan perihal materi : | ||
| Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang | ||
| |||
? | Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung | ||
? | Mengajukan pertanyaan | ||
Pemberian Acuan | |||
? | Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. | ||
? | Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung | ||
? | Pembagian kelompok belajar | ||
? | Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||
Kegiatan Inti ( 90 Menit ) | |||
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | ||
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang dengan cara : | |||
? | Melihat (tanpa atau dengan Alat) | ||
| Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. | ||
? | Mengamati | ||
? | Lembar kerja materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang | ||
? | Pemberian contoh-contoh materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb | ||
? | Membaca. | ||
| Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang | ||
? | Menulis | ||
| Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang | ||
? | Mendengar | ||
| Pemberian materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang oleh guru. | ||
? | Menyimak | ||
| Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi : | ||
| Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang | ||
| | ||
| untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | ||
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, misalnya : | |||
? | Mengajukan pertanyaan perihal materi : | ||
| Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang | ||
| | ||
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi perhiasan perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk membuatkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. | |||
Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: | |||
? | Mengamati obyek/kejadian | ||
| Mengamati dengan seksama materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. | ||
? | Membaca sumber lain selain buku teks | ||
| Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang sedang dipelajari. | ||
? | Aktivitas | ||
| Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang sedang dipelajari. | ||
? | Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber | ||
| Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. | ||
| | ||
COLLABORATION (KERJASAMA) | |||
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: | |||
? | Mendiskusikan | ||
| Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas teladan dalam buku paket mengenai materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang | ||
? | Mengumpulkan informasi | ||
| Mencatat semua informasi perihal materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. | ||
? | Mempresentasikan ulang | ||
| Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang sesuai dengan pemahamannya. | ||
? | Saling tukar informasi tentang materi : | ||
| Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang | ||
| | ||
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk membuatkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, membuatkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | |||
Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : | |||
? | Berdiskusi perihal data dari Materi : | ||
| Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang | ||
| | ||
? | Mengolah informasi dari materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan tunjangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. | ||
? | Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang | ||
Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : | |||
? | Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk membuatkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan perihal materi : | ||
| Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang | ||
| | ||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas tanggapan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik. | |||
Generalization (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) | ||
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan | |||
? | Menyampaikan hasil diskusi perihal materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk membuatkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. | ||
? | Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi : | ||
| Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang | ||
| | ||
? | Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. | ||
? | Bertanya atas presentasi perihal materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. | ||
| | ||
CREATIVITY (KREATIVITAS) | |||
? | Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang gres dilakukan berupa : | ||
| Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi : | ||
| Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang | ||
| | ||
? | Menjawab pertanyaan perihal materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. | ||
? | Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang akan selesai dipelajari | ||
? | Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | ||
Catatan : Selama pembelajaran Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | |||
Kegiatan Penutup (15 Menit) | |||
Peserta didik : | |||
? | Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran perihal materi Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang gres dilakukan. | ||
? | Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang yang gres diselesaikan. | ||
? | Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. | ||
Guru : | |||
? | Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang | ||
? | Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah | ||
? | Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Kombinasi guling ke depan dan guling ke belakang kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. |
Untuk password RAR file rpp pjok kelas 8 semester 2 silahkan hubungi saya melalui sajian facebook di alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru".
- Download rpp PJOK kelas 8 semester genap kegiatan senam lantai - COMOT RPP
- Download rpp PJOK kelas 8 semester genap kegiatan senam lantai - COMOT RPP
- Download rpp PJOK kelas 8 semester genap kegiatan gerak berirama - COMOT RPP
- Download rpp PJOK kelas 8 semester genap kegiatan renang - COMOT RPP
- Download rpp PJOK kelas 8 semester genap ancaman pergaulan bebas - COMOT RPP
- Download rpp PJOK kelas 8 semester genap Keselamatan Diri dan Orang Lain di Jalan Raya - COMOT RPP
EmoticonEmoticon