Assalamualaikum. Pada edisi kali ini akan admin publikasikan artikel perihal Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia perminatan SMA/SMK kelas X. Selain RPP ada juga Silabus, Cover, Penetapan Indikator, Analisis keterkaitan KI dan KD, Analisis Standar Kompetensi lulusan, Pemetaan kompetensi dan format penilaian, KKM/ KBM, Analisis alokasi waktu, Analisis kompetensi. Pada buku kerja 2 disusun dokumen Lembar penilaian, Kode etik, Jurnal harian, Kalender pendidikan, Promes dan prota.
Pada RPP mata pelajaran Bahasa Indonesia Perminatan kelas 11 (Sebelas) kurikulum 2013 semester ganjil ada 4 (empat) materi pokok yaitu Tabel dan Grafik (pokok-pokok informasi dan simpulan isi), Biografi tokoh sastra dan tokoh bahasa, Kategori Kata Dalam Tata Bahasa Formal, dan juga Proses Morfologis. Adapun pada semester genap materi pokoknya yaitu Frasa, Jenis-Jenis Makna , Sastra Melayu Klasik dan terakhir yaitu Struktur puisi.
Sebagai pedoman bahwa RPP bahasa indonesia kurikulum 2013 (kurtilas) kelas 10 ini harus disusun menurut Permendikbud nomor 22 tahun 2016 yang telah sesuai format dengan pembelajaran kurun 21 dalam artinya telah terinput acara pembelajaran Literasi, Penguatan pendidikan huruf (PPK), 4C dan hots.
Berikut kami bagikan Kompetensi inti (KI), Kompetensi dasar (KD) dan indikator pencapaian kompetensi RPP Bahasa Indonesia Perminatan kelas 10 edisi revisi 2018.
A. Kompetensi Inti- Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya
- Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.1 Menafsirkan informasi dari suatu tabel dan atau grafik dengan membaca intensif | 3.1.1 Menjelaskan pengertian grafik dan tabel 3.1.2 Menganalisis jenis-jenis grafik 3.1.3 Mengidentifikasi pokok-pokok informasi table dan atau grafik |
4.1 Mengubah informasi dari bentuk tabel dan atau grafik kedalam bentuk uraian. | 4.1.1 Menentukan kesimpulan isi tabel atau grafik 4.1.2 Membuat uraian isi tabel dalam bentuk teks naratif |
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 45 menit ) | ||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi (Menunjukkan sikap disiplin sebelum memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianut (Karakter) serta membiasakan membaca dan memaknai (Literasi)). v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran(PPK : Religious) v Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran. Apersepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menjelaskan tentang: ª Pengertian Grafik ª Jenis / Macam-macam Grafik v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||||||||||||
Kegiatan Inti
|
FILE LENGKAP HUBUNGI 085273216532
- DOWNLOAD Bahasa Indonesia Perminatan kelas X K13 SEMESTER GANJIL DOC- SIMPAN FILE
- DOWNLOAD RPP RPP Bahasa Indonesia Perminatan KELAS X K13 SEMESTER GENAP DOC- SIMPAN FILE
Terima kasih telah membaca postingan kami perihal rpp kurikulum 2013 bahasa perminatan kelas 10 edisi revisi 2018. Jika teladan belum sesuai impian kami mohon maaf. Admin akan berusaha mengupdate perangkat pembelajaran k13 terbaru sesuai dengan revisi dari kemendikbud. Terima kasih
EmoticonEmoticon