Kelas 7 ialah masa transisi dari fase belum dewasa menjadi fase remaja. Banyak orang bilang bahwa fase dewasa ialah fase yang paling susah untuk dinasihati dan diajari, alasannya ialah dewasa cenderung memberontak dan tidak suka diatur. Mereka lebih bahagia mencari tahu hal-hal yang membuatnya penasaran. Di sinilah kiprah guru sangat diharapkan ketika di lingkungan sekolah.
RPP ialah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang wajib dibuat seorang guru sebelum proses pembelajaran. Tujuannya biar acara berguru mengajar bisa terkonsep dnegan baik sehingga materi yang disampaikan bisa diserap maksimal oleh siswa.
RPP prakaya untuk kelas 7, menyerupai yang telah disebutkan di awal, berusaha mengajak siswa untuk lebih peka dengan potensi yang dimiliki. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tersebut mengajak siswa untuk lebih produktif ke arah yang positif. Dengan dimasukkannya materi prakarya di K13 revisi 2017 oleh pemerintah, diharapkan siswa kelas 7 bisa melewati masa transisinya dengan baik dan sanggup menghasilkan karya yang pastinya membanggakan dirinya sendiri, orang tua, maupun gurunya.
Guru memotivasi siswa dimotivasi untuk menciptakan prakarya sesuai kemampuan dan kebiasan yang dimiliki. Sementara guru mendampingi siswa dan memberi pengarahan selama pembelajaran berlangsung. Hasil prakarya tersebut bisa di pajang di ekspo kelas/sekolah maupun di bawa pulang untuk disimpan siswa sendiri
Untuk lebih jelasnya berikut admin bagikan pola rpp perakarya kelas 7 semester genap revisi 2017.
1. | Pertemuan Ke-1 (2 x 40 Menit) | ||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |||
Guru : | |||
Orientasi | |||
● | Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran | ||
● | Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin | ||
● | Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali acara pembelajaran. | ||
Aperpepsi | |||
● | Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya | ||
● | Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. | ||
● | Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. | ||
Motivasi | |||
● | Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. | ||
● | Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan perihal materi : | ||
| Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic | ||
| |||
● | Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung | ||
● | Mengajukan pertanyaan | ||
Pemberian Acuan | |||
● | Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. | ||
● | Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung | ||
● | Pembagian kelompok belajar | ||
● | Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||
Kegiatan Inti ( 50 Menit ) | |||
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | ||
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic dengan cara : | |||
→ | Melihat (tanpa atau dengan Alat) | ||
| Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. | ||
→ | Mengamati | ||
● | Lembar kerja materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic | ||
● | Pemberian contoh-contoh materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb | ||
→ | Membaca. | ||
| Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic | ||
→ | Menulis | ||
| Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic | ||
→ | Mendengar | ||
| Pemberian materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic oleh guru. | ||
→ | Menyimak | ||
| Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi : | ||
| Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic | ||
| | ||
| untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | ||
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : | |||
→ | Mengajukan pertanyaan perihal materi : | ||
| Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic | ||
| | ||
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pelengkap perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. | |||
Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: | |||
→ | Mengamati obyek/kejadian | ||
| Mengamati dengan seksama materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. | ||
→ | Membaca sumber lain selain buku teks | ||
| Secara disiplin melaksanakan acara literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang sedang dipelajari. | ||
→ | Aktivitas | ||
| Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang sedang dipelajari. | ||
→ | Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber | ||
| Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. | ||
| | ||
COLLABORATION (KERJASAMA) | |||
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: | |||
→ | Mendiskusikan | ||
| Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic | ||
→ | Mengumpulkan informasi | ||
| Mencatat semua informasi perihal materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. | ||
→ | Mempresentasikan ulang | ||
| Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic sesuai dengan pemahamannya. | ||
→ | Saling tukar informasi tentang materi : | ||
| Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic | ||
| | ||
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | |||
Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : | |||
→ | Berdiskusi perihal data dari Materi : | ||
| Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic | ||
| | ||
→ | Mengolah informasi dari materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan sumbangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. | ||
→ | Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic | ||
Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : | |||
→ | Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan perihal materi : | ||
| Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic | ||
| | ||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik. | |||
Generalization (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) | ||
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan | |||
