Rpp Prakarya Kelas 7 K13 Revisi 2017 Semester 2 & 1 Terbaru

Share:

Kelas 7 ialah masa transisi dari fase belum dewasa menjadi fase remaja. Banyak orang bilang bahwa fase dewasa ialah fase yang paling susah untuk dinasihati dan diajari, alasannya ialah dewasa cenderung memberontak dan tidak suka diatur. Mereka lebih bahagia mencari tahu hal-hal yang membuatnya penasaran. Di sinilah kiprah guru sangat diharapkan ketika di lingkungan sekolah.

RPP ialah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang wajib dibuat seorang guru sebelum proses pembelajaran. Tujuannya biar acara berguru mengajar bisa terkonsep dnegan baik sehingga materi yang disampaikan bisa diserap maksimal oleh siswa.

RPP prakaya untuk kelas 7, menyerupai yang telah disebutkan di awal, berusaha mengajak siswa untuk lebih peka dengan potensi yang dimiliki. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tersebut mengajak siswa untuk lebih produktif ke arah yang positif. Dengan dimasukkannya materi prakarya di K13 revisi 2017 oleh pemerintah, diharapkan siswa kelas 7 bisa melewati masa transisinya dengan baik dan sanggup menghasilkan karya yang pastinya membanggakan dirinya sendiri, orang tua, maupun gurunya.

Guru memotivasi siswa dimotivasi untuk menciptakan prakarya sesuai kemampuan dan kebiasan yang dimiliki. Sementara guru mendampingi siswa dan memberi pengarahan selama pembelajaran berlangsung. Hasil prakarya tersebut bisa di pajang di ekspo kelas/sekolah maupun di bawa pulang untuk disimpan siswa sendiri

Untuk lebih jelasnya berikut admin bagikan pola rpp perakarya kelas 7 semester genap revisi 2017.

 Banyak orang bilang bahwa fase dewasa ialah fase yang paling susah untuk dinasihati dan  RPP Prakarya Kelas 7 k13 Revisi 2017 Semester 2 & 1 Terbaru
1.
Pertemuan Ke-1 (2 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali acara pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan perihal materi :

Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 50 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic
Pemberian contoh-contoh materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic
Mendengar

Pemberian materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic oleh guru.
Menyimak

Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi :

Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic



untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya :
Mengajukan pertanyaan perihal materi :

Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic


yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pelengkap perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melaksanakan acara literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang sedang dipelajari.
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi perihal materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :

Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic


dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi perihal data dari Materi :

Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic


Mengolah informasi dari materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan sumbangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara :
Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan perihal materi :

Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic


antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  perihal materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi :

Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic


Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi perihal materi  Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi :

Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic


Menjawab pertanyaan perihal materi  Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran perihal materi  Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang gres dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang gres diselesaikan.
Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran  Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic
Peserta didik yang  selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi kiprah
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.
2.
Pertemuan Ke-2 (2 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali acara pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan perihal materi :

Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 50 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi
Pemberian contoh-contoh materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi
Mendengar

Pemberian materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi oleh guru.
Menyimak

Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi :

Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi



untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya :
Mengajukan pertanyaan perihal materi :

Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi


yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pelengkap perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melaksanakan acara literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang sedang dipelajari.
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi perihal materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :

Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi


dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi perihal data dari Materi :

Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi


Mengolah informasi dari materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan sumbangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara :
Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan perihal materi :

Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi


antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  perihal materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi :

Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi


Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi perihal materi  Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi :

Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi


Menjawab pertanyaan perihal materi  Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran perihal materi  Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang gres dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang gres diselesaikan.
Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran  Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi
Peserta didik yang  selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi kiprah
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.
3.
Pertemuan Ke-3 (2 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali acara pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan perihal materi :

Konstruksi Jembatan

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 50 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Konstruksi Jembatan  dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Konstruksi Jembatan
Pemberian contoh-contoh materi Konstruksi Jembatan  untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Konstruksi Jembatan
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Konstruksi Jembatan
Mendengar

Pemberian materi Konstruksi Jembatan  oleh guru.
Menyimak

Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi :

Konstruksi Jembatan



untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya :
Mengajukan pertanyaan perihal materi :

Konstruksi Jembatan


yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pelengkap perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Konstruksi Jembatan  yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melaksanakan acara literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Konstruksi Jembatan  yang sedang dipelajari.
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Konstruksi Jembatan  yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Konstruksi Jembatan  yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi Konstruksi Jembatan
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi perihal materi Konstruksi Jembatan  yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Konstruksi Jembatan  sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :

Konstruksi Jembatan


dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi perihal data dari Materi :

Konstruksi Jembatan


Mengolah informasi dari materi Konstruksi Jembatan  yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan sumbangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Konstruksi Jembatan
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara :
Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan perihal materi :

Konstruksi Jembatan


antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  perihal materi Konstruksi Jembatan  berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi :

Konstruksi Jembatan


Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Konstruksi Jembatan  dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi perihal materi  Konstruksi Jembatan  yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi :

Konstruksi Jembatan


Menjawab pertanyaan perihal materi  Konstruksi Jembatan  yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Konstruksi Jembatan  yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Konstruksi Jembatan  yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Konstruksi Jembatan  berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran perihal materi  Konstruksi Jembatan  yang gres dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Konstruksi Jembatan  yang gres diselesaikan.
Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran  Konstruksi Jembatan
Peserta didik yang  selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi kiprah
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Konstruksi Jembatan  kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.
4.
Pertemuan Ke-4 (2 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali acara pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan perihal materi :

Sejarah Perkembangan Jembatan

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 50 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Sejarah Perkembangan Jembatan  dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Sejarah Perkembangan Jembatan
Pemberian contoh-contoh materi Sejarah Perkembangan Jembatan  untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Sejarah Perkembangan Jembatan
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Sejarah Perkembangan Jembatan
Mendengar

Pemberian materi Sejarah Perkembangan Jembatan  oleh guru.
Menyimak

Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi :

Sejarah Perkembangan Jembatan



untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya :
Mengajukan pertanyaan perihal materi :

Sejarah Perkembangan Jembatan


yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pelengkap perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Sejarah Perkembangan Jembatan  yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melaksanakan acara literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Sejarah Perkembangan Jembatan  yang sedang dipelajari.
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Sejarah Perkembangan Jembatan  yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Sejarah Perkembangan Jembatan  yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi Sejarah Perkembangan Jembatan
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi perihal materi Sejarah Perkembangan Jembatan  yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Sejarah Perkembangan Jembatan  sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :

Sejarah Perkembangan Jembatan


dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi perihal data dari Materi :

Sejarah Perkembangan Jembatan


Mengolah informasi dari materi Sejarah Perkembangan Jembatan  yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan sumbangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Sejarah Perkembangan Jembatan
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara :
Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan perihal materi :

Sejarah Perkembangan Jembatan


antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  perihal materi Sejarah Perkembangan Jembatan  berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi :

Sejarah Perkembangan Jembatan


Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Sejarah Perkembangan Jembatan  dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi perihal materi  Sejarah Perkembangan Jembatan  yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi :

Sejarah Perkembangan Jembatan


Menjawab pertanyaan perihal materi  Sejarah Perkembangan Jembatan  yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Sejarah Perkembangan Jembatan  yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Sejarah Perkembangan Jembatan  yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Sejarah Perkembangan Jembatan  berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran perihal materi  Sejarah Perkembangan Jembatan  yang gres dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Sejarah Perkembangan Jembatan  yang gres diselesaikan.
Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran  Sejarah Perkembangan Jembatan
Peserta didik yang  selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi kiprah
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Sejarah Perkembangan Jembatan  kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.
5.
Pertemuan Ke-5 (2 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali acara pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan perihal materi :

Konstruksi Jembatan di Dunia

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 50 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Konstruksi Jembatan di Dunia  dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Konstruksi Jembatan di Dunia
Pemberian contoh-contoh materi Konstruksi Jembatan di Dunia  untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Konstruksi Jembatan di Dunia
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Konstruksi Jembatan di Dunia
Mendengar

Pemberian materi Konstruksi Jembatan di Dunia  oleh guru.
Menyimak

Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi :

Konstruksi Jembatan di Dunia



untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya :
Mengajukan pertanyaan perihal materi :

Konstruksi Jembatan di Dunia


yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pelengkap perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Konstruksi Jembatan di Dunia  yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melaksanakan acara literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Konstruksi Jembatan di Dunia  yang sedang dipelajari.
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Konstruksi Jembatan di Dunia  yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Konstruksi Jembatan di Dunia  yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi Konstruksi Jembatan di Dunia
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi perihal materi Konstruksi Jembatan di Dunia  yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Konstruksi Jembatan di Dunia  sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :

