Update Juni 2018 - RPP k13 tema 2 revisi 2018 kelas 3. Assalamualaikum sahabat guru yang kami kagumi. Tak terasa Semester genap tahun pelajaran 2017/2018 akan segera berakhir dan akan disusul dengan pelajaran gres pada bulan juli nanti semester ganjil tahun 2018/2019.
Salah satu kiprah guru di tahun pelajaran gres yaitu mempersiapkan perangkat pembelajaran semester ganjil. Salah satu dokumen yang cukup penting dalam pendukung aktivitas mencar ilmu dan mengajar di kelas yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Dan pada posting kali ini akan admin bagikan teladan rpp k13 kelas 3 tema 2 semster ganjil yang telah revisi berdasarkan buku tematik kelas 3 yang dikeluarkan kemdikbud tahun 2018.
Bagi bapak dan ibu yang membutuhkan file lengkap rpp kelas 3 semester ganjil tema 2 DOC silahkan hubungi saya di alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru". atau wa ke 085273216532
Dibawah ini merupakan teladan rpp k13 kelas 3 revisi 2018 tema 2 subtema 1 pembelajaran 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia. Semoga bermanfaat.
NO | KOMPETENSI DASAR (KD) | INDIKATOR |
1 | 3.8 Menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untukkesenangan | 3.8.1 Membaca kisah dengan lafal, intonasi, dan ekspresi. |
2 | 4.8 Memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif | 4.8.1 Mengidentifikasi informasi isi kisah yang didengar. |
NO | KOMPETENSI DASAR (KD) | INDIKATOR |
1 | 3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu | 3.2.1 mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dengan bernyanyi. |
2 | 4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu | 4.2.1 memeragakan pola irama sederhana pada lagu ”Cemara”. |
NO | KOMPETENSI DASAR (KD) | INDIKATOR |
1 | 3.1 Menjelaskan sifat- sifat operasi hitung pada bilangan cacah | 3.1.1 Menemukan sifat pertukaran pada penjumlahan. |
2 | 4.1 Menyelesaikan problem yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah | 4.1.1 memakai sifat pertukaran pada penjumlahan untuk menuntaskan masalah. |
v Karakter siswa yang diharapkan : | Religius Nasionalis Mandiri Gotong Royong Integritas |
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ¡ Guru menawarkan salam dan mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡ Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis ¡ Guru menginformasikan aktivitas yang akan dilakukan pada hari itu. ¡ Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi ¡ Guru melaksanakan ice breaking melalui aktivitas bernyanyi atau bermain tebak-tebakan atau aktivitas lain. Creativity and Innovation ¡ Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai sehabis aktivitas pembelajaran dilaksanakan. Communication ¡ Guru melaksanakan apersepsi, siswa diingatkan kembali perihal hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membaca teks dengan bunyi lantang. ¡ Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membaca teks: a. Lafal - Mengucapkan kata dengan tepat - Menggunakan frasa yang sempurna (bukan kata demi kata) b. Intonasi suara Kalimat yang diakhiri dengan tanda titik intonasi suaranya datar. Kalimat yang diakhiri tanda tanya intonasi suaranya menurun. Kalimat yang diakhiri tanda seru intonasi suaranya agak naik. c. Ekspresi Siswa membaca dengan penuh perasaan. d. Tanda baca - Jika dikala membaca bertemu tanda koma (,) maka pembaca berhenti membaca sebentar, kemudian dilanjutkan kembali. - Jika dikala membaca bertemu tanda titik (.) maka pembaca berhenti membaca kemudian pembaca mulai membaca kalimat berikutnya. § Suara lantang dan sanggup didengar oleh orang lain dengan jelas. | 10 menit |
Inti | § Siswa membaca teks kisah secara bergantian dengan bunyi lantang. Setiap siswa membaca satu paragraf. Pada aktivitas ini guru melaksanakan penilaian. Mandiri § Siswa dan guru mendiskusikan kata-kata yang belum dipahami siswa. Communication § Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan isi kisah yang telah dibacanya. § Siswa menyimak klarifikasi guru perihal sifat pertukaran pada penjumlahan. § Guru membawa 2 buah kotak ke dalam kelas. Kotak pertama berisi 35 helai daun kering. Kotak kedua berisi 15 helai daun kering. Guru dan siswa menghitung bersama banyaknya daun kering di kotak pertama dan kedua. Salah satu siswa menjadi sukarelawan untuk menuliskan penjumlahan berdasarkan banyaknya daun kering di kedua kotak. 35 + 15 = 50 Creativity and Innovation § Guru mengubah letak kotak pertama dengan kotak kedua. Salah satu siswa menjadi sukarelawan menuliskan penjumlahan berdasarkan pertukaran tempat kedua kotak. Guru mengoreksi penjumlahan yang telah ditulis siswa. 