Silabus K13 Kelas 3 Revisi 2018 Semester Ganjil

Share:

Assalamualaikum sahabat guru Indonesia. Pada postingan kali ini admin akan membuatkan silabus kurikulum 2013 khusus kelas 3 (tiga) sd yang telah di revisi sesuai dengan buku tematik terpadu guru kelas III yang telah diterbitkan kemendikbud tahun 2018. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa silabus yaitu dokumen perangkat pembelajaran yang berisi rencana pembelajaran dengan memuat kompetensi dasar, materi pembelajaran, acara pembelajaran. Namun didalamnya juga bisa meliputi kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD), materi pokok/pembelajaran, acara pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.

Silabus kelas 3 edisi terbaru atau revisi tahun 2018 semester ganjil yang akan admin share ini terdiri dari 4 tema yakni pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, mengasihi flora dan hewan, benda di sekitarku, dan terkahir kewajiban dan hakku. Untuk jelasnya silahkan bapak dan ibu guru lihat rujukan singkat dibawah

 Pada postingan kali ini admin akan membuatkan silabus kurikulum  Silabus k13 kelas 3 Revisi 2018 Semester Ganjil
  • download Silabus k13 kelas 3 semester ganjil revisi 2018 tema 1 - COMOT FILE

  • Silabus k13 kelas 3 semester ganjil revisi 2018 tema 2 - COMOT FILE

  • download Silabus k13 kelas 3 semester ganjil revisi 2018 tema 3 - COMOT FILE

  • download Silabus k13 kelas 3 semester ganjil revisi 2018 tema 4 - COMOT FILE
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
SUB TEMA 1 PB 1


Bahasa Indonesia


3.4 Mencermati kosakata dalam teks ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  Membaca dan menjawab pertanyaan sesuai teks ihwal ciri-ciri makhluk hidup.
  Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
  Menulis ciri-ciri makhluk hidup.

§  Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup menurut gambar. Critical Thinking and Problem Solving
§  Berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang disampaikan guru mengenai ciri-ciri makhluk hidup.
§  Menuliskan ciri-ciri nyamuk dan ikan yang ada pada gambar. Mandiri

4.4 Menyajikan laporan ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis memakai kosakata baku dalam kalimat efektif.

MTK

 

 

3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
  Menulis nama dan lambang bilangan.
   Mengurutkan bilangan.
§  Mengenal nama dan lambang bilangan ribuan. Communication
§  Berlatih mengurutkan bilangan, sesuai dengan kartu bilangan yang dimiliki bersama 4 orang sahabat lainnya. Critical Thinking and Problem Solving
§  Berlatih menuliskan nama dan lambang bilangan 1.000 hingga dengan 10.000 yang ada pada buku.

4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

SBdP

 

 

3.2 Mengetahui bentuk danvariasi pola irama dalamlagu.
  Menyanyi lagu yang mempunyai pola irama sederhana.
  Membaca pola irama sederhana pada lagu.

§  Mengenal lagu Cicak di Dinding.
§  Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada teks lagu. Critical Thinking and Problem Solving
§  Mengamati guru menyanyikan lagu Cicak di Dinding.
§  Mengamati tanda       dan          yang ada pada syair lagu.
§  Berlatih menyanyi secara bergantian.
4.2 Menampilkan bentuk danvariasi irama melalui lagu.
SUB TEMA 1 PB 2


Bahasa Indonesia


3.4 Mencermati kosakata dalam teks ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  Membaca dan mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
  Membuat kalimat menurut kosa kata yang diberikan.

§  Mengamati ciri kedua makhluk hidup yaitu bernapas. Siswa berdiskusimengenai cara flora bernapas. Jika memungkinkan lakukan kegiatanpercobaan untuk menandakan flora bernapas.Creativity and Innovation
§  Mendiskusikan ciri-ciri makhluk hidup lainnya, yaitu tumbuh. Sejak kelas 1sampai dengan kelas 3 tentunya ada banyak perubahan pada siswa. Begitupunpada makhluk hidup lainnya. Kucing, ayam, dan flora akan tumbuh dari kecilmenjadi besar.Critical Thinking and Problem Solving
§  Berlatih menuliskan aneka macam cara berkembang biak hewan.
4.4 Menyajikan laporan ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis memakai kosakata baku dalam kalimat efektif.
PPKn


1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
  Berdiskusi ihwal cara memenangkan sebuah perlombaan dan perilaku yang harus dilakukan.
Bercerita ihwal pengalaman mempraktikkan perilaku bersyukur.
§  Membaca teks ihwal Bersyukur kepada Tuhan.
§  Menuliskan cara-cara bersyukur atas rahmat Tuhan terutama berkaitandengan karunia keragaman makhluk hidup dan alat geraknya.Critical Thinking and Problem Solving
§  Menuliskan pada daerah yang tersedia.Mandiri
§  Menceritakan hasil goresan pena di depan teman-teman.
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

PJOK

 

 

3.1 Memahami kombinasigerak dasar lokomotorsesuai dengan konseptubuh, ruang, usaha, danketerhubungan dalamberbagai bentuk permainansederhana dan atautradisional.
  Mempraktikkan aneka macam macam cara berjalan dan berlari.
  Mempraktikkan gerak kombinasi jalan dan lari.

