Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP untuk mata pelajaran IPA untuk kelas VIII Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017. Wajib diketahui guru mata pelajaran IPA, khususnya untuk kelas 8. RPP dibuat untuk menjadi tolak ukur seberapa besar tingkat keberhasilan proses berguru mengajar di sekolah.
Sebelum melaksanakan RPP, dibutuhkan kelengkapan manajemen demi terlaksananya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di sekolah. Pada tahun pedoman 2017/2018 ini, perlu adanya pembaruan dalam hal kelengkapan manajemen berdasarkan perkembangan peraturan pemerintah yang berlaku. Penyusunan RPP mengacu pada Permendikbud 22-24 tahun 2016. Intregrasi RPP yaitu sebagai berikut:
- PKK atau Pendidikan Karakter, wajid terintregasikan dalam proses berguru mengajar.
- Mengintegrasikan 4C, yaitu: Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative.
- HOTS atau Higher Order Thinking Skill juga harus dintegrasikan.
Adapun materi yang harus tercantum untuk buku mata pelajaran IPA kelas VIII Kurikulum tahun 2013 Revisi 2017 yaitu sebagai berikut teladan format rpp lengkap dibawah
| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Sekolah :SMPN 4 Gunung Megang
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII /Genap
Materi Pokok : Sistem Pernapasan
Alokasi Waktu : 4 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit
A. Kompetensi Inti
· KI1 dan KI2:Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional.
· KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
· KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah ajaib sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada insan dan memahami gangguan pada sistem pernapasan serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
| · Memahami dan mengidentifikasi organ pernapasan · Memahami mekanisme pernapasan · Memahami banyak sekali gangguan pada sistem pernapasan · Menjelaskan upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan |
4.9 Menyajikan karya perihal upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan | · Menyajikan karya perihal upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan · Membuat poster perihal ancaman merokok bagi kesehatan |
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, penerima didik dibutuhkan dapat:
• Memahami dan mengidentifikasi organ pernapasan
• Memahami mekanisme pernapasan
• Memahami banyak sekali gangguan pada sistem pernapasan
• Menjelaskan upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
• Menyajikan karya perihal upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
• Membuat poster perihal ancaman merokok bagi kesehatan
D. Materi Pembelajaran
Sistem Pernapasan
• Organ pernapasan
• Mekanisme pernapasan
• Gangguan pada sistem pernapasan
• Upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Diskusi dan Eksperimen
3. Model : Discovery Learning
F. Media Pembelajaran
v Media :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Laboratorium IPA sekolah
Ø Perpustakaan sekolah
v Alat/Bahan :
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Slide presentasi (ppt)
G. Sumber Belajar
Ø Buku IPA Kelas VIII Kemdikbud
Ø Buku lain yang menunjang
Ø Multimedia interaktif dan Internet
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama(4 x 40 Menit) |
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menjelaskan perihal materi : Ø Pengantar perihal Sistem Pernapasan v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
Kegiatan Inti ( 130 Menit ) |
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Pengantar perihal Sistem Pernapasandengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. v Mengamati Ø Lembar kerja materi Pengantar perihal Sistem Pernapasan. Ø Pemberian contoh-contoh materi Pengantar perihal Sistem Pernapasanuntuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb v Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Pengantar perihal Sistem Pernapasan. v Menulis Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pengantar perihal Sistem Pernapasan. v Mendengar Pemberian materi Pengantar perihal Sistem Pernapasanoleh guru. v Menyimak Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi : Ø Pengantar perihal Sistem Pernapasan untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Guru memperlihatkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan perihal materi : Ø Pengantar perihal Sistem Pernapasan yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi suplemen perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. | Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian Mengamati dengan seksama materi Pengantar perihal Sistem Pernapasanyang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. v Membaca sumber lain selain buku teks Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali tumpuan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Pengantar perihal Sistem Pernapasanyang sedang dipelajari. v Aktivitas Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Pengantar perihal Sistem Pernapasanyang sedang dipelajari. v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Pengantar perihal Sistem Pernapasanyang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: v Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas teladan dalam buku paket mengenai materi Pengantar perihal Sistem Pernapasan. v Mengumpulkan informasi Mencatat semua informasi perihal materi Pengantar perihal Sistem Pernapasanyang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. v Mempresentasikan ulang Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diriPengantar perihal Sistem Pernapasansesuai dengan pemahamannya. v Saling tukar informasi tentang materi : Ø Pengantar perihal Sistem Pernapasan dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : v Berdiskusi perihal data dari Materi : Ø Pengantar perihal Sistem Pernapasan v Mengolahinformasi dari materi Pengantar perihal Sistem Pernapasanyang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan pertolongan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pengantar perihal Sistem Pernapasan. | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : v Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan perihal materi : Ø Pengantar perihal Sistem Pernapasan antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh penerima didik. | Generalization (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi perihal materi Pengantar perihal Sistem Pernapasanberupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi : Ø Pengantar perihal Sistem Pernapasan v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pengantar perihal Sistem Pernapasandan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. v Bertanya atas presentasi perihal materi Pengantar perihal Sistem Pernapasanyang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS) v Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi : Ø Pengantar perihal Sistem Pernapasan v Menjawab pertanyaan perihal materi Pengantar perihal Sistem Pernapasanyang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Pengantar perihal Sistem Pernapasanyang akan selesai dipelajari v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Pengantar perihal Sistem Pernapasanyang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | |
Catatan : Selama pembelajaran Pengantar perihal Sistem Pernapasanberlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi dilema tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
Peserta didik : v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran perihal materi Pengantar perihal Sistem Pernapasanyang gres dilakukan. v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pengantar perihal Sistem Pernapasanyang gres diselesaikan. v Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran Pengantar perihal Sistem Pernapasan. v Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Pengantar perihal Sistem Pernapasan. v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Pengantar perihal Sistem Pernapasankepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. |
