Admin bagikan format rpp k13 revisi 2018 untuk tema 3 kelas tiga lengkap dengan subtema 1 hingga 4 serta pembelajaran 1-6. Semoga bermanfaat.
Buku k13 kelas 3 sd revisi terbaru 2018 semester ganjil sudah mulai dijual di pasaran. Unutk harga eceran tertinggi yang perlu diketahui pihak sekolah dan masyarakat sanggup dilihat di dalam keputusan mendikbud NOMOR 093/P/2018. Disana juga tertuang spesifikasi dan harga buku sesuai zona.
Dengan demikian para guru yang sekolahnya sudah menerapkan kurikulum 2013, sudah sanggup menjadikannya tumpuan untuk pembuatan perangkat pembelajaran k13 kelas 3 (tiga) sd semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019.
Adapun Salah satu pendukung perangkat mengajar yang harus didahulukan dibentuk oleh guru sd yakni Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Sedangkan rpp k13 revisi 2018 haruslah disusun sesuai dengan permendikbud nomor 22 tahun 2016.
Nah khusus yang mengajar kelas 3 sd berikut admin bagikan pola nya tema 3 sub tema 1 pembelajaran 1 yakni Benda di Sekitarku sebagai tumpuan untuk anda.
NO | KOMPETENSI DASAR (KD) | INDIKATOR |
1 | 3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan. | 3.1.1 Membaca teks berjudul Aneka Benda-benda di Sekitar Kita 3.1.2 Mengklasifikasikan benda dan non benda sesuai dengan teks bacaan |
2 | 4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. | 4.1.1 Mengelompokkan benda sesuai dengan sifat fisiknya 4.1.2 Menuliskan pokok informasi dengan tepat. |
NO | KOMPETENSI DASAR (KD) | INDIKATOR |
1 | 3.7 Mendeskripsikan dan menentukan kekerabatan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari. | 3.7.1 Menyatakan satuan panjang yang digunakan dengan paling sedikit dua satuan baku dengan tepat. |
2 | 4.7 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari. | 4.7.1 Mengukur panjang benda dengan satuan panjang baku yang sering digunakan. |
NO | KOMPETENSI DASAR (KD) | INDIKATOR |
1 | 3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu. | 3.2.1 Mengidentifkasi bentuk pola irama sederhana. |
2 | 4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu. | 4.2.1 Memeragakan pola irama sederhana dengan tepat. |
v Karakter siswa yang diharapkan : | Religius Nasionalis Mandiri Gotong Royong Integritas |
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ¡ Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. ¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius ¡ Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis ¡ Guru membuka pelajaran dengan mengarahkan siswa untuk mengamati benda-benda di sekitar kelas. ¡ Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi ¡ Kegiatan pembukaan sanggup diawali dengan memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk menyebutkan sebanyak-banyaknya benda yang berawalan karakter tertentu. Misalkan awalan karakter S, setiap anak bergantian menyebutkan benda-benda berawalan karakter S, dihentikan menyebutkan benda yang sama dengan yang telah disebutkan oleh sahabat sebelumnya. Communication ¡ Arahkan siswa untuk memperlihatkan pola benda yang bervariasi, jangan hanya benda padat, tapi juga benda cair ataupun gas. ¡ Ajukan pertanyaan apakah cahaya juga benda, bagaimana dengan suara, ajak siswa untuk mendiskusikannya. Biarkan siswa dengan pendapatnya terlebih dahulu. | 10 menit |