§  Mempraktikkan aneka macam cara berjalan dan berlari. Berjalan danberlari merupakan cara insan bergerak dan berpindah tempat.Creativity and Innovation
§  Mencoba melaksanakan aneka macam cara berlari secara perkelompok danperorangan.
§  Mencoba acara kombinasi berlari dan berjalan melalui permainanlomba jalan dan lari.Creativity and Innovation
4.1 Mempraktikkan kombinasigerak dasar lokomotorsesuai dengan konseptubuh, ruang, usaha, danketerhubungan dalamberbagai bentuk permainansederhana dan atautradisional.

SUB TEMA 1 PB 3

 

 

Bahasa Indonesia

 

 

3.4 Mencermati kosakata dalam teks ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup menurut gambar.
  Menemukan korelasi antar kedua gambar.
  Menceritakan hasil perbandingan.

§  Mengamati ciri-ciri makhluk hidup yang adapada gambar.
§  Menuliskan hasil pengamatan pada daerah yang tersedia pada buku.Mandiri
§  Mengamati gambar keluarga Siti sedang makan bersama dan gambarinduk, telur, serta anak ayam.
§  Berlatih menuliskan informasi yang sanggup diperoleh dari gambar tersebut,dan menuliskan.Critical Thinking and Problem Solving
4.4 Menyajikan laporan ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis memakai kosakata baku dalam kalimat efektif.

Matematika

 

 

3.1 Menjelaskan sifat-sifatoperasi hitung padabilangan cacah.
  Berlatih membilang secara loncat bilangan 1.000 hingga dengan 10.000.
  Berlatih mengurutkan bilangan 1.000 hingga dengan 10.000.
   Berlatih memilih nilai daerah bilangan.
§  Diingatkan kembali dengan bilangan ribuan dan berlatih membaca namadan lambang bilangannya.
§  Mengamati rujukan suatu data hasil dari sebuh peternakan.
§  Berlatih menuntaskan soal latihan mengenai nama dan lambang bilangan.Critical Thinking and Problem Solving
4.1 Menyelesaikan masalahyang melibatkanpenggunaan sifat-sifatoperasi hitung padabilangan cacah.
SBdP


3.2 Mengetahui bentuk danvariasi pola irama dalamlagu.

  Menyanyikan lagu Anak Ayam.
  Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada lagu Anak Ayam.
  Mengidentifikasi pola irama sederhana pada lagu.


§  Mengamati guru menyanyikan lagu Anak Ayam.
§  Berlatih menyanyi lagu Anak Ayam.
§  Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada syair lagu AnakAyam.
§  Mengidentifikasi jenis pola irama yang ada pada lagu Anak Ayamdengan cara memberi simbol suara panjang dan suara pendek pada syair lagu.Critical Thinking and Problem Solving
§  Berlatih membuat pola suara panjang dan suara pendek pada lagu AnakAyam.
§  Menyanyikan lagu Anak Ayam dengan pola yang telah dibuat.
4.2 Menampilkan bentuk danvariasi irama melalui lagu.

SUB TEMA 1 PB 4

 

 

Bahasa Indonesia

 

 

3.4 Mencermati kosakata dalam teks ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  Berdiskusi pentingnya menjaga kesehatan.

§  Mendengarkan klarifikasi guru ihwal ciri makhluk hidup lainnya yaitu tumbuh. Communication
§  Pertumbuhan artinya bertambah ukuran baik berat maupun tingginya.
§  Pertumbuhan juga dipengaruhi kebiasaan berolahraga.

4.4 Menyajikan laporan ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis memakai kosakata baku dalam kalimat efektif.

PPKn

 

 

1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
  Mengidentifikasi cara bersyukur.
    Menulis dan menceritakan pengalaman perilaku bersyukur.
§  Membaca teks ihwal Bersyukur kepada Tuhan.
§  Menuliskan cara-cara bersyukur atas rahmat Tuhan terutama berkaitandengan karunia keragaman makhluk hidup dan alat geraknya.Critical Thinking and Problem Solving
§  Menuliskan pada daerah yang tersedia.Mandiri
§  Menceritakan hasil goresan pena di depan teman-teman.
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

PJOK

 

 

3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
  Bermain kuda-kudaan.
  Berdiskusi manfaat berolahraga melalui acara bermain kuda-kudaan.

§  Siswa akan berolahraga melalui permainan kuda-kudaan.
§  Sebelum bermain, siswa melaksanakan pemanasan terlebih dahulu.
§  Bermain kuda-kudaan yaitu salah satu acara olahraga. Karena permainan kuda-kudaan sanggup membantu memperkuat tangan dan kaki siswa.
§  Berdiskusi mengenai manfaat olahraga melalui permainan kuda-kudaan. Communication
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

SUB TEMA 1 PB 5

 

 

Bahasa Indonesia

 

 

3.4 Mencermati kosakata dalam teks ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  Mengidentifikasi acara pada setiap gambar berseri.
  Membuat kisah menurut gambar berseri.

§  Mengamati gambar berseri.
§  Menuliskan kisah menurut gambar tersebut.
§  Berdiskusi ihwal salah satu siswa yang ada pada gambar berseri.

4.4 Menyajikan laporan ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis memakai kosakata baku dalam kalimat efektif.
PPKn


1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
  Mengidentifkasi kebiasaan baik yang harus dilakukan sebelum dan setelah makan.
  Menceritakan kebiasaan baik yang harus dilakukan sebelum dan setelah makan.

