Rpp K13 Kelas 3 Tema 4 Kewajiban Dan Hakku Revisi Terbaru

Share:

Berbagi pola rpp kelas 3 revisi 2018 tema 4 lengkap, bisa anda lihat melalui kutipan dibawah ini sebagai referensi. Semoga bermanfaat.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SDN 3 Gelumbang
Kelas / Semester          :     III (Tiga) / 1
Tema 4                            :     Kewajiban dan Hakku
Sub Tema 1                   :     Kewajiban dan Hakku di Rumah
Pembelajaran                :     1
Alokasi Waktu               :     1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan:    ..................... / ........................

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai pemikiran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan kawasan bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.10 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
3.10.1 Menunjukkan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian dilema (sederhana)
2
4.10 Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri
4.10.1Menuliskan saran tentang kewajiban yang seharusnya dilakukan
MATEMATIKA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
3.3.1Menentukan dua bilangan yang jumlahnya sudah diketahui
2
4.3 Menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
4.3.1Membuat permasalahan berkaitan dengan penjumlahan dua  ilangan cacah dengan hasil  ang ditentukan sendiri

SBdP
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu
3.2.1  Mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dalam lagu
2
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu
4.2.1Memeragakan pola irama  sederhana dalam lagu dengan tepukan

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan membaca teks, siswa sanggup memperlihatkan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian dilema (sederhana) dengan tepat.
2.    Dengan mengamati teks tulis wacana hak, siswa sanggup menuliskan saran tentang kewajiban yang seharusnya dilakukan dengan tepat.
3.    Dengan mengamati cerita, siswa sanggup memilih dua bilangan yang jumlahnya sudah diketahui dengan benar.
4.    Dengan mencontoh kisah yang ada, siswa sanggup menciptakan permasalahan berkaitan dengan penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil yang ditentukan sendiri dengan tepat.
5.    Dengan mengamati guru bernyanyi, siswa sanggup mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dalam lagu dengan tepat.
6.    Setelah mengidentifikasi pola irama sederhana, siswa sanggup memeragakan pola irama sederhana dalam lagu dengan tepukan dengan percaya diri.
7.    Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa sanggup bersyukur dan mempunyai pemahaman akan karunia Tuhan yang telah menganugerahi orang tua yang mempunyai sikap sayang, peduli, dan bertanggung jawab.