→ | Menyampaikan hasil diskusi perihal materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. | ||
→ | Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi : | ||
| Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic | ||
| | ||
→ | Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. | ||
→ | Bertanya atas presentasi perihal materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. | ||
| | ||
CREATIVITY (KREATIVITAS) | |||
→ | Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : | ||
| Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi : | ||
| Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic | ||
| | ||
→ | Menjawab pertanyaan perihal materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. | ||
→ | Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang akan selesai dipelajari | ||
→ | Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | ||
Catatan : Selama pembelajaran Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | |||
Kegiatan Penutup (15 Menit) | |||
Peserta didik : | |||
● | Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran perihal materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang gres dilakukan. | ||
● | Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang gres diselesaikan. | ||
● | Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. | ||
Guru : | |||
● | Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic | ||
● | Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah | ||
● | Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. | ||
2. | Pertemuan Ke-2 (2 x 40 Menit) | ||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |||
Guru : | |||
Orientasi | |||
● | Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran | ||
● | Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin | ||
● | Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali acara pembelajaran. | ||
Aperpepsi | |||
● | Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya | ||
● | Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. | ||
● | Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. | ||
Motivasi | |||
● | Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. | ||
● | Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan perihal materi : | ||
| Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi | ||
| |||
● | Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung | ||
● | Mengajukan pertanyaan | ||
Pemberian Acuan | |||
● | Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. | ||
● | Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung | ||
● | Pembagian kelompok belajar | ||
● | Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||
Kegiatan Inti ( 50 Menit ) | |||
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | ||
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi dengan cara : | |||
→ | Melihat (tanpa atau dengan Alat) | ||
| Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. | ||
→ | Mengamati | ||
● | Lembar kerja materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi | ||
● | Pemberian contoh-contoh materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb | ||
→ | Membaca. | ||
| Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi | ||
→ | Menulis | ||
| Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi | ||
→ | Mendengar | ||
| Pemberian materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi oleh guru. | ||
→ | Menyimak | ||
| Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi : | ||
| Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi | ||
| | ||
| untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | ||
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : | |||
→ | Mengajukan pertanyaan perihal materi : | ||
| Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi | ||
| | ||
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pelengkap perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. | |||
Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: | |||
→ | Mengamati obyek/kejadian | ||
| Mengamati dengan seksama materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. | ||
→ | Membaca sumber lain selain buku teks | ||
| Secara disiplin melaksanakan acara literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang sedang dipelajari. | ||
→ | Aktivitas | ||
| Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang sedang dipelajari. | ||
→ | Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber | ||
| Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. | ||
| | ||
COLLABORATION (KERJASAMA) | |||
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: | |||
→ | Mendiskusikan | ||
| Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi | ||
→ | Mengumpulkan informasi | ||
| Mencatat semua informasi perihal materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. | ||
→ | Mempresentasikan ulang | ||
| Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi sesuai dengan pemahamannya. | ||
→ | Saling tukar informasi tentang materi : | ||
| Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi | ||
| | ||
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | |||
Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : | |||
→ | Berdiskusi perihal data dari Materi : | ||
| Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi | ||
| | ||
→ | Mengolah informasi dari materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan sumbangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. | ||
→ | Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi | ||
Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : | |||
→ | Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan perihal materi : | ||
| Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi | ||
| | ||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik. | |||
Generalization (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) | ||
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan | |||
→ | Menyampaikan hasil diskusi perihal materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. | ||
→ | Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi : | ||
| Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi | ||
| | ||
→ | Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. | ||
→ | Bertanya atas presentasi perihal materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. | ||
| | ||
CREATIVITY (KREATIVITAS) | |||
→ | Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : | ||
| Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi : | ||
| Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi | ||
| | ||
→ | Menjawab pertanyaan perihal materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. | ||
→ | Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang akan selesai dipelajari | ||
→ | Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | ||
Catatan : Selama pembelajaran Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | |||
Kegiatan Penutup (15 Menit) | |||
Peserta didik : | |||
● | Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran perihal materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang gres dilakukan. | ||
● | Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang gres diselesaikan. | ||
● | Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. | ||
Guru : | |||
● | Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi | ||
● | Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah | ||
● | Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. | ||
3. | Pertemuan Ke-3 (2 x 40 Menit) | ||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |||
Guru : | |||
Orientasi | |||
● | Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran | ||
● | Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin | ||
● | Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali acara pembelajaran. | ||
Aperpepsi | |||
● | Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya | ||
● | Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. | ||
● | Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. | ||
Motivasi | |||
● | Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. | ||
● | Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan perihal materi : | ||
| Konstruksi Jembatan | ||
| |||
● | Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung | ||
● | Mengajukan pertanyaan | ||
Pemberian Acuan | |||
● | Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. | ||
● | Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung | ||
● | Pembagian kelompok belajar | ||
● | Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||
Kegiatan Inti ( 50 Menit ) | |||
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | ||
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Konstruksi Jembatan dengan cara : | |||
→ | Melihat (tanpa atau dengan Alat) | ||
| Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. | ||
→ | Mengamati | ||
● | Lembar kerja materi Konstruksi Jembatan | ||
● | Pemberian contoh-contoh materi Konstruksi Jembatan untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb | ||
→ | Membaca. | ||
| Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Konstruksi Jembatan | ||
→ | Menulis | ||
| Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Konstruksi Jembatan | ||
→ | Mendengar | ||
| Pemberian materi Konstruksi Jembatan oleh guru. | ||
→ | Menyimak | ||
| Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi : | ||
| Konstruksi Jembatan | ||
| | ||
| untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | ||
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : | |||
→ | Mengajukan pertanyaan perihal materi : | ||
| Konstruksi Jembatan | ||
| | ||
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pelengkap perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. | |||
Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: | |||
→ | Mengamati obyek/kejadian | ||
| Mengamati dengan seksama materi Konstruksi Jembatan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. | ||
→ | Membaca sumber lain selain buku teks | ||
| Secara disiplin melaksanakan acara literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Konstruksi Jembatan yang sedang dipelajari. | ||
→ | Aktivitas | ||
| Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Konstruksi Jembatan yang sedang dipelajari. | ||
→ | Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber | ||
| Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Konstruksi Jembatan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. | ||
| | ||
COLLABORATION (KERJASAMA) | |||
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: | |||
→ | Mendiskusikan | ||
| Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi Konstruksi Jembatan | ||
→ | Mengumpulkan informasi | ||
| Mencatat semua informasi perihal materi Konstruksi Jembatan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. | ||
→ | Mempresentasikan ulang | ||
| Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Konstruksi Jembatan sesuai dengan pemahamannya. | ||
→ | Saling tukar informasi tentang materi : | ||
| Konstruksi Jembatan | ||
| | ||
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | |||
Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : | |||
→ | Berdiskusi perihal data dari Materi : | ||
| Konstruksi Jembatan | ||
| | ||
→ | Mengolah informasi dari materi Konstruksi Jembatan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan sumbangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. | ||
→ | Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Konstruksi Jembatan | ||
Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : | |||
→ | Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan perihal materi : | ||
| Konstruksi Jembatan | ||
| | ||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik. | |||
Generalization (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) | ||
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan | |||
→ | Menyampaikan hasil diskusi perihal materi Konstruksi Jembatan berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. | ||
→ | Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi : | ||
| Konstruksi Jembatan | ||
| | ||
→ | Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Konstruksi Jembatan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. | ||
→ | Bertanya atas presentasi perihal materi Konstruksi Jembatan yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. | ||
| | ||
CREATIVITY (KREATIVITAS) | |||
→ | Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : | ||
| Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi : | ||
| Konstruksi Jembatan | ||
| | ||
→ | Menjawab pertanyaan perihal materi Konstruksi Jembatan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. | ||
→ | Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Konstruksi Jembatan yang akan selesai dipelajari | ||
→ | Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Konstruksi Jembatan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | ||
Catatan : Selama pembelajaran Konstruksi Jembatan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | |||
Kegiatan Penutup (15 Menit) | |||
Peserta didik : | |||
● | Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran perihal materi Konstruksi Jembatan yang gres dilakukan. | ||
● | Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Konstruksi Jembatan yang gres diselesaikan. | ||
● | Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. | ||
Guru : | |||
● | Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran Konstruksi Jembatan | ||
● | Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah | ||
● | Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Konstruksi Jembatan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. | ||
4. | Pertemuan Ke-4 (2 x 40 Menit) | ||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |||
Guru : | |||
Orientasi | |||
● | Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran | ||
● | Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin | ||
● | Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali acara pembelajaran. | ||
Aperpepsi | |||
● | Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya | ||
● | Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. | ||
● | Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. | ||
Motivasi | |||
● | Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. | ||
● | Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan perihal materi : | ||
| Sejarah Perkembangan Jembatan | ||
| |||
● | Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung | ||
● | Mengajukan pertanyaan | ||
Pemberian Acuan | |||
● | Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. | ||
● | Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung | ||
● | Pembagian kelompok belajar | ||
● | Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||
Kegiatan Inti ( 50 Menit ) | |||
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | ||
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Sejarah Perkembangan Jembatan dengan cara : | |||
→ | Melihat (tanpa atau dengan Alat) | ||
| Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. | ||
→ | Mengamati | ||
● | Lembar kerja materi Sejarah Perkembangan Jembatan | ||
● | Pemberian contoh-contoh materi Sejarah Perkembangan Jembatan untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb | ||
→ | Membaca. | ||
| Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Sejarah Perkembangan Jembatan | ||
→ | Menulis | ||
| Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Sejarah Perkembangan Jembatan | ||
→ | Mendengar | ||
| Pemberian materi Sejarah Perkembangan Jembatan oleh guru. | ||
→ | Menyimak | ||
| Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi : | ||
| Sejarah Perkembangan Jembatan | ||
| | ||
| untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | ||
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : | |||
→ | Mengajukan pertanyaan perihal materi : | ||
| Sejarah Perkembangan Jembatan | ||
| | ||
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pelengkap perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. | |||
Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: | |||
→ | Mengamati obyek/kejadian | ||
| Mengamati dengan seksama materi Sejarah Perkembangan Jembatan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. | ||
→ | Membaca sumber lain selain buku teks | ||
| Secara disiplin melaksanakan acara literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Sejarah Perkembangan Jembatan yang sedang dipelajari. | ||
→ | Aktivitas | ||
| Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Sejarah Perkembangan Jembatan yang sedang dipelajari. | ||
→ | Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber | ||
| Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Sejarah Perkembangan Jembatan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. | ||
| | ||
COLLABORATION (KERJASAMA) | |||
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: | |||
→ | Mendiskusikan | ||
| Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi Sejarah Perkembangan Jembatan | ||
→ | Mengumpulkan informasi | ||
| Mencatat semua informasi perihal materi Sejarah Perkembangan Jembatan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. | ||
→ | Mempresentasikan ulang | ||
| Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Sejarah Perkembangan Jembatan sesuai dengan pemahamannya. | ||
→ | Saling tukar informasi tentang materi : | ||
| Sejarah Perkembangan Jembatan | ||
| | ||
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | |||
Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : | |||
→ | Berdiskusi perihal data dari Materi : | ||
| Sejarah Perkembangan Jembatan | ||
| | ||
→ | Mengolah informasi dari materi Sejarah Perkembangan Jembatan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan sumbangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. | ||
→ | Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Sejarah Perkembangan Jembatan | ||
Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : | |||
→ | Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan perihal materi : | ||
| Sejarah Perkembangan Jembatan | ||
| | ||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik. | |||
Generalization (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) | ||
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan | |||
→ | Menyampaikan hasil diskusi perihal materi Sejarah Perkembangan Jembatan berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. | ||
→ | Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi : | ||
| Sejarah Perkembangan Jembatan | ||
| | ||
→ | Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Sejarah Perkembangan Jembatan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. | ||
→ | Bertanya atas presentasi perihal materi Sejarah Perkembangan Jembatan yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. | ||
| | ||
CREATIVITY (KREATIVITAS) | |||
→ | Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : | ||
| Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi : | ||
| Sejarah Perkembangan Jembatan | ||
| | ||
→ | Menjawab pertanyaan perihal materi Sejarah Perkembangan Jembatan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. | ||
→ | Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Sejarah Perkembangan Jembatan yang akan selesai dipelajari | ||
→ | Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Sejarah Perkembangan Jembatan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | ||
Catatan : Selama pembelajaran Sejarah Perkembangan Jembatan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | |||
Kegiatan Penutup (15 Menit) | |||
Peserta didik : | |||
● | Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran perihal materi Sejarah Perkembangan Jembatan yang gres dilakukan. | ||
● | Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Sejarah Perkembangan Jembatan yang gres diselesaikan. | ||
● | Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. | ||
Guru : | |||
● | Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran Sejarah Perkembangan Jembatan | ||
● | Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah | ||
● | Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Sejarah Perkembangan Jembatan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. | ||
5. | Pertemuan Ke-5 (2 x 40 Menit) | ||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |||
Guru : | |||
Orientasi | |||
● | Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran | ||
● | Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin | ||
● | Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali acara pembelajaran. | ||
Aperpepsi | |||
● | Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya | ||
● | Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. | ||
● | Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. | ||
Motivasi | |||
● | Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. | ||
● | Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan perihal materi : | ||
| Konstruksi Jembatan di Dunia | ||
| |||
● | Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung | ||
● | Mengajukan pertanyaan | ||
Pemberian Acuan | |||
● | Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. | ||
● | Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung | ||
● | Pembagian kelompok belajar | ||
● | Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||
Kegiatan Inti ( 50 Menit ) | |||
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | ||
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Konstruksi Jembatan di Dunia dengan cara : | |||
→ | Melihat (tanpa atau dengan Alat) | ||
| Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. | ||
→ | Mengamati | ||
● | Lembar kerja materi Konstruksi Jembatan di Dunia | ||
● | Pemberian contoh-contoh materi Konstruksi Jembatan di Dunia untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb | ||
→ | Membaca. | ||
| Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Konstruksi Jembatan di Dunia | ||
→ | Menulis | ||
| Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Konstruksi Jembatan di Dunia | ||
→ | Mendengar | ||
| Pemberian materi Konstruksi Jembatan di Dunia oleh guru. | ||
→ | Menyimak | ||
| Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi : | ||
| Konstruksi Jembatan di Dunia | ||
| | ||
| untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | ||
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : | |||
→ | Mengajukan pertanyaan perihal materi : | ||
| Konstruksi Jembatan di Dunia | ||
| | ||
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pelengkap perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. | |||
Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: | |||
→ | Mengamati obyek/kejadian | ||
| Mengamati dengan seksama materi Konstruksi Jembatan di Dunia yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. | ||
→ | Membaca sumber lain selain buku teks | ||
| Secara disiplin melaksanakan acara literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Konstruksi Jembatan di Dunia yang sedang dipelajari. | ||
→ | Aktivitas | ||
| Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Konstruksi Jembatan di Dunia yang sedang dipelajari. | ||
→ | Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber | ||
| Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Konstruksi Jembatan di Dunia yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. | ||
| | ||
COLLABORATION (KERJASAMA) | |||
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: | |||
→ | Mendiskusikan | ||
| Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi Konstruksi Jembatan di Dunia | ||
→ | Mengumpulkan informasi | ||
| Mencatat semua informasi perihal materi Konstruksi Jembatan di Dunia yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. | ||
→ | Mempresentasikan ulang | ||
| Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Konstruksi Jembatan di Dunia sesuai dengan pemahamannya. | ||
→ | Saling tukar informasi tentang materi : | ||
| Konstruksi Jembatan di Dunia | ||
| | ||