§  Berdiskusi mengenai hal-hal yang menjadikan siswa tersebut sakit. Critical Thinking and Problem Solving
§  Salah satu hal yang mengakibatkan beliau sakit yaitu lantaran makan sebelum basuh tangan. Setelah bermain tanah, tentunya banyak bakteri yang hinggap ditangannya.
§  Saat beliau makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, mengakibatkan ia gampang untuk sakit.
§  Menuliskan kebiasaan baik yang biasa dilakukan sebelum makan.
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

Matematika

 

 

3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

  Berlatih menuntaskan soal penjumlahan dengan cara susun ke bawah.
  Berlatih menuntaskan soal kisah penjumlahan.
§  Berlatih menyelesaikan duduk masalah yang diberikan. Critical Thinking and Problem Solving
§  Memberikan suplemen soal untuk latihan siswa.
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

SUB TEMA 1 PB 6

 

 

Bahasa Indonesia

 

 

3.4 Mencermati kosakata dalam teks ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
  Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
  Menuliskan ciri-ciri makhluk hidup menurut gambar dan perilaku yang harus dilakukan.

§  Mengingat kembali ciri-ciri makhluk hidup.
§  Mengamati gambar, kemudian mengidentifikasiciri-ciri makhluk hidup yang ada pada gambar.
§  Mengidentifikasi perilaku yang erkaitan dengan gambar tersebut.Critical Thinking and Problem Solving


4.4 Menyajikan laporan ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis memakai kosakata baku dalam kalimat efektif.

Matematika

 

 

3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

  Menyelesaikan soal penjumlahan.
     Berlatih membuat soal cerita.
§  Mengingat kembali teknik penjumlahan susun ke bawah yang sudahdipelajari sebelumnya.
§  Menjawab pertanyaan ihwal soal penjumlahan yang diberikan guru.Mandiri
§  Menyelesaikan soal yang ada pada gambar ikan.Critical Thinking and Problem Solving
§  Berlatih membuat soal kisah penjumlahan, kemudian meminta sahabat lain menjawab pertanyaan yang dibuatnya. Lakukan acara tersebut secara bergantian. Collaboration

4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

SBdP

 

 

3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.

  Mengidentifikasi cara bersyukur.
  Menuliskan perilaku bersyukur yang pernah dilakukan.

§  Mengerjakan latihan ihwal cara bersyukur.
§  Cara bersyukur atas karunia kaki untuk berjalan bisa dilakukan dengan caramemelihara kaki. Menggunakan sepatu atau sandal biar terhindar dari bendaberbahaya. Menggunakan untuk hal yang baik.
§  Mensyukuri tubuh yang tumbuh besar dengan cara menjaga asupan makanan.Badan yang berpengaruh membuat energi makin kuat. Kekuatan dipakai untukmelindungi atau membantu yang lain.
§  Mensyukuri lantaran mempunyai kuliner dan minuman dengan cara berdoa sebelumdan setelah makan.
§  Mensyukuri kemampuan bernapas dengan ikut menjaga lingkungan. Sehinggaudara yang dihirup selalu higienis dan sehat untuk tubuh.
§  Bersyukur atas keluarga yang mengasihi dengan cara mengasihi kembalisemua anggota keluarga.
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu.

SUB TEMA 2 PB 1

 

 

Bahasa Indonesia

 

 

3.4 Mencermati kosakatadalam teks tentangkonsep ciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yang ada dilingkungan setempat yangdisajikan dalam bentuklisan, tulis, visual, dan/ataueksplorasi lingkungan.
    Mengidentifikasi ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan manusia.
    Membuat pertanyaan untuk mewawancarai orang tua.

§  Membaca teks ihwal pertumbuhan dan perkembangan manusia.
§  Menjawab pertanyaan guru ihwal pertumbuhan dan perkembangan menurut teks yang dibaca. Mandiri
§  Mengidentifikasi pertumbuhan dan perkembangan dirinya. Untuk melengkapi informasi ihwal pertumbuhan dan perkembangan dirinya, siswa diminta untuk membuat pertanyaan yang akan disampaikan pada orang tuanya. Mandiri
4.4 Menyajikan laporantentang konsepciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yangada di lingkungansetempat secara tertulismenggunakan kosakatabaku dalam kalimat efektif.

Matematika

 

 

3.1 Menjelaskan sifat-sifatoperasi hitung padabilangan cacah.
   Berlatih menyelesaian soal penjumlahan tanpa teknik menyimpan.
§  Mengingat kembali cara penyelesaian soal penjumlahan.
§  Mengamati klarifikasi ihwal cara penyelesaian soal penjumlahan dengan nilai bilangan ribuan.
§  Dikenalkan dengan cara penjumlahan dengan teknik menyimpan.

4.1 Menyelesaikan masalahyang melibatkanpenggunaan sifat-sifatoperasi hitung padabilangan cacah.

SBdP

 

 

3.3 Mengetahui dinamikagerak tari.
    Berlatih menari dengan gerakan lambat pada tangan.

§  Berlatih mempraktikkan gerak lemah dan berpengaruh dalam sebuah tarian
4.3 Meragakan dinamika geraktari.