Inti | § Siswa membaca wacana yang ada di Buku Siswa. § Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dari wacana yang dipakai. Mandiri § Setelah membaca siswa mengerjakan latihan di Buku Siswa yaitu, menentukan mana yang benda dan mana yang bukan benda menurut wacana yang telah dibaca (tentang cahaya dan suara). § Memeriksa hasil pekerjaan siswa bersama-sama. Gotong Royong § Siswa memerhatikan kembali Buku Siswa wacana pembagian benda menurut ukuran, warna, dan bentuk. Setelah itu menyimak pengarahan guru wacana sifat benda. Sifat fisik benda yakni segala sesuatu yang sanggup mendeskripsikan atau mencirikan benda tersebut dan sanggup diamati oleh indra manusia. Segala sesuatu yang sanggup dilihat, diraba, dan dirasa (jika perlu). Benda sanggup diidentifikasi sifat fisiknya melalui bentuk, ukuran, kekerasan, warna, kekuatan, dan sebagainya. § Kegiatan selanjutnya siswa mengamati benda-benda sekitar dan mengelompokkan benda tersebut menurut sifat fisiknya. § Siswa sanggup mengelompokkan menurut warna, ukuran, bentuk atau lainnya. Critical Thinking and Problem Solving Misalkan, untuk warna, siswa mengelompokkan benda yang berwarna putih, atau menurut bentuk, mengelompokkan jadi satu benda yang bentuknya persegi. § Siswa menuliskan pengelompokkan tersebut di Buku Siswa. § Perwakilan kelompok mempresentasikan pengelompokan benda tersebut. § Setelah perwakilan siswa mempresentasikan pengelompokkannya setiap siswa diminta untuk mengisi peta konsep yang telah disediakan. § Perwakilan siswa diminta untuk menjelaskan peta konsep yang telah di buat ke depan kelas. Mandiri § Guru memperlihatkan masukannya untuk resentasi yang telah dilakukan oleh siswa. § Kegiatan dilanjutkan dengan siswa memerhatikan panjang benda yang diambil, dan mengurutkan benda mulai dari yang paling pendek ke benda yang paling panjang (alternatif acara sanggup juga siswa diminta untuk berbaris menurut tinggi tubuh mulai dari yang paling pendek ke yang paling tinggi). § Siswa diminta untuk mengobservasi mana yang paling tinggi dan paling pendek. Creativity and Innovation § Sampaikan bagaimana kita sanggup mengukur benda? Perkenalkan siswa alat ukur yang biasa digunakan dalam keseharian. (Sangat dianjurkan untuk guru memperlihatkan secara eksklusif bermacam-macam alat ukur, mulai dari penggaris, meteran kain, meteral rol, ataupun meteran saku). § Ajak siswa memerhatikan satuan yang tertera pada alat ukur. § Siswa diperkenalkan dengan satuan yang biasa digunakan untuk mengukur sehari-hari, ibarat m, cm, km. § Ajak siswa untuk menyebutkan satuan panjang yang mereka ketahui. Tuliskan di kolom yang tersedia di Buku Siswa. Satuan dalam panjang § Guru memperlihatkan cara pengukuran dengan memakai penggaris sederhana. § Siswa diminta untuk mempraktikkan cara pengukuran sederhana dengan memakai penggaris. Pastikan siswa menempatkan titik nol di ujung benda yang akan diukur. Mandiri § Siswa mengerjakan latihan di Buku Siswa. § Kegiatan dilanjutkan dengan bermain tebak-tebakan benda. Misalnya: Sejenis alat musik, Terbuat dari logam, Bentuknya segitiga, Digunakan dengan cara diketuk, Benda apakah itu? (jawab: Triangle) § Guru menjelaskan bahwa banyak benda yang digunakan untuk mengiringi lagu. Benda yang termasuk kelompok alat musik sangat banyak ragamnya. Salah satu misalnya yakni alat musik ritmis. Alat musik ritmis yakni alat musik yang tidak bernada yang sanggup menghasilkan irama lagu. Communication § Guru sanggup mengenalkan alat musik ritmis kawasan bila ada. Akan lebih baik bila ditunjukkan juga pola alat musik daerahnya. § Siswa mengamati jenis alat musik ritmis yang ada di Buku Siswa. (Akan lebih baik, bila guru membawa salah satu pola alat musik ritmis). Siswa diarahkan untuk mengajukan pertanyaan seputar alat musik ritmis. § Sebelum memakai alat musik, siswa diajak berlatih tepukan dengan memakai benda-benda di sekitar mereka. § Guru memperlihatkan pola tepukan yang merupakan pola irama dan mana yang bukan pola irama. (Guru memperlihatkan tepukan yang tidak berpola dan tepukan yang berpola). Tepukan sangat bervariasi, boleh tepukan lemah-kuat, ataupun tepukan