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | |||
Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : | |||
→ | Berdiskusi perihal data dari Materi : | ||
| Konstruksi Jembatan di Dunia | ||
| | ||
→ | Mengolah informasi dari materi Konstruksi Jembatan di Dunia yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan sumbangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. | ||
→ | Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Konstruksi Jembatan di Dunia | ||
Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : | |||
→ | Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan perihal materi : | ||
| Konstruksi Jembatan di Dunia | ||
| | ||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik. | |||
Generalization (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) | ||
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan | |||
→ | Menyampaikan hasil diskusi perihal materi Konstruksi Jembatan di Dunia berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. | ||
→ | Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi : | ||
| Konstruksi Jembatan di Dunia | ||
| | ||
→ | Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Konstruksi Jembatan di Dunia dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. | ||
→ | Bertanya atas presentasi perihal materi Konstruksi Jembatan di Dunia yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. | ||
| | ||
CREATIVITY (KREATIVITAS) | |||
→ | Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : | ||
| Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi : | ||
| Konstruksi Jembatan di Dunia | ||
| | ||
→ | Menjawab pertanyaan perihal materi Konstruksi Jembatan di Dunia yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. | ||
→ | Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Konstruksi Jembatan di Dunia yang akan selesai dipelajari | ||
→ | Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Konstruksi Jembatan di Dunia yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | ||
Catatan : Selama pembelajaran Konstruksi Jembatan di Dunia berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | |||
Kegiatan Penutup (15 Menit) | |||
Peserta didik : | |||
● | Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran perihal materi Konstruksi Jembatan di Dunia yang gres dilakukan. | ||
● | Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Konstruksi Jembatan di Dunia yang gres diselesaikan. | ||
● | Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. | ||
Guru : | |||
● | Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran Konstruksi Jembatan di Dunia | ||
● | Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah | ||
● | Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Konstruksi Jembatan di Dunia kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. | ||
6. | Pertemuan Ke-6 (2 x 40 Menit) | ||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |||
Guru : | |||
Orientasi | |||
● | Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran | ||
● | Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin | ||
● | Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali acara pembelajaran. | ||
Aperpepsi | |||
● | Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya | ||
● | Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. | ||
● | Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. | ||
Motivasi | |||
● | Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. | ||
● | Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan perihal materi : | ||
| Jenis-Jenis Jembatan | ||
| |||
● | Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung | ||
● | Mengajukan pertanyaan | ||
Pemberian Acuan | |||
● | Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. | ||
● | Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung | ||
● | Pembagian kelompok belajar | ||
● | Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||
Kegiatan Inti ( 50 Menit ) | |||
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | ||
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Jenis-Jenis Jembatan dengan cara : | |||
→ | Melihat (tanpa atau dengan Alat) | ||
| Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. | ||
→ | Mengamati | ||
● | Lembar kerja materi Jenis-Jenis Jembatan | ||
● | Pemberian contoh-contoh materi Jenis-Jenis Jembatan untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb | ||
→ | Membaca. | ||
| Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Jenis-Jenis Jembatan | ||
→ | Menulis | ||
| Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Jenis-Jenis Jembatan | ||
→ | Mendengar | ||
| Pemberian materi Jenis-Jenis Jembatan oleh guru. | ||
→ | Menyimak | ||
| Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi : | ||
| Jenis-Jenis Jembatan | ||
| | ||
| untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | ||
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : | |||
→ | Mengajukan pertanyaan perihal materi : | ||
| Jenis-Jenis Jembatan | ||
| | ||
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pelengkap perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. | |||
Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: | |||
→ | Mengamati obyek/kejadian | ||
| Mengamati dengan seksama materi Jenis-Jenis Jembatan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. | ||
→ | Membaca sumber lain selain buku teks | ||
| Secara disiplin melaksanakan acara literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Jenis-Jenis Jembatan yang sedang dipelajari. | ||
→ | Aktivitas | ||
| Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Jenis-Jenis Jembatan yang sedang dipelajari. | ||
→ | Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber | ||
| Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Jenis-Jenis Jembatan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. | ||
| | ||
COLLABORATION (KERJASAMA) | |||
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: | |||
→ | Mendiskusikan | ||
| Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi Jenis-Jenis Jembatan | ||