SUB TEMA 2 PB 2

 

 

Bahasa Indonesia

 

 

3.4 Mencermati kosakatadalam teks tentangkonsep ciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yang ada dilingkungan setempat yangdisajikan dalam bentuklisan, tulis, visual, dan/ataueksplorasi lingkungan.
    Menulis ihwal pertumbuhan dan perkembangan diri.

§  Mengidentifikasi informasi apa saja yang diterima dari orang renta mengenaiproses pertumbuhan dan perkembangan yang dialaminya. Misalnya, berat badansaat lahir, usia ketika pertama kali bisa merangkak atau berjalan, dan lain-lain.Critical Thinking and Problem Solving
§  Menuliskan kembali informasi tersebut menjadi sebuah kisah tentangpertumbuhan dan perkembangan dirinya.Mandiri
4.4 Menyajikan laporantentang konsepciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yangada di lingkungansetempat secara tertulismenggunakan kosakatabaku dalam kalimat efektif.

PPKn

 

 

1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
    Menuliskan perilaku baik dalam mendapatkan perbedaan.
§  Membaca teks ihwal “Menghargai Perbedaan”.
§  Berlatih menuliskan pendapatnya jikalau melihat perbedaan yang ada disekitar.Mandiri
§  Menyampaikan pendapatnya di depan teman-teman.Communication
§  Diingatkan kembali ihwal contoh–contoh perilaku yang merupakanpengamalan Pancasila. Saling menghormati dan mengasihi antarsesamatermasuk pengamalan sila kedua Pancasila.Creativity and Innovation
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

PJOK

 

 

3.1 Memahami kombinasigerak dasar lokomotorsesuai dengan konseptubuh, ruang, usaha, danketerhubungan dalamberbagai bentuk permainansederhana dan atautradisional.
    Bermain langgar kecepatan berjalan merangkak dan berlari.

§  Perkembangan kekuatan dan kecepatan juga berbeda-beda.
§  Siswa diajak bermain langgar kecepatan berjalan merangkak dan berlari.
§  Selain tinggi dan berat badan, setiap orang juga mempunyai kekuatan yang berbeda.
§  Kekuatan ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya, perbedaanpertumbuhan tulang dan otot. Semua perbedaan anugerah Tuhan, kita wajibmensyukurinya.
4.1 Mempraktikkan kombinasigerak dasar lokomotorsesuai dengan konseptubuh, ruang, usaha, danketerhubungan dalamberbagai bentuk permainansederhana dan atautradisional.

SUB TEMA 2 PB 3

 

 

Bahasa Indonesia

 

 

3.4 Mencermati kosakatadalam teks tentangkonsep ciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yang ada dilingkungan setempat yangdisajikan dalam bentuklisan, tulis, visual, dan/ataueksplorasi lingkungan.
    Mengidentifikasi kuliner yang baik untuk dikonsumsi.
    Menuliskan syarat kuliner yang baik untuk dikonsumsi.

§  Membaca teks ihwal pentingnya kuliner untuk kesehatan.
§  Berdiskusi setelah membaca teks yang ada pada buku ihwal jenis-jenismakanan, syarat kuliner sehat, dan juga kandungannya.
§  Mengamati gambar aneka macam makanan, kemudian memperlihatkan pendapat danmenuliskan pendapat mengenai kuliner yang bisa dimakan setiap hari dansesekali terkait kandungan yang ada pada kuliner tersebut.Critical Thinking and Problem Solving
§  Menuliskan pendapat pada daerah yang disiapkan.Mandiri
4.4 Menyajikan laporantentang konsepciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yangada di lingkungansetempat secara tertulismenggunakan kosakatabaku dalam kalimat efektif.

Matematika

 

 

3.1 Menjelaskan sifat-sifatoperasi hitung padabilangan cacah.
     Menyelesaikan soal penjumlahan dengan teknik menyimpan.
§  Berlatih kembali untuk menuntaskan soal penjumlahan dengan teknikmenyimpan.Critical Thinking and Problem Solving
4.1 Menyelesaikan masalahyang melibatkanpenggunaan sifat-sifatoperasi hitung padabilangan cacah.
SBdP


3.3 Mengetahui dinamikagerak tari.

    Menari dengan gerakan berpengaruh dan lemah pada tangan.

§  Mengingat kembali gerakan tari yang sudahdipelajari pada pertemuan sebelumnya.
§  Pada pertemuan ini, siswa diajak mempraktikkangerakan tari yang digabungkan dengan sebuah nyanyian.
§  Setelah berlatih menari, siswa berdiskusi mengenai perasaan ketika menari.Communication
§  Siswa secara berkelompok berlatih membuat gerak berpengaruh dan lemah dalamsuatu tarian.Collaboration
§  Siswa sanggup memakai lagu yang sama ataupun lagu lainnya.
4.3 Meragakan dinamika geraktari.
SUB TEMA 2 PB 4


Bahasa Indonesia


3.4 Mencermati kosakatadalam teks tentangkonsep ciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yang ada dilingkungan setempat yangdisajikan dalam bentuklisan, tulis, visual, dan/ataueksplorasi lingkungan.
    Mengidentifkasi imbas kuliner pada proses pertumbuhan dan perkembangan manusia.



§  Membaca teks yang ada pada buku.
§  Mendiskusikan mengenai teks. Teks menjelaskan mengenai pentingnya sarapan dengan kuliner sehat sebelum pergi ke sekolah. Communication
§  Berlatih menjawab latihan sesuai dengan teks yang dibacanya. Mandiri

4.4 Menyajikan laporantentang konsepciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yangada di lingkungansetempat secara tertulismenggunakan kosakatabaku dalam kalimat efektif.