v   Karakter siswa yang diharapkan   :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡  Guru membuka pembelajaran dengan berdoa bersama yang dipimpin salah satu siswa. Religius
¡  Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Indonesia Pusaka”. Nasionalis
¡  Guru memberi kesempatan kepada siswa memberikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya.
¡  Siswa mengamati gambar yang terdapat pada halaman pembuka subtema.
¡  Minta mereka memperlihatkan pendapat mengenai gambar tersebut dengan cara bertanya jawab dengan sobat di sebelahnya.
¡  Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
¡  Minta siswa memberikan pendapat sobat di sebelahnya dari hasil tanya jawab. Communication
¡  Siswa membaca teks pada halaman pembuka subtema dengan nyaring dan menyimpulkan apa yang akan mereka pelajari ahad ini.
¡  Guru memberikan bahwa mereka akan membahas wacana kewajiban dan hak, memberi saran, penjumlahan, istirahat untuk kesehatan, dan menyanyi dengan pola irama sederhana dengan tepukan. Communication
10 menit
Inti
§  Siswa mengamati gambar yang ada dan berlatih menciptakan pertanyaan terkait gambar. Mandiri
§  Arahkan dengan kata tanya apa, siapa, mengapa, bagaimana. Mengapa ayah dan ibu begitu perhatian kepada Siti? Bagaimana kira-kira perasaan Siti? Bagaimana bila orang renta Siti tidak perhatian kepadanya?
§  Mintalah siswa mengerjakannya bersama teman di sebelahnya. Collaboration
§  Pertanyaan yang dibentuk sanggup mereka salin di buku latihan. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan.
§  Kegiatan dilanjutkan dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk membaca teks.
§  Siswa berlatih membaca tanpa bunyi (membaca senyap). Siswa membaca sambil mengamati isi teks.
§  Siswa menyimak guru memberi pola cara membaca teks yang baik. Beberapa siswa menerima kesempatan membaca teks dengan baik. Siswa dibantu membaca dengan baik dan bunyi harus terang terdengar semua temantemannya. Berilah motivasi kepada siswa yang bersuara pelan ketika membaca. Selanjutnya siswa diminta berlatih membaca secara sanggup bangkit diatas kaki sendiri di ketika luang. Critical Thinking and Problem Solving
§  Jika memungkinkan, beri siswa kesempatan untuk bertanya terkait teks dan siswa lain diberi kesempatan menjawab sebelum guru merespon.
§  Siswa kembali mengamati teks dan mencari kalimat yang berisi saran di dalam teks.
§  Siswa menggaris bawahi kalimat yang menyatakan saran yang ditemukannya pada teks. Beberapa siswa menerima kesempatan membaca nyaring kalimat-kalimat saran yang ditemukannya pada teks. Siswa lain sanggup membantu mengoreksi jika ada yang salah.
§  Siswa mengidentifikasi kata-kata yang biasa dipakai dalam kalimat saran seperti seharusnya dan sebaiknya.
§  Mintalah siswa bertanya jawab dengan sobat di sebelahnya wacana pengalamannya berkaitan dengan kasih sayang orang renta di rumah. Gotong Royong
§  Beberapa siswa diberi kesempatan memberi contoh kewajiban dan hak berkaitan dengan kasih sayang berdasarkan pengalamannya di rumah. Kegiatan ini dilakukan sebagai pembuka untuk menyelesaikan latihan menciptakan kalimat saran.
§  Beberapa siswa diberi kesempatan menyampaikan contoh kewajiban dan hak terkait kasih sayang orang tua yang telah ia diskusikan bersama temannya. Gotong Royong
§  Siswa menuliskan saran yang harus dilakukan berkaitan dengan hak yang terdapat pada buku dengan memakai bahasa baku dan kalimat efektif.
§  Siswa membaca teks kisah wacana permasalahan berkaitan dengan matematika pada buku. Siswa diberi kesempatan mengamati dan bertanya bila ada hal yang tidak jelas. Guru menjelaskan hal yang tidak dipahami siswa wacana permasalahan tersebut.
§  Siswa berlatih memilih dua bilangan cacah yang hasil jumlahnya sudah diketahui. Bantu siswa dengan contoh-contoh sederhana. Misalnya, bila jumlah hari belajar Siti 100, berapa kemungkinan banyaknya hari Siti berguru sendiri dan berguru ditemani orang tuanya? Siswa memberi pola beberapa kemungkinan. Lalu siswa mengerjakan soal kisah pada buku.
§  Setelah memahami permasalahan, siswa mencoba menyelesaikan permasalahan penjumlahan yang ada pada buku. Siswa diminta bekerja dengan teliti dan mengecek kembali bila sudah selesai. Critical Thinking and Problem Solving
§  Setelah berhasil menuntaskan permasalahan yang ada, siswa diminta  untuk membuat dilema sendiri dan mencarikan pemecahannya. Siswa mendapat kesempatan berkreasi dengan bilangan pilihannya sendiri dan menuliskannya pada buku.
§  Siswa mengenal lagu wacana membalas kasih sayang orang tua. Beri kesempatan kepada siswa untuk mengenal lirik lagu terlebih dahulu. Mintalah pendapat siswa wacana isi lagu. Isi lagu diharapkan mengajarkan mereka bagaimana bersyukur dan berterima kasih kepada orang renta atas kasih sayangnya.
§  Setelah siswa mengamati isi lagu, guru bertanya kepada siswa apakah ada yang sudah dapat menyanyikan lagu yang terdapat pada buku. Siswa yang sudah mengenal lagu menyanyikan lagu di depan kelas. Jika tidak ada siswa yang mengenal lagu, mintalah mereka menyanyikannya sesuai dengan kreasi mereka masing-masing. Mereka dapat mencobanya bersama sobat di sebelahnya. Beberapa siswa menerima kesempatan mencoba menyanyikan lagu tersebut sesuai dengan kreasinya. Setelah dua orang mencoba, guru memberi contoh bagaimana menyanyikan lagu itu dengan benar.
§  Setelah menyimak temannya atau guru menyanyikan lagu “Jika Ibuku Tua Nanti”, siswa berlatih menyanyikan lagu sesuai dengan pola iramanya dibimbing guru. Siswa menyanyikan lagu sambil bertepuk tangan sesuai dengan pola irama lagu.
§  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan jumlah anggota sekitar 5-7 siswa. Beri siswa kesempatan berlatih menyanyikan lagu “Jika Ibuku Tua Nanti” sesuai dengan irama lagu. Minta mereka menyanyi dengan banyak sekali suara. Biarkan mereka memilih sendiri. Misalnya, dengan bunyi lembut sambil menghayati isi lagu, dengan bunyi keras, dan dengan suara menyerupai berbisik. Minta mereka serius dan percaya diri sambil bertepuk tangan. Kemudian beri kesempatan setiap kelompok memberi pendapat cara menyanyi yang terbaik. Collaboration
§  Setelah semua kelompok memperlihatkan pendapatnya, ajak mereka bernyanyi bersama-sama. Integritas
§  Siswa menceritakan perasaan dan pendapatnya setelah menyanyikan lagu.
150 menit
Penutup
¡  Kegiatan diakhiri dengan mengulas kembali kegiatan hari itu. Siswa memejamkan mata, membayangkan kembali apa yang telah mereka dapatkan hingga pelajaran akan ditutup. Masih memejamkan mata, siswa mengucapkan syukur kepada Tuhan atas karunianya hari ini. Berterima kasih atas orang renta yang penyayang, guru yang baik hati, dan teman-teman yang menyenangkan. Religius
15 menit