Konstruksi Jembatan di Dunia


dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi perihal data dari Materi :

Konstruksi Jembatan di Dunia


Mengolah informasi dari materi Konstruksi Jembatan di Dunia  yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan sumbangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Konstruksi Jembatan di Dunia
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara :
Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan perihal materi :

Konstruksi Jembatan di Dunia


antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  perihal materi Konstruksi Jembatan di Dunia  berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi :

Konstruksi Jembatan di Dunia


Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Konstruksi Jembatan di Dunia  dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi perihal materi  Konstruksi Jembatan di Dunia  yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi :

Konstruksi Jembatan di Dunia


Menjawab pertanyaan perihal materi  Konstruksi Jembatan di Dunia  yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Konstruksi Jembatan di Dunia  yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Konstruksi Jembatan di Dunia  yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Konstruksi Jembatan di Dunia  berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran perihal materi  Konstruksi Jembatan di Dunia  yang gres dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Konstruksi Jembatan di Dunia  yang gres diselesaikan.
Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran  Konstruksi Jembatan di Dunia
Peserta didik yang  selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi kiprah
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Konstruksi Jembatan di Dunia  kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.
6.
Pertemuan Ke-6 (2 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali acara pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan perihal materi :

Jenis-Jenis Jembatan

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 50 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Jenis-Jenis Jembatan  dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Jenis-Jenis Jembatan
Pemberian contoh-contoh materi Jenis-Jenis Jembatan  untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Jenis-Jenis Jembatan
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Jenis-Jenis Jembatan
Mendengar

Pemberian materi Jenis-Jenis Jembatan  oleh guru.
Menyimak

Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi :

Jenis-Jenis Jembatan



untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya :
Mengajukan pertanyaan perihal materi :

Jenis-Jenis Jembatan


yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pelengkap perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Jenis-Jenis Jembatan  yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melaksanakan acara literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Jenis-Jenis Jembatan  yang sedang dipelajari.
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Jenis-Jenis Jembatan  yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Jenis-Jenis Jembatan  yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi Jenis-Jenis Jembatan
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi perihal materi Jenis-Jenis Jembatan  yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Jenis-Jenis Jembatan  sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :

Jenis-Jenis Jembatan


dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi perihal data dari Materi :

Jenis-Jenis Jembatan


Mengolah informasi dari materi Jenis-Jenis Jembatan  yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan sumbangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Jenis-Jenis Jembatan
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara :
Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan perihal materi :

Jenis-Jenis Jembatan


antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  perihal materi Jenis-Jenis Jembatan  berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi :

Jenis-Jenis Jembatan


Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Jenis-Jenis Jembatan  dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi perihal materi  Jenis-Jenis Jembatan  yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi :

Jenis-Jenis Jembatan


Menjawab pertanyaan perihal materi  Jenis-Jenis Jembatan  yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Jenis-Jenis Jembatan  yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Jenis-Jenis Jembatan  yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Jenis-Jenis Jembatan  berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran perihal materi  Jenis-Jenis Jembatan  yang gres dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Jenis-Jenis Jembatan  yang gres diselesaikan.
Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran  Jenis-Jenis Jembatan
Peserta didik yang  selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi kiprah
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Jenis-Jenis Jembatan  kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.
7.
Pertemuan Ke-7 (2 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali acara pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan perihal materi :

Fungsi Sosial Jembatan

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 50 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Fungsi Sosial Jembatan  dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Fungsi Sosial Jembatan
Pemberian contoh-contoh materi Fungsi Sosial Jembatan  untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Fungsi Sosial Jembatan
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Fungsi Sosial Jembatan
Mendengar

Pemberian materi Fungsi Sosial Jembatan  oleh guru.
Menyimak

Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi :

Fungsi Sosial Jembatan



untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya :
Mengajukan pertanyaan perihal materi :

Fungsi Sosial Jembatan


yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pelengkap perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Fungsi Sosial Jembatan  yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melaksanakan acara literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Fungsi Sosial Jembatan  yang sedang dipelajari.
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Fungsi Sosial Jembatan  yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Fungsi Sosial Jembatan  yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi Fungsi Sosial Jembatan
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi perihal materi Fungsi Sosial Jembatan  yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Fungsi Sosial Jembatan  sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :

Fungsi Sosial Jembatan


dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi perihal data dari Materi :