PPKn

 

 

1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

    Menghargai perbedaan.

§  Mengamati rujukan perilaku dalam menghadapi perbedaan.

2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.

3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
PJOK


3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

    Bermain Kijang dan Rusa.

§  Berlatih menguji kekuatan melalui acara bermain Kijang dan Rusa. Creativity and Innovation
§  Berdiskusi ihwal pengalaman bermain Kijang dan Rusa. Communication
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

SUB TEMA 2 PB 5

 

 

Bahasa Indonesia

 

 

3.4 Mencermati kosakatadalam teks tentangkonsep ciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yang ada dilingkungan setempat yangdisajikan dalam bentuklisan, tulis, visual, dan/ataueksplorasi lingkungan.
    Menjelaskan faktor olahraga dan rekreasi pada proses pertumbuhan dan perkembangan.
    Mewawancara sahabat mengenai olahraga kesukaan.

§  Berlatih memberikan hasil wawancara di depan kelas-kelasnya.
§  Mendengarkan klarifikasi guru ihwal pentingnya berolahraga dan rekreasi dalam proses perkembangan dan pertumbuhan. Communication

4.4 Menyajikan laporantentang konsepciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yangada di lingkungansetempat secara tertulismenggunakan kosakatabaku dalam kalimat efektif.
PPKn


1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

    Menghargai perbedaan kesukaan.
    Menceritakan olahraga kesukaan.

§  Kegiatan dilanjutkan dengan membandingkan perbedaan kesukaan antarteman dan cara menghargai perbedaan.
§  Menjawab pertanyaan ihwal pentingnya menghargai perbedaan dan manfaat bekerja sama. Critical Thinking and Problem Solving
§  Berlatih menanyakan olahraga kesukaan pada teman-temannya.

2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.

3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
Matematika


3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

     Menyelesaikan soal pengurangan tanpa teknik meminjam.
§  Menyelesaikan soal pengurangan tanpa teknik meminjam.
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

SUB TEMA 2 PB 6

 

 

Bahasa Indonesia

 

 

3.4 Mencermati kosakatadalam teks tentangkonsep ciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yang ada dilingkungan setempat yangdisajikan dalam bentuklisan, tulis, visual, dan/ataueksplorasi lingkungan.
    Menjelaskan tidur sebagai faktor yang mensugesti proses pertumbuhan dan perkembangan.
    Menuliskan kisah ihwal kebiasaan baik sebelum tidur sesuai gambar.

§  Mengamati gambar berseri yang ada di buku.
§  Berlatih membuat kisah sesuai gambar.Mandiri
§  Gambar memperlihatkan kisah ihwal acara Siti sebelum tidur.


4.4 Menyajikan laporantentang konsepciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yangada di lingkungansetempat secara tertulismenggunakan kosakatabaku dalam kalimat efektif.
PPKn


1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
    Mengidentifikasi cara berdoa pada setiap agama.
    Menghargai perbedaan cara berdoa.
    Menceritakan cara berdoa.

§  Cara berdoa setiap agama berbeda-beda. Kita harus menghargai perbedaan.
§  Mengamati cara berdoa setiap agama melalui gambar.
§  Berlatih menceritakan cara berdoa sesuai agama yang dianutnya.
§  Menulis pada daerah yang tersedia.Mandiri
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.


3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

Matematika

 

 

3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

     Menyelesaikan soal pengurangan dengan teknik meminjam.
§  Mengingat kembali cara menuntaskan soal pengurangan dengan teknikmeminjam.Critical Thinking and Problem Solving
§  Berlatih memasangkan soal dengan jawaban.
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
SUB TEMA 3 PB 1


Bahasa Indonesia


3.4 Mencermati kosakata dalam teks ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

     Mengidentifikasi pertumbuhan ayam.
     Menuliskan tahapan pertumbuhan dan perkembangan ayam.

§  Mengamati gambar pertumbuhan dan perkembangan ayam.
§  Berdiskusi ihwal pengalaman dan pengetahuan ihwal pertumbuhan dan perkembangan ayam. Communication
§  Menuliskan beberapa binatang yang mempunyai ciri-ciri yang hampir sama dengan ayam contohnya badannya berbulu, mempunyai paruh, mempunyai sayap, kakinya dua, dan berkembang biak dengan cara bertelur. Mandiri
4.4 Menyajikan laporan ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis memakai kosakata baku dalam kalimat efektif.
Matematika


3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
     Menyelesaikan soal perkalian.
§  Mengingat kembali mengenai cara menuntaskan soal-soal perkalian.

4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
SBdP


3.1 Memahami unsur-unsur seni rupa dalam karya dekoratif.

     Menggambar binatang sesuai imajinasi.

§  Mengamati gambar dekoratif hewan.
§  Sebelum siswa berlatih menggambar dekoratif dengan tema ayam dan induk ayam, siswa berlatih membuat garis lengkung dan zigzag terlebih dahulu dengan cara menebalkan garis.
§  Berlatih menggambar induk dan anak ayam.
§  Mewarnai gambar hasil karyanya.
4.1 Membuat karya dekoratif.
SUB TEMA 3 PB 2


Bahasa Indonesia


3.4 Mencermati kosakata dalam teks ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
     Mengidentifikasi pertumbuhan dan perkembangan kucing.
     Menjawab pertanyaan ihwal pertumbuhan dan perawatan kucing sesuai teks.
     Berdiskusi ihwal perbedaan warna anak kucing.
     Menulis binatang yang mempunyai kemiripan dengan kucing.