→ | Mengumpulkan informasi | ||
| Mencatat semua informasi perihal materi Jenis-Jenis Jembatan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. | ||
→ | Mempresentasikan ulang | ||
| Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Jenis-Jenis Jembatan sesuai dengan pemahamannya. | ||
→ | Saling tukar informasi tentang materi : | ||
| Jenis-Jenis Jembatan | ||
| | ||
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | |||
Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : | |||
→ | Berdiskusi perihal data dari Materi : | ||
| Jenis-Jenis Jembatan | ||
| | ||
→ | Mengolah informasi dari materi Jenis-Jenis Jembatan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan sumbangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. | ||
→ | Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Jenis-Jenis Jembatan | ||
Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : | |||
→ | Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan perihal materi : | ||
| Jenis-Jenis Jembatan | ||
| | ||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik. | |||
Generalization (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) | ||
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan | |||
→ | Menyampaikan hasil diskusi perihal materi Jenis-Jenis Jembatan berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. | ||
→ | Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi : | ||
| Jenis-Jenis Jembatan | ||
| | ||
→ | Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Jenis-Jenis Jembatan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. | ||
→ | Bertanya atas presentasi perihal materi Jenis-Jenis Jembatan yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. | ||
| | ||
CREATIVITY (KREATIVITAS) | |||
→ | Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : | ||
| Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi : | ||
| Jenis-Jenis Jembatan | ||
| | ||
→ | Menjawab pertanyaan perihal materi Jenis-Jenis Jembatan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. | ||
→ | Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Jenis-Jenis Jembatan yang akan selesai dipelajari | ||
→ | Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Jenis-Jenis Jembatan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | ||
Catatan : Selama pembelajaran Jenis-Jenis Jembatan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | |||
Kegiatan Penutup (15 Menit) | |||
Peserta didik : | |||
● | Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran perihal materi Jenis-Jenis Jembatan yang gres dilakukan. | ||
● | Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Jenis-Jenis Jembatan yang gres diselesaikan. | ||
● | Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. | ||
Guru : | |||
● | Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran Jenis-Jenis Jembatan | ||
● | Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah | ||
● | Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Jenis-Jenis Jembatan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. | ||
7. | Pertemuan Ke-7 (2 x 40 Menit) | ||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |||
Guru : | |||
Orientasi | |||
● | Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran | ||
● | Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin | ||
● | Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengawali acara pembelajaran. | ||
Aperpepsi | |||
● | Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya | ||
● | Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. | ||
● | Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. | ||
Motivasi | |||
● | Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. | ||
● | Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diharapkan sanggup menjelaskan perihal materi : | ||
| Fungsi Sosial Jembatan | ||
| |||
● | Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung | ||
● | Mengajukan pertanyaan | ||
Pemberian Acuan | |||
● | Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. | ||
● | Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung | ||
● | Pembagian kelompok belajar | ||
● | Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||
Kegiatan Inti ( 50 Menit ) | |||
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | ||
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Fungsi Sosial Jembatan dengan cara : | |||
→ | Melihat (tanpa atau dengan Alat) | ||
| Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. | ||
→ | Mengamati | ||
● | Lembar kerja materi Fungsi Sosial Jembatan | ||
● | Pemberian contoh-contoh materi Fungsi Sosial Jembatan untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb | ||
→ | Membaca. | ||
| Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Fungsi Sosial Jembatan | ||
→ | Menulis | ||
| Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Fungsi Sosial Jembatan | ||
→ | Mendengar | ||
| Pemberian materi Fungsi Sosial Jembatan oleh guru. | ||
→ | Menyimak | ||
| Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi : | ||
| Fungsi Sosial Jembatan | ||
| | ||
| untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | ||
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya : | |||
→ | Mengajukan pertanyaan perihal materi : | ||
| Fungsi Sosial Jembatan | ||
| | ||
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pelengkap perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. | |||
Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: | |||
→ | Mengamati obyek/kejadian | ||
| Mengamati dengan seksama materi Fungsi Sosial Jembatan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. | ||
→ | Membaca sumber lain selain buku teks | ||
| Secara disiplin melaksanakan acara literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Fungsi Sosial Jembatan yang sedang dipelajari. | ||
→ | Aktivitas | ||
| Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Fungsi Sosial Jembatan yang sedang dipelajari. | ||
→ | Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber | ||
| Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Fungsi Sosial Jembatan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. | ||
| | ||
COLLABORATION (KERJASAMA) | |||
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: | |||
→ | Mendiskusikan | ||
| Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas pola dalam buku paket mengenai materi Fungsi Sosial Jembatan | ||
→ | Mengumpulkan informasi | ||
| Mencatat semua informasi perihal materi Fungsi Sosial Jembatan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. | ||
→ | Mempresentasikan ulang | ||
| Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Fungsi Sosial Jembatan sesuai dengan pemahamannya. | ||
→ | Saling tukar informasi tentang materi : | ||
| Fungsi Sosial Jembatan | ||
| | ||
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat. | |||
Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : | |||
→ | Berdiskusi perihal data dari Materi : | ||
| Fungsi Sosial Jembatan | ||
| | ||
→ | Mengolah informasi dari materi Fungsi Sosial Jembatan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan sumbangan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. | ||
→ | Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Fungsi Sosial Jembatan | ||
Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : | |||
→ | Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menerangkan perihal materi : | ||
| Fungsi Sosial Jembatan | ||
| | ||
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik. | |||
Generalization (menarik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) | ||
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan | |||
→ | Menyampaikan hasil diskusi perihal materi Fungsi Sosial Jembatan berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. | ||
→ | Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi : | ||
| Fungsi Sosial Jembatan | ||
| | ||
→ | Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Fungsi Sosial Jembatan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan. | ||
→ | Bertanya atas presentasi perihal materi Fungsi Sosial Jembatan yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. | ||
| | ||
CREATIVITY (KREATIVITAS) | |||
→ | Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : | ||
| Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi : | ||
| Fungsi Sosial Jembatan | ||
| | ||
→ | Menjawab pertanyaan perihal materi Fungsi Sosial Jembatan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan. | ||
→ | Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Fungsi Sosial Jembatan yang akan selesai dipelajari | ||
→ | Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Fungsi Sosial Jembatan yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | ||
Catatan : Selama pembelajaran Fungsi Sosial Jembatan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | |||
Kegiatan Penutup (15 Menit) | |||
Peserta didik : | |||
● | Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran perihal materi Fungsi Sosial Jembatan yang gres dilakukan. | ||
● | Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Fungsi Sosial Jembatan yang gres diselesaikan. | ||
● | Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. | ||
Guru : | |||
● | Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran Fungsi Sosial Jembatan | ||
● | Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah | ||
● | Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Fungsi Sosial Jembatan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. |
Untuk mendapat password RAR file rpp prakara smp diatas silahkan hubungi saya di facebook alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru". Terima kasih
Ingin format lengkapnya? silahkan download melalui tautan dibawah
- download RPP Prakarya kerajinan materi pokok Jenis materi dan teknik pengolahan serat dan tekstil (Semester ganjil) - COMOT RPP
- download RPP Prakarya kerajinan materi pokok Kerajinan dari materi serat dan tekstil (Semester ganjil) - COMOT RPP
- download RPP Prakarya kerajinan materi pokok Jenis materi dan teknik pengolahan kertas/plastik lembaran (Semester Genap) - COMOT RPP
- download RPP Prakarya kerajinan materi pokok Kerajinan dari materi kertas dan plastik lembaran (Semester genap) - COMOT RPP
- download RPP Prakarya rekayasa materi pokok Sketsa dan gambar teknik (Semester ganjil) - COMOT RPP
- download RPP Prakarya rekayasa materi pokok Peralatan kerja (Semester ganjil) - COMOT RPP
- download RPP Prakarya rekayasa materi pokok Jenis-jenis dan fungsi teknologi konstruksi (Semester Genap) - COMOT RPP
- download RPP Prakarya rekayasa materi pokok Persambungan dan penguatan pada konstruksi (Semester genap) - COMOT RPP
- download RPP Prakarya budidaya materi pokok Komoditas tanaman sayuran yang sanggup dikembangkan (Semester ganjil) - COMOT RPP
- download RPP Prakarya budidaya materi pokok Tahapan budidaya tanaman sayuran (Semester ganjil) - COMOT RPP
- download RPP Prakarya budidaya materi pokok Komoditas tanaman obat yang sanggup dikembangkan (Semester Genap) - COMOT RPP
- download RPP Prakarya budidaya materi pokok Tahapan budidaya tanaman obat (Semester genap) - COMOT RPP
- download RPP Prakarya pengolahan materi pokok Pengolahan materi pangan buah menjadi masakan dan minuman (Semester ganjil) - COMOT RPP
- download RPP Prakarya pengolahan materi pokok Pengolahan materi hasil samping dari pengolahan masakan dan minuman buah segar menjadi produk pangan (Semester ganjil) - COMOT RPP
- download RPP Prakarya pengolahan materi pokok Pengolahan materi pangan sayuran menjadi masakan dan atau minuman kesehatan (Semester Genap) - COMOT RPP
- download RPP Prakarya pengolahan materi pokok Pengolahan materi hasil samping dari pengolahan masakan dan minuman sayuran menjadi produk pangan (Semester genap) - COMOT RPP
Untuk mendapat password RAR file rpp prakara smp diatas silahkan hubungi saya di facebook alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru". Terima kasih
EmoticonEmoticon