Fungsi Sosial Jembatan


Mengolah informasi dari materi Fungsi Sosial Jembatan  yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan sumbangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Fungsi Sosial Jembatan
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara :
Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan perihal materi :

Fungsi Sosial Jembatan


antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  perihal materi Fungsi Sosial Jembatan  berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi :

Fungsi Sosial Jembatan


Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Fungsi Sosial Jembatan  dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi perihal materi  Fungsi Sosial Jembatan  yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi :

Fungsi Sosial Jembatan


Menjawab pertanyaan perihal materi  Fungsi Sosial Jembatan  yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Fungsi Sosial Jembatan  yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Fungsi Sosial Jembatan  yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Fungsi Sosial Jembatan  berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran perihal materi  Fungsi Sosial Jembatan  yang gres dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Fungsi Sosial Jembatan  yang gres diselesaikan.
Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran  Fungsi Sosial Jembatan
Peserta didik yang  selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi kiprah
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Fungsi Sosial Jembatan  kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.

Untuk mendapat password RAR file rpp prakara smp diatas silahkan hubungi saya di facebook alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru". Terima kasih

Ingin format lengkapnya? silahkan download melalui tautan dibawah

1. Di bawah ini ialah kumpulan perangkat prakarya kerajian kurikulum 2013 edisi revisi 2017 terbaru semua materi pokok
  • download RPP Prakarya kerajinan materi pokok Jenis materi dan teknik pengolahan serat dan tekstil (Semester ganjil) - COMOT RPP

  • download RPP Prakarya kerajinan materi pokok Kerajinan dari materi serat dan tekstil (Semester ganjil) - COMOT RPP

  • download RPP Prakarya kerajinan materi pokok Jenis materi dan teknik pengolahan kertas/plastik lembaran (Semester Genap) - COMOT RPP

  • download RPP Prakarya kerajinan materi pokok Kerajinan dari materi kertas dan plastik lembaran (Semester genap) - COMOT RPP
2. Di bawah ini ialah kumpulan perangkat prakarya rekayasa kurikulum 2013 edisi revisi 2017 terbaru semua materi pokok
  • download RPP Prakarya rekayasa materi pokok Sketsa dan gambar teknik (Semester ganjil) - COMOT RPP

  • download RPP Prakarya rekayasa materi pokok Peralatan kerja (Semester ganjil) - COMOT RPP

  • download RPP Prakarya rekayasa materi pokok Jenis-jenis dan fungsi teknologi konstruksi (Semester Genap) - COMOT RPP

  • download RPP Prakarya rekayasa materi pokok Persambungan dan penguatan pada konstruksi (Semester genap) - COMOT RPP
3. Di bawah ini ialah kumpulan perangkat prakarya budidaya kurikulum 2013 edisi revisi 2017 terbaru semua materi pokok
  • download RPP Prakarya budidaya materi pokok Komoditas tanaman sayuran yang sanggup dikembangkan (Semester ganjil) - COMOT RPP

  • download RPP Prakarya budidaya materi pokok Tahapan budidaya tanaman sayuran (Semester ganjil) - COMOT RPP

  • download RPP Prakarya budidaya materi pokok Komoditas tanaman obat yang sanggup dikembangkan (Semester Genap) - COMOT RPP

  • download RPP Prakarya budidaya materi pokok Tahapan budidaya tanaman obat (Semester genap) - COMOT RPP
4. Di bawah ini ialah kumpulan perangkat prakarya Pengolahan kurikulum 2013 edisi revisi 2017 terbaru semua materi pokok
  • download RPP Prakarya pengolahan materi pokok Pengolahan materi pangan buah menjadi masakan dan minuman (Semester ganjil) - COMOT RPP

  • download RPP Prakarya pengolahan materi pokok Pengolahan materi hasil samping dari pengolahan masakan dan minuman buah segar menjadi produk pangan (Semester ganjil) - COMOT RPP

  • download RPP Prakarya pengolahan materi pokok Pengolahan materi pangan sayuran menjadi masakan dan atau minuman kesehatan (Semester Genap) - COMOT RPP

  • download RPP Prakarya pengolahan materi pokok Pengolahan materi hasil samping dari pengolahan masakan dan minuman sayuran menjadi produk pangan (Semester genap) - COMOT RPP

Untuk mendapat password RAR file rpp prakara smp diatas silahkan hubungi saya di facebook alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru". Terima kasih

Advertisement
 
Advertisement
 


EmoticonEmoticon