§   Berdiskusi mengenai salah satu isi teks yang memberikan bahwaanak kucing Siti berwarna macam-macam.Communication
§   Menyebutkan aneka macam binatang yang mempunyai kesamaan ciri dengankucing.Mandiri
§   Kucing mempunyai ciri-ciri kulit berambut, berkembang biak dengan cara melahirkan,menyusui, dan berkaki empat.
4.4 Menyajikan laporan ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis memakai kosakata baku dalam kalimat efektif.
PPKn


1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
     Memberikan pendapat ihwal perilaku saling membantu teman.
§   Menyampaikan pendapat ihwal perilaku yang harus dilakukan ketika melihatperbedaan di depan teman-temannya.Communication
§   Diingatkan bahwa saling menghargai dan mengasihi yaitu perilaku yangharus dilakukan.
§   Semua perbedaan ini diciptakan oleh Tuhan yang harus kita syukuri sebagaiucapan terima kasih kita padaNya.
2.4 Menampilkan perilaku kolaborasi sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
4.4 Menyajikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
PJOK


3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
     Berlatih mempraktikkan gerak kombinasi lari dan lompat.

§   Berlatih menirukan gerak kuda ketika berlari dan melompat.
§   Mengevaluasi diri masing-masing mengenai batas kemampuan melompat.


4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
SUB TEMA 3 PB 3


Bahasa Indonesia


3.4 Mencermati kosakata dalam teks ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
     Mengidentifikasi dan menuliskan jenis ikan dan ciri-cirinya.

§  Membaca teks ihwal ciri-ciri ikan.
§  Berdiskusi mengenai aneka macam jenis ikan yang pernah dilihatnya.Communication
§  Menuliskan minimal 5 informasi ihwal jenis-jenis ikan dan ciri-cirinya.Mandiri
§  Menceritakan hasil wawancara terhadap sahabat ihwal jenis-jenis ikanyang pernah dilihatnya.Communication
4.4 Menyajikan laporan ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis memakai kosakata baku dalam kalimat efektif.
Matematika


3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
     Menyelesaikan soal perkalian.
§  Mengingat kembali langkah-langkah dalam menuntaskan soal pembagian.
§  Berlatih dengan soal yang diberikan guru.Critical Thinking and Problem Solving
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
SBdP


3.1 Memahami unsur-unsur seni rupa dalam karya dekoratif.

     Menghias gambar dekoratif ikan dengan memakai garis.

§  Mengamati rujukan gambar dekoratif hewan.Communication
§  Mengamati garis dan warna yang ada pada gambar dekoratif ikan.
§  Brlatih menghias gambar ikan dengan aneka macam macam garis mengikuticontoh.Creativity and Innovation
§  Mewarnai gambar biar lebih menarik.
4.1 Membuat karya dekoratif.
SUB TEMA 3 PB 4


Bahasa Indonesia


3.4 Mencermati kosakata dalam teks ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

     Mengidentifkasi pertumbuhan dan perkembangan kupu-kupu.
     Menulis setiap tahap pertumbuhan dan perkembangan kupu-kupu.

§  Membaca teks ihwal pertumbuhan dan perkembangan kupu-kupu. Communication
§  Mengamati gambar daur hidup kupu-kupu.
§  Berbagi kisah pengalaman melihat tahapan-tahapan pada daur hidup kupu-kupu tersebut.
§  Mendengarkan tahapan dan proses yang terjadi selama daur hidup kupukupu.
§  Menuliskan tahapan perkembangan/daur hidup kupu-kupu dengan bahasanya sendiri. Mandiri
4.4 Menyajikan laporan ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis memakai kosakata baku dalam kalimat efektif.

PPKn


1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
     Menuliskan saran untuk sahabat sebagai bentuk menghargai.
§  Berlatih menulis saran ihwal kemampuan gerak tersebut. Creativity and Innovation
§  Berlatih memberikan sarannya.
§  Menceritakan pengalaman memberi saran kepada temannya.
2.4 Menampilkan perilaku kolaborasi sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
PJOK


3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
     Menirukan gerak tahapan daur hidup kupu-kupu.

§  Berlatih menirukan gerak sesuai contoh.
§  Melakukan pemanasan terlebih dahulu menyerupai berlari mengelilingi lapangan.
§  Bercerita mengenai pengalaman menirukan gerak daur hidup kupu-kupu. Communication
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
SUB TEMA 3 PB 5


Bahasa Indonesia


3.4 Mencermati kosakata dalam teks ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
     Mengidentifikasi pertumbuhan dan perkembangan katak.

§  Mengamati gambar daur hidup katak.
§  Membaca teks ihwal daur hidup katak.Communication
§  Mengamati kembali tahapan daur hidup katak, kemudian menganalisa tahapanyang paling penting.Critical Thinking and Problem Solving


4.4 Menyajikan laporan ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis memakai kosakata baku dalam kalimat efektif.

PPKn


1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
     Menuliskan saran kepada sahabat biar saling menghargai.
     Memberi saran kepada sahabat biar bersikap saling menghargai.

