Assalamualaikum. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 PKWU SMA/SMK kelas X akan admin bagikan melalui postingan ini. Nah selain RPP ada juga Silabus, Cover, Penetapan Indikator, Analisis keterkaitan KI dan KD, Analisis Standar Kompetensi lulusan, Pemetaan kompetensi dan format penilaian, KKM/ KBM, Analisis alokasi waktu, Analisis kompetensi. Pada buku kerja 2 disusun dokumen Lembar penilaian, Kode etik, Jurnal harian, Kalender pendidikan, Promes dan prota yang juga kami miliki file lengkapnya.
Sahabat pembaca blog guru-id, Pada RPP mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan kurikulum 2013 kelas 10 ada 4 (empat) materi pembelajaran adalah Kerajinan, pengolahan, rekayasa, dan Budidaya. keseluruhannya meliputi semester ganjil dan genap memuat masing-masing materi pokok berbeda sesuai Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti.
1. Pada materi pokok Prakarya (PKWU) kerajinan terdiri dari Pengertian dan Karakteristik Kewirausahaan, Perencanaan Usaha Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Lokal Non Benda, Sistem Produksi Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Lokal Non Benda, Perhitungan Biaya Produksi, Produk Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Non Benda, Pemasaran Produk Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Non Benda, Evaluasi Hasil Kegiatan Usaha Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Non Benda
2. Pada materi pokok Prakarya (PKWU) pengolahan terdiri dari Karakteristik kewirausahaan dalam perjuangan pengolahan masakan awetan dari materi pangan nabati dan hewani, Perencanaan perjuangan pengolahan masakan awetan dari materi pangan nabati, Sistem pengolahan masakan awetan dari materi pangan nabati, Perhitungan biaya pengolahan masakan awetan dari materi pangan nabati, Pemasaran produk pengolahan masakan awetan dari materi pangan nabati, Proses penilaian hasil perjuangan pengolahan masakan awetan dari materi pangan nabati
3. Pada materi pokok Prakarya (PKWU) budidaya terdiri dari Karakteristik kewirausahaan dalam pengolahan masakan awetan nabati dan hewani, Perencanaan perjuangan budidaya flora pangan, Sistem produksi flora pangan, Harga pokok produksi perjuangan budidaya flora pangan, Pemasaran produk perjuangan budidaya flora pangan, Evaluasi hasil acara perjuangan budidaya flora pangan
4. Pada materi pokok Prakarya (PKWU) budidaya terdiri dari Karakteristik kewirausahaan dalam menjalankan acara perjuangan Perencanaan perjuangan produk teknologi transportasi dan logistik, Sistem produksi produk transportasi dan logistik, Harga Pokok Produksi produk transportasi dan logistik, Pemasaran produk transportasi dan logistik secara langsung, Teknik dan proses penilaian hasil acara perjuangan produk transportasi dan logistik
Sebagai pedoman bahwa RPP prakarya kurikulum 2013 (kurtilas) kelas 10 ini harus disusun menurut Permendikbud nomor 22 tahun 2016 yang telah sesuai format dengan pembelajaran periode 21 dalam artinya telah terinput acara pembelajaran Literasi, Penguatan pendidikan aksara (PPK), 4C dan hots.
Berikut kami bagikan Kompetensi inti (KI), Kompetensi dasar (KD) dan indikator pencapaian kompetensi RPP PKWU kelas 10 edisi revisi 2018.
A. Kompetensi IntiKI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan
• KI-1 dan KI-2: Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, daerah regional, dan daerah internasional”.
• KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
• KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Indikator|  Kompetensi Dasar |  Indikator | 
|  3.1       Memahami karakteristik kewirausahaan   (misalnya berorientasi ke masa depan dan berani mengambil risiko) dalam   menjalankan acara perjuangan pengolahan masakan awetan dari materi pangan nabati   dan hewani |  ·      Memahami pengertian kewirausahaan  ·      Memahami macam-macam  kualitas   dasar  ·      Memahami macam-macam  kualitas   insrumental wirausaha yang berhasil dan gagal  ·      Memahami ciri-ciri seorang wirausahawan  ·      Menganalisis hubungan antara pengetahuan  kewiraushaan dan praktik/pengalaman   wirausahawan  | 
|  4.1       Mengidentifikasi karakteristik   kewirausahaan menurut keberhasilan dan kegagalan perjuangan pengolahan masakan   awetan dari materi pangan nabati dan hewani |  ·      Mengidentifikasi karakteristik   kewirausahaan menurut keberhasilan dan kegagalan perjuangan pengolahan masakan   awetan dari materi pangan nabati dan hewani  ·      Menyajikan hasil identifikasi   karakteristik kewirausahaan menurut keberhasilan dan kegagalan perjuangan   pengolahan masakan awetan dari materi pangan nabati dan hewani dalam bentuk   mulut dan tulisan | 
|  Kompetensi   Dasar |  Indikator | 
|  3.1       Memahami karakteristik kewirausahaan   (misalnya berorientasi ke masa depan dan berani mengambil risiko) dalam   menjalankan acara usaha |  ·     Memahami   jenis karakteristik atau dimensi kewirausahaan (kualitas dasar dan kualitas   instrumental kewirausahaan)  ·     Memahami   dasar-dasar pengembangan kewirausahaan  ·     Memahami   ciri-ciri seorang wirausahawan  ·     Mengidentifikasi   faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan wirausahawan  | 
|  4.1       Mengidentifikasi karakteristik   wirausahawan menurut keberhasilan dan kegagalan usaha |  ·     Mengumpulkan   data/informasi ihwal pengertian kewirausahaan, macam- macam  kualitas dasar dan kualitas insrumental   wirausaha yang berhasil dan gagal   ·     Menganalisis   dan menyimpulkan  informasi/data serta   menciptakan hubungan antara pengetahuan    kewiraushaan dan praktik/pengalaman wirausahawan   ·     Menyajikan  hasil    analisis dan final dalam aneka macam bentuk media (lisan dan tulisan) | 
FILE LENGKAP HUBUNGI 085273216532
- DOWNLOAD RPP PKWU KELAS X K13 SEMESTER GANJIL DOC- SIMPAN FILE
- DOWNLOAD RPP RPP PKWU KELAS X K13 SEMESTER GENAP DOC- SIMPAN FILE
Terima kasih telah membaca postingan kami ihwal rpp kurikulum 2013 Prakarya dan kewirausahaan kelas 10 edisi revisi 2018. Jika pola belum sesuai keinginan kami mohon maaf. Admin akan berusaha mengupdate perangkat pembelajaran k13 terbaru sesuai dengan revisi dari kemendikbud. Terima kasih

EmoticonEmoticon