15 + 35 = 50 Jadi, 35 + 15 = 15 + 35 § Guru menawarkan teladan lagi dengan penjumlahan lain: 120 + 930 = 1050 930 + 120 = 1050 Jadi, 120 + 930 = 930 + 120 § Guru menawarkan kesempatan kepada siswa jikalau ada hal yang ingin ditanyakan. § Guru menjawab pertanyaan-pertanyaan siswa. § Siswa mengerjakan latihan soal-soal dengan memperhatikan sifat pertukaran pada penjumlahan. Guru menilai hasil pekerjaan siswa. Mandiri § Siswa dan guru mendiskusikan pohon cemara sebagai flora yang banyak mempunyai manfaat. Communication § Kayu cemara sanggup dipakai untuk menciptakan perabot rumah tangga. Daun cemara sanggup dijadikan teh yang banyak mengandung vitamin C. Pohon cemara sanggup diolah menjadi minyak yang sanggup dipakai untuk mengobati penyakit sinus dan juga batuk. § Guru mencontohkan cara menyanyi lagu Cemara ciptaan AT. Mahmud yang diikuti oleh siswa. Pada dikala guru menyanyikan lagu Cemara pada bait pertama dan kedua, sambil memperlihatkan kertas origami (bisa kertas lain) berwarna biru. Saat guru menyanyikan bait ketiga, guru memperlihatkan kertas origami (bisa kertas lain) berwarna kuning. Guru memperlihatkan kertas origami (bisa kertas lain) berwarna hijau dikala menyanyikan bait keempat. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengenalkan pola irama yang ada pada lagu cemara. § Siswa menyanyikan lagu Cemara gotong royong yang dipandu oleh guru. Mandiri § Guru membimbing siswa menyanyikan lagu Cemara dimana syair diganti dengan senandung la…la…la…la…….la sambil menepuk meja. Siswa melaksanakan aktivitas ini untuk memeragakan pola irama sederhana pada lagu. § Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok menyanyikan lagu Cemara secara bergantian. § Siswa menyanyi lagu Cemara secara individual bila waktu masih tersedia. § Guru dan siswa melaksanakan aktivitas refleksi aktivitas hari itu. Dalam aktivitas refleksi, guru menawarkan beberapa pertanyaan berikut ini: a. Apa yang kau pelajari hari ini? b. Bagaimana perasaanmu dikala aktivitas membaca nyaring/mengerjakan soal-soal penjumlahan dengan sifat pertukaran/menyanyikan lagu cemara? c. Kegiatan apa yang paling kau sukai? d. Informasi apa yang ingin kau ketahui lebih lanjut? e. Bagaimana caramu untuk mendapat informasi tersebut? § Pertanyaan yang diajukan guru pada aktivitas refleksi sanggup dijawab siswa secara mulut atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis balasan pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa mempunyai sebuah buku tulis khusus untuk refleksi. | 35 Menit X 30 JP |
Penutup | § Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehari Integritas § Bertanya jawab perihal materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) § Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti. Communication § Melakukan evaluasi hasil belajar § Menyanyikan lagu tempat “Ampar-Ampar Pisang” Nasionalis § Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran) Religius | 15 menit |
Mengetahui Kepala Sekolah indra bayang, S.Pd. NIP. 1957070978589 | …………, ………….2018 Guru Kelas III Nina bobok, S.Pd. NIP. 19789733222 |
No | Nama | Perubanan tingkah laku | |||||||||||
Santun | Peduli | Tanggung Jawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ................... | | | | | | | | | | | | |
2 | ................... | | | | | | | | | | | | |
3 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
4 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
5 | …………….. | | | | | | | | | | | | |
Dst | …………….. | | | | | | | | | | | | |
Untuk password RAR file lengkap rpp kelas 3 tema 2 revisi 2018 semester 1 silahkan hubungi saya melalui sajian facebook di alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru". atau WA ke 085273216532
- RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA DUA SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 - 6 DOC - SIMPAN RPP
- RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA DUa SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1-6 DOC - SIMPAN RPP
- RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA DUA SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1-6 DOC - SIMPAN RPP
- RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA DUA SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 1-6 DOC - SIMPAN RPP
Untuk dikala ini format file rpp k13 kelas 3 revisi 2018 tema 2 sudah tersedia, silahkan ikuti terus update postingan di blog . Semoga bermanfaat
EmoticonEmoticon