§  Pentingnya untuk saling mengasihi dan menghargai, biar sanggup bertemandengan baik dan disukai semua teman.
§  Berlatih menuliskan saran ihwal hal tersebut.
§  Berlatih memberikan saran.

2.4 Menampilkan perilaku kolaborasi sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

Matematika


3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

     Berlatih soal perkalian.
§  Berlatih menuntaskan soal perkalian.
§  Berlatih membuat soal cerita.Mandiri

4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

SUB TEMA 3 PB 6


Bahasa Indonesia


3.4 Mencermati kosakata dalam teks ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

     Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan nyamuk.
     Membuat poster seruan menghindari penyakit demam berdarah.

§  Membaca teks yang ada pada buku.
§  Berdiskusi ihwal aneka macam penyakit yangdisebabkan oleh nyamuk. Communication
§  Berdikusi ihwal cara dan daerah nyamukberkembang biak.
§  Berdiskusi cara menjaga lingkungan untuk mencegah aneka macam penyakityang disebabkan nyamuk.
§  Mencoba membuat poster sebagai seruan untuk menjaga lingkungan agarterhindar dari aneka macam penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.Creativity and Innovation

4.4 Menyajikan laporan ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis memakai kosakata baku dalam kalimat efektif.
PPKn


1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
     Berlatih menuliskan saran.

§  Melanjutkan acara untuk berlatih memberi saran pada tetangga.

2.4 Menampilkan perilaku kolaborasi sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
Matematika


3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
     Berlatih soal perkalian.
§  Berlatih menuntaskan soal perkalian.
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
SUB TEMA 4 PB 1


Bahasa Indonesia


3.4 Mencermati kosakata dalam teks ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
     Mengidentifikasi daun.

§  Membaca teks.
§  Mengamati aneka macam cara pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, lebih baik jikalau siswa mengamati eksklusif aneka macam flora yang berkembangbiak dengan umbi.
§  Berdiskusi ihwal aneka macam jenis flora sesuai dengan cara berkembangbiak. Communication
4.4 Menyajikan laporan ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis memakai kosakata baku dalam kalimat efektif.
Matematika


3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

     Menyelesaikan soal pembagian.
§  Berlatih soal pembagian.

4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
SBdP


3.1 Mengetahui unsur-unsur seni rupa dalam karya dekoratif.
     Membuat kerajinan mozaik.

§  Mengamati salah satu rujukan kerajinan mozaik.
§  Berlatih menghias gambar dengan tempelan daun kering yang disebut dengan kerajinan mozaik. Creativity and Innovation
3.4 Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung.

4.1 Membuat karya dekoratif.

4.4 Membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung.
SUB TEMA 4 PB 2


Bahasa Indonesia


3.4 Mencermati kosakata dalam teks ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
     Mengidentifikasi flora yang berkembang biak dengan biji.
     Menuliskan tahapan pertumbuhan tumbuhan yang berkembang biak dengan biji.

§  Membaca dan menjawab pertanyaan gurutentang pertumbuhan flora yang berkembangbiak dengan biji. Communication
§  Berdiskusi ihwal bagian-bagian biji yang merupakan calon tumbuhanbaru.
§  Menggali informasi mengenai pengetahuan mereka ihwal jenis-jenistumbuhan yang berkembang biak dengan biji.
4.4 Menyajikan laporan ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis memakai kosakata baku dalam kalimat efektif.
PPKn


1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
     Memahami pentingnya bekerjasama.
§  Salah satu hal yang perlu diperhatikan biar permainan sanggup berjalan denganbaik yaitu kerja sama.
§  Kerja sama yang baik antara sesama pemegang bambu, biar gerakan harmonisdan tidak membahayakan pemain yang sedang melompat.Gotong Royong
§  Untuk bekerja sama dengan baik perlu dilatih berkomunikasi yang baik. Berdiskusisebelum permainan, berlatih bersama, saling memberi saran dengan bahasa yangsantun yaitu pecahan dari kerja sama.
2.4 Menampilkan perilaku kolaborasi sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
4.4 Menyajikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

PJOK


3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
     Bermain lompat bambu.

§   Mendiskusikan aneka macam manfaat bambu.
§   Salah satu manfaat bambu yaitu untuk permainan.
§   Mempraktikkan permainan lompat bambu dengan tahapan menyerupai berikut.
§   Mendiskusikan pengalaman ketika bermain lompat bambu.
§   Berdiskusi ihwal cara bermain yang baik.
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konseptubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
SUB TEMA 4 PB 3


Bahasa Indonesia


3.4 Mencermati kosakata dalam teks ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
     Mengidentifikasi aneka macam macam bunga.
     Mendeskripsikan salah satu bunga.

§  Mendengarkan klarifikasi guru ihwal bagian-bagian bunga, terutamaputik dan benangsari.Communication
§  Membaca teks ihwal bunga kebanggan Indonesia.
§  Menulis deskripsi ihwal salah satu bunga pilihan dan mencari informasitentang cara perkembangbiakan flora tersebut.Mandiri
4.4 Menyajikan laporan ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis memakai kosakata baku dalam kalimat efektif.
Matematika


3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

     Menyelesaikan soal pembagian.
§  Mengingat kembali teknik penyelesaian soal pembagian menyerupai contoh.Critical Thinking and Problem Solving

4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
SBdP


3.3 Mengetahui dinamika gerak tari.

     Menghias gambar bunga dengan potongan kertas yang dipotong-potong.