tangan-tepukan meja ataupun lainya. § Siswa diperkenalkan simbol yang digunakan di Buku Siswa, yaitu simbol: ketukan kuat/tepuk meja. ketukan lemah/tepuk tangan. § Guru memberikan bahwa pukulan sanggup divariasikan, misalkan memakai hentakan kaki dan tepuk tangan, memakai stik pemukul dan tepuk tangan, mengetuk di meja dan kursi, dan lain-lain. § Siswa memperlihatkan pola tepukan pola irama, guru memperlihatkan arahannya. § Setelah siswa memahami wacana tepukan pola irama. Siswa diperkenalkan lagu yang berjudul “Teka-Teki”. § Siswa berlatih gotong royong sesuai dengan guru. Untuk bait selanjutnya siswa sanggup memvariasikan tepukan. § Kegiatan alternatif guru sanggup membentuk kelompok kecil, setiap kelompok sanggup memakai media yang bermacam-macam untuk menghasilkan tepukan. Collaboration § Misalkan, kelompok pertama bertepuk tangan dan mengetuk meja untuk menghasilkan bunyi. Kelompok kedua memukul kaleng dan galon untuk menghasilkan bunyi. Siswa diberikan kesempatan untuk bereksplorasi dalam menghasilkan bebunyian. Creativity and Innovation § Setelah itu mereka berlatih menciptakan tepukan pola irama untuk mengiringi lagi Teka-Teki. § Setiap kelompok diminta tampil untuk mempertunjukkan hasilnya. Jika waktu tidak mencukupi, maka penampilan sanggup dilakukan di pembelajaran selanjutnya. | 150 menit |
Penutup | ¡ Guru menutup pelajaran dengan memperlihatkan teka-teki “Ada sebuah benda, tak terlihat namun sanggup tercium, tak sanggup ditangkap, namun sanggup dirasakan” (jawab: gas). ¡ Siswa melaksanakan refleksi acara hari ini, acara sanggup berupa tanya jawab berikut. Mandiri - Bagaimana perasaan mereka mengikuti acara hari ini? - Apakah mereka menemukan kesulitan? - Apa yang masih belum mereka pahami? - Apa yang paling siswa sukai dalam acara hari ini? - Sebutkan apa yang termasuk benda padat, gas, maupun cair? ¡ Guru mengajak siswa mensyukuri nikmat Tuhan yang diberikan, bagaimana Tuhan mempersiapkan alam ini dengan aneka benda-benda yang ada untuk memenuhi kehidupan manusia. ¡ Menyanyikan lagu kawasan “Ampar-Ampar Pisang” ¡ Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing oleh petugas. Religius | 15 menit |
Mengetahui Kepala Sekolah wedao, S.Pd. NIP. 19570709 197803 1 001 | …………, ………….2018 Guru Kelas III jireni, S.Pd. NIP. 19730101 198703 2 005 |
No | Nama | Perubanan tingkah laku | |||||||||||
Santun | Peduli | Tanggung Jawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ................... | ||||||||||||
2 | ................... | ||||||||||||
3 | …………….. | ||||||||||||
4 | …………….. | ||||||||||||
5 | …………….. | ||||||||||||
dst | …………….. |
- Latihan mengidentifikasi benda dan bukan benda.
- Melengkapi tabel wacana jenis, sifat fisik dan ciri benda.
- Latihan soal membaca ukuran panjang benga.
Bagi bapak dan ibu yang membutuhkan file perangkat pembelajaran rpp tema 3 kelas 3 revisi 2018 silahkan hubungi FB saya di alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru". atau wa ke 085273216532
- RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA TIGA SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1-6 DOC BELUM TERSEDIA - SIMPAN RPP
- RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA TIGA SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1-6 DOC - SIMPAN RPP
- RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA TIGA SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1-6 DOC - SIMPAN RPP
- RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA TIGA SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 1-6 DOC - SIMPAN RPP
file rpp k13 kelas 3 tema 3 revisi 2018 sudah tersedia, pantau terus blog ini untuk mengikuti update terbaru file perangkat pembelajaran dari kami
EmoticonEmoticon