Sahabat guru, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai RPP, khususnya mata pelajaran IPA tingkat Sekolah Menengah Pertama kelas 7 K13 edisi yang telah direvisi 2017.
Kurikulum 13 Revisi 2017 sudah mulai diterapkan tahun 2017/2018. Oleh alasannya ialah itu, dibutuhkan persiapan manajemen yang mendukung biar kurikulum 2013 ini sanggup dilaksanakan. Administrasi yang wajib dipersiapkan ialah RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sebgai pegangan para guru kelas.
Seperti yang kita tahu, guru menciptakan RPP biar proses belajar-mengajar berjalan sesuai dengan peraturan. Penyusunan RPP mengacu pada Permendikbud 22-24 tahun 2016. Intregrasi RPP ialah sebagai berikut:
1. PKK atau Pendidikan Karakter, wajid terintregasikan dalam proses mencar ilmu mengajar.
2. Mengintegrasikan 4C, yaitu: Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative.
3. HOTS atau Higher Order Thinking Skill juga harus dintegrasikan.
Adapun materi untuk buku mata pelajaran IPA kelas VII Kurikulum 13 Revisi 2017 ialah sebagai berikut:
Berikut ialah tumpuan rpp lengkap ipa revisi 2017 k13 terbaru. kelas 7 yang akan admin bagikan sebagai referensi guru.
| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.6 Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel hingga organisme dan komposisi utama penyusun sel | 3.6.1 Menyebutkan tingkatan hierarki kehidupan. 3.6.2 Menjelaskan ihwal sistem. 3.6.3 Melakukan pengamatan sel dengan memakai mikroskop. 3.6.4 Melakukan pengamatan jaringan dengan memakai mikroskop. 3.6.5 Menjelaskan pengertian organ. 3.6.6 Membedakan antara jaringan, organ, dan sistem organ. 3.6.7 Menjelaskan konsep sistem organ dan organisme. 3.6.8 Menyebutkan 3 tumpuan sistem organ yang menyusun organisme. 3.6.9 Memiliki keterampilan berbicara di depan kelas melalui aktivitas presentasi hasil projek sel. |
4.6 Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan | 4.6.1 Peserta didik sanggup melaksanakan kerja ilmiah di sekolah/laboratorium 4.6.2 Peserta didik sanggup melaksanakan pengamatan sel dengan memakai mikroskop. 4.6.3 Peserta didik sanggup melaksanakan pengamatan jaringan dengan memakai mikroskop. |
1. | Pertemuan Ke-1 (3 x 40 Menit) | ||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |||
Guru : | |||
Orientasi | |||
● | Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran | ||
● | Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin | ||
● | Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengawali aktivitas pembelajaran. | ||
Aperpepsi | |||
● | Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya | ||
● | Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. | ||
● | Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. | ||
Motivasi | |||
● | Memberikan citra ihwal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. | ||
● | Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menjelaskan ihwal materi : | ||
| Konsep Organisasi Kehidupan | ||
| |||
● | Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung | ||
● | Mengajukan pertanyaan | ||
Pemberian Acuan | |||
● | Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. | ||
● | Memberitahukan ihwal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung | ||
● | Pembagian kelompok belajar | ||
● | Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||
Kegiatan Inti ( 90 Menit ) | |||
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | ||
Stimulation (stimullasi/ pinjaman rangsangan) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Konsep Organisasi Kehidupan dengan cara : | |||
→ | Melihat (tanpa atau dengan Alat) | ||
| Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. | ||
→ | Mengamati | ||
● | Lembar kerja materi Konsep Organisasi Kehidupan | ||
● | Pemberian contoh-contoh materi Konsep Organisasi Kehidupan untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb | ||
→ | Membaca. | ||
| Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan Konsep Organisasi Kehidupan | ||
→ | Menulis | ||
| Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Konsep Organisasi Kehidupan | ||
→ | Mendengar | ||
| Pemberian materi Konsep Organisasi Kehidupan oleh guru. | ||
→ | Menyimak | ||