E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Buku Siswa Tema : Kewajiban dan Hakku Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡  Gambar keluarga yang dekat dan penuh kasih sayang, bisa dari guntingan koran atau majalah
¡  Foto keluarga
¡  Buku teks




Mengetahui
Kepala Sekolah




joni, S.Pd.
NIP. 19570709 197803 1 001
…………, ………….2018
Guru Kelas III




zulnain, S.Pd.
NIP. 19730101 198703 2 005

Apakah bapak dan ibu guru kelas 3 (tiga) sd yang mengajar sekolah k13 sudah menciptakan perangkat pembelajaran semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Jika belum alangkah baiknya sudah mulai dari kini mempersiapkannya.

Salah satu persiapan awal ialah mencari rujukan untuk pembuatan perangkat k13 kelas 3 semester ganjil yakni Buku K13 revisi 2018. Buku tersebut ketika ini sudah mulai dijual di pasaran atau di ecerkan. Untuk harganya anda bisa membaca keputusan mendikbud, disana tertuang spesifikasi buku juga harga eceran tertinggi buku k13.

RPP k13 kelas 3 sd revisi 2018 harus dibentuk atau disusun menurut permendikbud nomor 22 tahun 2016 dan juga buku tematik guru & siswa revisi 2018 yang diterbitkan kemdikbud. Untuk bukunya silahkan anda download di laman buku.kemdikbud.go.id


GAMBAR RPP K13 TEMA 4 REVISI 2018 KEWAJIBAN DAN HAKKU

Bagi bapak dan ibu yang membutuhkan file lengkapnya silahkan hubungi FB saya di alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru". atau wa ke 085273216532

  • RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA IV SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1-6 DOC - SIMPAN RPP

  • RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA IV SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1-6 - SIMPAN RPP

  • RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA IV SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1-6 - SIMPAN RPP

  • RPP K13 SEMESTER GANJIL KELAS 3 TEMA IV SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 1-6 - SIMPAN RPP

file rpp k13 kelas 3 tema 4 revisi 2018 telah tersedia, pantau terus blog ini untuk mengikuti update terbaru file perangkat pembelajaran dari kami

Advertisement
 
Advertisement
 


EmoticonEmoticon