§  Mengamati aneka macam gambar bunga yang ada pada buku.
§  Menggunting kertas warna-warni menjadi ukuran yang sangat kecil. Bentukguntingan sembarang, atau bisa dilakukan dengan cara merobek.Creativity and Innovation
§  Berlatih mewarnai gambar bunga dengan potongan kertas warna-warniyang tersedia.
§  Mewarnai dengan caramenempel potongan kertas pada gambar bunga yangtersedia hingga penuh.
4.4 Membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung.
SUB TEMA 4 PB 4


Bahasa Indonesia


3.4 Mencermati kosakata dalam teks ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
     Menjelaskan flora yang berkembang biak dengan umbi.
     Menyebutkan membuatkan jenis umbi.

§  Mengamati umbi-umbian dan kuliner hasilolahan yang berasal dari umbi-umbian yang dibawaoleh guru.
§  Menjawab pertanyaan ihwal nama, rasa,dan kuliner yang berasal dari umbi-umbian.Mandiri
§  Mengamati aneka macam umbi-umbian kemudian membandingkan satu denganlainnya.
§  Menuliskan hasil perbandingan di daerah yang disediakan.Critical Thinking and Problem Solving
4.4 Menyajikan laporan ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis memakai kosakata baku dalam kalimat efektif.
PPKn


1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
     Menceritakan pengalaman bekerja sama.
§  Mengamati gambar Siti sedang bekerja sama membuat getuk. Getuk yaitu kuliner tradisional yang berbahan dasar umbi-umbian. Saat bekerja mereka membagi kiprah dengan merata, sehingga semua pekerjaan sanggup diselesaikan dengan baik dan dalam waktu yang lebih singkat. Critical Thinking and Problem Solving
§  Menulis pengalaman bekerja sama dengan sahabat pada daerah yangtersedia.Gotong Royong

2.4 Menampilkan perilaku kolaborasi sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
4.4 Menyajikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
PJOK


3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
     Bermain lari dan lompat.

     Bermain lari dan lompat.

4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
SUB TEMA 4 PB 5


Bahasa Indonesisa


3.4 Mencermati kosakata dalam teks ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
     Berlatih membaca percakapan.
     Mencari kata-kata baru, kemudian mencari artinya dalam kamus.
     Menggunakan kata-kata tersebut dalam kalimat.

§  Membaca teks ihwal perkembangbiakantumbuhan dengan spora.
§  Berlatih membaca teks obrolan secaraberpasangan.Collaboration
§  Mendengarkan klarifikasi guru ihwal teks dialog.
§  Berdiskusi ihwal isi bacaan.Communication
§  Menuliskan kata-kata gres yang ditemui dan mencari arti kata tersebutpada kamus.
§  Berlatih membuat kalimat dari kata-kata gres yang ditemuinya.
4.4 Menyajikan laporan ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis memakai kosakata baku dalam kalimat efektif.
PPKn


1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

     Menulis cerita

§  Untuk memantapan pemahaman mengenai perkembangbiakan dengan spora,siswa menuliskan kembali teks obrolan yang dibaca dalam bentuk cerita.Mandiri
§  Berlatih bekerja sama membersihkan lingkungan kelas secara berkelompok.Collaboration

2.4 Menampilkan perilaku kolaborasi sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
Matematika


3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

     Menyelesaikan soal pembagian.
Kegiatan terakhir, siswa berlatih menuntaskan soal-soal pembagian sesuaicontoh yang diberikan.
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
SUB TEMA 4 PB 6


Bahasa Indonesisa


3.4 Mencermati kosakata dalam teks ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
     Menjelaskan perkembanganbiakan flora dengan pertolongan manusia.
     Menjawab pertanyaan sesuai teks.
     Mencari arti kata dalam kamus.
     Membuat kalimat

§  Membaca teks ihwal proses mencangkoktanaman. Jika ada rujukan hasil proses cangkokdan ada narasumber yang memahami prosespencangkokan, lebih baik acara diskusi danpengamatan langsung.Communication
§  Berlatih menuntaskan latihan soal terkait proses pencangkokan.Critical Thinking and Problem Solving
§  Mengamati kata-kata gres yang ditemui, kemudian menuliskan dan mencariartinya di kamus.
4.4 Menyajikan laporan ihwal konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis memakai kosakata baku dalam kalimat efektif.
PPKn


1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
     Menceritakan acara kerjasama.
§  Berdiskusi ihwal aneka macam acara kolaborasi yang biasa dilakukan dirumah.Communication
§  Menuliskan acara kolaborasi yang biasa dilakukan di rumah.
§  Menuliskan pendapat ihwal aneka macam acara kerja sama.
§  menceritakan pendapatnya di depan teman-teman.Mandiri
2.4 Menampilkan perilaku kolaborasi sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
Matematika


3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

     Menyelesaikan soal pembagian.

§  Berlatih menuntaskan soal-soal pembagian sesuaicontoh yang diberikan.Critical Thinking and Problem Solving
§  Berlatih membuat soal kisah pembagian.
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

Semoga silabus kelas 3 revisi 2018 diatas menjadi referensi bagi guru SD. Terima kasih

Advertisement
 
Advertisement
 


EmoticonEmoticon