2 . Pertemuan Kedua(4 x 40 Menit) |
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali acara pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menjelaskan perihal materi : Ø Organ pernapasan v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan Pemberian Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu. v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
Kegiatan Inti ( 130 Menit ) |
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Organ pernapasandengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. v Mengamati Ø Lembar kerja materi Organ pernapasan. Ø Pemberian contoh-contoh materi Organ pernapasanuntuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb v Membaca. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Organ pernapasan. v Menulis Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Organ pernapasan. v Mendengar Pemberian materi Organ pernapasanoleh guru. v Menyimak Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi : Ø Organ pernapasan untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Guru memperlihatkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : v Mengajukan pertanyaan perihal materi : Ø Organ pernapasan yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi suplemen perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. | Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian Mengamati dengan seksama materi Organ pernapasanyang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. v Membaca sumber lain selain buku teks Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali tumpuan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Organ pernapasanyang sedang dipelajari. v Aktivitas Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Organ pernapasanyang sedang dipelajari. v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Organ pernapasanyang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: v Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas teladan dalam buku paket mengenai materi Organ pernapasan. v Mengumpulkan informasi Mencatat semua informasi perihal materi Organ pernapasanyang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. v Mempresentasikan ulang Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diriOrgan pernapasansesuai dengan pemahamannya. v Saling tukar informasi tentang materi : Ø Organ pernapasan dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : v Berdiskusi perihal data dari Materi : Ø Organ pernapasan v Mengolahinformasi dari materi Organ pernapasanyang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan pertolongan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Organ pernapasan. | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : v Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan perihal materi : Ø Organ pernapasan antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh penerima didik. | Generalization (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi perihal materi Organ pernapasanberupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi : Ø Organ pernapasan v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Organ pernapasandan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. v Bertanya atas presentasi perihal materi Organ pernapasanyang dilakukan dan penerima didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS) v Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi : Ø Organ pernapasan v Menjawab pertanyaan perihal materi Organ pernapasanyang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Organ pernapasanyang akan selesai dipelajari v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Organ pernapasanyang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | |
Catatan : Selama pembelajaran Organ pernapasanberlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi dilema tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
Peserta didik : v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran perihal materi Organ pernapasanyang gres dilakukan. v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Organ pernapasanyang gres diselesaikan. v Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran Organ pernapasan. v Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Organ pernapasan. v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Organ pernapasankepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. |
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a. Sikap
- Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan sikap penerima didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan eksklusif dilakukan oleh guru. Berikut teladan instrumen evaluasi sikap
No | Nama Siswa | Aspek Perilaku yang Dinilai | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
BS | JJ | TJ | DS |
1 | … | 75 | 75 | 50 | 75 | 275 | 68,75 | C |
2 | … | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek sikap dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas sanggup diubah sesuai dengan aspek sikap yang ingin dinilai
- Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya sentra pembelajaran dari guru kepada penerima didik, maka penerima didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun semoga evaluasi tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari evaluasi diri ini, memilih kompetensi yang akan dinilai, kemudian memilih kriteria evaluasi yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format evaluasi :
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. | 50 |
| 250 | 62,50 | C |
2 | Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara. |
| 50 |
3 | Saya ikut serta dalam menciptakan kesimpulan hasil diskusi kelompok. | 50 |
|
4 | ... | 100 |
|
Catatan :
1. Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas sanggup juga dipakai untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
- Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta penerima didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan evaluasi hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, menciptakan kriteria penilaian, dan juga memilih format penilaiannya. Berikut Contoh format evaluasi sahabat sebaya:
Nama yang diamati : ...
Pengamat : ...
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Mau mendapatkan pendapat teman. | 100 |
| 450 | 90,00 | SB |
2 | Memberikan solusi terhadap permasalahan. | 100 |
|
3 | Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. |
| 100 |
4 | Marah dikala diberi kritik. | 100 |
|
5 | ... |
| 50 |
Catatan :
1. Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
- Penilaian Jurnal(Lihat lampiran)
Untuk mendapatkan password RAR file rpp ipa smp dibawah silahkan hubungi saya di facebook alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru". Terima kasih
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 Sistem Gerak pada Manusia semester ganjil Doc - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 Gerak dan Gaya semester ganjil Doc - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 Pesawat Sederhana semester ganjil Doc - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 Struktur dan Fungsi Tumbuhan semester ganjil Doc - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 Zat Aditif dan Zat Adiktif semester ganjil Doc - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 Sistem Peredaran Darah semester ganjil Doc - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 Sistem Pencernaan pada insan semester ganjil - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 semester 2 materi pokok Tekanan Zat - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 semester 2 materi pokok Sistem Pernapasan - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 semester 2 materi pokok Sistem Ekskresi - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 semester 2 materi pokok Getaran, Gelombang, dan Bunyi - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 semester 2 materi pokok Cahaya - COMOT RPP
Demikian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP IPA Kelas 8 K13 Revisi 2017 yang wajib para guru ketahui.
EmoticonEmoticon