| Penjelasan pengantar aktivitas secara garis besar/global ihwal materi pelajaran mengenai materi : | ||
| Konsep Organisasi Kehidupan | ||
| | ||
| untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | ||
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Guru menunjukkan kesempatan pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, misalnya : | |||
→ | Mengajukan pertanyaan ihwal materi : | ||
| Konsep Organisasi Kehidupan | ||
| | ||
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi perhiasan ihwal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. | |||
Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: | |||
→ | Mengamati obyek/kejadian | ||
| Mengamati dengan seksama materi Konsep Organisasi Kehidupan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. | ||
→ | Membaca sumber lain selain buku teks | ||
| Secara disiplin melaksanakan aktivitas literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali referensi dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman ihwal materi Konsep Organisasi Kehidupan yang sedang dipelajari. | ||
→ | Aktivitas | ||
| Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari aktivitas mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Konsep Organisasi Kehidupan yang sedang dipelajari. | ||
→ | Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber | ||
| Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Konsep Organisasi Kehidupan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. | ||
| | ||
COLLABORATION (KERJASAMA) | |||
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: | |||
→ | Mendiskusikan | ||
| Peserta didik dan guru secara bantu-membantu membahas tumpuan dalam buku paket mengenai materi Konsep Organisasi Kehidupan | ||
→ | Mengumpulkan informasi | ||
| Mencatat semua informasi ihwal materi Konsep Organisasi Kehidupan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. | ||
→ | Mempresentasikan ulang |
No | Nama Siswa | Aspek Perilaku yang Dinilai | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | |||
BS | JJ | TJ | DS | |||||
1 | … | 75 | 75 | 50 | 75 | 275 | 68,75 | C |
2 | … | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. | 50 | | 250 | 62,50 | C |
2 | Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara. | | 50 | |||
3 | Saya ikut serta dalam menciptakan kesimpulan hasil diskusi kelompok. | 50 | | |||
4 | ... | 100 | |
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Mau mendapatkan pendapat teman. | 100 | | 450 | 90,00 | SB |
2 | Memberikan solusi terhadap permasalahan. | 100 | | |||
3 | Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. | | 100 | |||
4 | Marah ketika diberi kritik. | 100 | | |||
5 | ... | | 50 |
Untuk mendapatkan password RAR file rpp ipa smp dibawah silahkan hubungi saya di facebook alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru". Terima kasih
- download rpp kurikulum 2013 ipa kelas 7 materi pokok Sistem Organisasi Kehidupan - COMOT RPP
- download rpp kurikulum 2013 ipa kelas 7 materi pokok Sistem Organisasi Kehidupan - COMOT RPP
- download rpp kurikulum 2013 ipa kelas 7 materi pokok Interaksi Mahluk Hidup dengan Lingkungan - COMOT RPP
- download rpp kurikulum 2013 ipa kelas 7 materi pokok Pencemaran Lingkungan - COMOT RPP
- download rpp kurikulum 2013 ipa kelas 7 materi pokok Perubahan Iklim - COMOT RPP
- download rpp kurikulum 2013 ipa kelas 7 materi pokok tata surya - COMOT RPP
- download rpp kurikulum 2013 ipa kelas 7 materi pokok Lapisan Bumi dan Bencana - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas VII kurikulum 2013 Objek Ilmu Pengetahuan Alam dan Pengamatannya semester ganjil Doc - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas VII kurikulum 2013 Klasifikasi Makhluk Hidup ganjil Doc - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas VII kurikulum 2013 Zat dan Karakteristiknya semester ganjil Doc - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas VII kurikulum 2013 Suhu dan Perubahannya semester ganjil Doc - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas VII kurikulum 2013 Kalor dan Perpindahannya semester ganjil Doc - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 7 kurikulum 2013 Kalor dan Perpindahannya semester ganjil Doc - COMOT RPP
EmoticonEmoticon